35 Manfaat Kefir untuk Kesehatan – Kecantikan

Mungkin bagi kebanyakan orang, kefir cukup asing terdengar di telinga. Namun demikian kefir ternyata merupakan salah satu jenis minuman yang sangat baik bagi kesehatan. Hal ini diperoleh dari kandungan-kandungan mineral baik yang ada pada kefir itu sendiri.


Apa itu kefir ?

manfaat kefirKefir sendiri sebenarnya hampir mirip dengan yoghurt atau minuman probiotik. Kefir dibuat dari bahan dasar susu, yang difermentasikan. Namun demikian, secara alamiah manfaat kefir jauh lebih baik daripada yoghurt, karena kefir difermentasikan dengan menggunakan kurang lebih 60 jenis mikroba. Sedangkan yoghurt biasa hanya terdiri atas sedikit mikroba. Kefir berasal dari bahasa Turki yang memiliki arti “Keif” yang berarti menyenangkan atau perasaan menyenangkan.

Kefir sudah ada sejak berabad-abad lalu yang berawal dari pegunungan Kaukasus di Persia. Bahkan ada salah satu jenis minuman yang diduga adalah kefir juga tercantum dalam salah satu ayat dalam Al-Quran dan Alkitab.


Kandungan Kefir

Sebagai salah satu minuman kesehatan, kefir memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan mineral, dan juga memiliki beberapa komposisi bahan. Berikut ini komposisi dari kefir :

  • Bakteri
  • Ragi
  • Asam amino
  • Kalsium
  • Magnesium
  • Vitamin B 1 dan B12
  • Vitamin K
  • Asam Laktat


Dengan kandungan yang berlimpah, tentu saja kefir memiliki banyak sekali kegunaan. Berikut ini adalah beberapa manfaatnya yakni :

1. Menyehatkan organ pencernaan dan melancarkan proses pencernaan

Kefir memiliki kandungan bakteri dan mikroba baik yang memiliki fungsi yang sangat penting dalam menjaga kesehatan organ pencernaan. Dan juga mampu untuk melancarkan proses pencernaan. Dengan begitu resiko dalam mengalami gangguan pencernaan akan berkurang.

2. Memperbaiki fungsi empedu dan pankreas

Kandungan bakteri baik pada manfaat kefir mampu untuk memperbaiki dan mengoptimalkan fungsi dari organ empedu dan pankreas anda.

3. Anti inflamasi

Kefir juga dapat dimanfaatkan sebagai salah satu produk anti inflamasi. Ini artinya, kefir dapat mencegah munculnya peradangan dan infeksi pada organ – organ tubuh.

4. Memperbaiki fungsi motoric tubuh

Kefir juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk memperbaiki fungsi motorik pada tubuh. Hal ini disebabkan karena kefir dapat mengoptimalkan penyerapan nutrisi-nutrisi yang baik untuk saraf dan juga otak.

5. Anti toksin dan anti bakteri

Manfaat kefir merupakan salah satu minuman yang bersifat anti toksin dan anti bakteri, sehingga mampu melawan bakteri dan racun yang masuk ke dalam tubuh.

6. Mencegah radang paru-paru

Karena merupakan salah satu minuman yang bersifat anti inflamasi, maka kefir dapat dimanfaatkan sebagai pencegahan dari munculnya radang paru-paru atau pneumonia.

7. Mencegah dan mengurangi gejala-gejala asma

Kefir juga baik dalam menjaga kesehatan tubuh, terutama dari gejala sesak nafas atau pun gejala asma. Dengan kefir, rongga pernapasan yang menyempit dan mengalami peradangan akan segera dapat teratasi dan pernapasan menjadi lebih lancar.

8. Baik untuk menurunkan kadar gula darah

Bagi anda yang menderita diabetes, dan memiliki kandungan gula darah yang tinggi, kefir dapat menjadi salah satu pilihan minuman anda untuk menurunkan kadar gula dalam darah anda.

9. Menyembuhkan dan mengatasi bronkitis

Selain dapat meredakan asma dan gejala peradangan pada paru-paru, kefir juga efektif dalam menyembuhkan dan mengatasi penyakit bronkitis.

10. Meredakan influenza

Sebagai salah satu minuman yang memiliki kandungan anti bakteri, membuat kefir dapat diandalkan untuk meredakan penyakit influenza. Hal ini juga menghindari gangguan yang diakibatkan oleh kuman dan bakteri lainnya.

11. Mencegah dan mengobati ambeien atau wasir

Manfaat kefir bagi kesehatan sangat baik untuk pencernaan anda. Salah satu manfaat baik ini adalah dapat mencegah dan mengobati kondisi wasir atau ambeyen yang anda alami.

12. Mencegah penyakit jantung oroner

Memiliki manfaat yang dapat membantu penebalan pada dinding jantung, maka kefir juga dapat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung coroner.

13. Memperbaiki dan mengoptimalkan fungsi ginjal

Ginjal merupakan salah satu organ yang sangat penting yang ada pada tubuh manusia. Dengan mengkonsumsi kefir, maka kesehatan ginjal anda akan selalu terjaga dan fungsinya akan selalu optimal.

14. Mempercepat penyembuhan luka dan pembekuan darah

Kefir juga dapat diandalkan dalam proses penyembuhan luka. Hal ini disebabkan oleh kandungan vitamin K yang ada pada kefir dapat memicu pembekuan darah bagi anda yang mengalami luka.

15. Baik untuk kesehatan usus anda

Manfaat kefir susu mengandung bakteri probiotik atau sering dikenal dengan istilah bakteri baik. Bakteri baik ini mampu untuk menjaga kesehatan usus anda, dan membersihkan usus anda dari bakteri – bakteri jahat.

16. Mencegah osteoporosis

Bagi anda yang tidak mau mengalami osteoporosisi, maka anda harus mencoba untuk mengkonsumsi kefir secara rutin, karena kefir mampu untuk mencegah osteoporosis.

17. Menjaga kesehatan tulang

Vitamin K yang ada pada kefir dapat menjaga kesehatan tulang anda. hal ini dapat mencegah anda dalam mengalami gangguan-gangguan pada kesehatan tulang, seperti pengapuran, menguatkan struktur tulang dan juga mencegah osteoporosis.

18. Alternatif bagi mereka yang mengalami alergi pada susu

Bagi anda yang alergi terhadap susu sapi, jangan takut. Ternyata kefir diteliti aman bagi anda yang mengalami alergi dari susu sapi. Karena itu kefir dapat menjadi alternative bagi anda yang alergi susu.

19. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kefir juga dapat memaksimalkan dan mengoptimalkan proses metabolism di dalam tubuh. Dengan optimalnya proses metabolism di dalam tubuh, maka anda akan menjadi lebih fit dan tidak mudah terserang penyakit.

20. Mengoptimalkan kesehatan jantung

Minuman kefir juga sangat baik bagi kesehatan jantung anda. kefir dapat mengoptimalkan kerja jantung dan fungsi jantung anda.

21. Menyehatkan dan baik untuk kesehatan serta kecantikan kulit

Tidak hanya organ dalam tubuh, ternyata manfaat kefir untuk kecantikan dapat menjaga kesehatan dari organ luar tubuh yaitu kulit. Kefir dapat menjaga kesehatan kulit, sehingga kulit anda menjadi lebih cerah, tidak kering dan juga ternutrisi dengan baik.

22. Mengoptimalkan penyerapan nutrisi

Dengan mengkonsumsi kefir, maka penyerapan yang nutrisi pada organ-organ tubuh anda pun akan menjadi lebih optimal. Tubuh akan menjadi ternutrisi dengan sangat baik.

23. Menurunkan kolestrol jahat

Bagi anda penderita kolestrol, kefir memiliki manfaat yang sangat bak untuk menurunkan kadar kolestrol jahat di dalam diri anda.

24. Menjaga tekanan darah

Anda menderita hipertensi atau hipotensi? Kalau begitu anda akan cocok mengkonsumsi manfaat kefir. Hal ini disebabkan oleh kandungan alami pada kefir mampu untuk mengontrol dan menjaga tekanan darah anda.

25. Antioksidan dan penangkal radikal bebas

Kefir juga didaulat sebagai salah satu minuman antioksidan yang sangat baik. Kefir dapat menjadi penangkal radikal bebas, dan mencegah terjadinya berbagai gangguan tubuh yang disebabkan oleh radikal bebas, seperti penuaan.

26. Membersihkan tubuh dari endapan racun

Tidak dapat dipungkiri, di dalam tubuh kita pasti masih ada sisa-sisa endapan racun yang berbahaya, yang belum sempat mengalami detoksifikasi. Dengan mengkonsumsi manfaat kefir, maka racun-racun tersebut dapat dibersihkan dan tidak mengendap di dalam tubuh.

27. Menyehatkan dan mengoptimalkan kesehatan rambut

Kandungan vitamin dan mineral yang terkandung di dalam kefir dapat menjaga dan mengoptimalkan kesehatan rambut anda, sehingga dpat menyebabkan rambut anda menjadi lebih sehat, kuat dan bersinar.

28. Menambah masa otot

Kefir juga memiliki kandungan protein dan asam amino. Hal ini dapat membantu anda terutama yang sedang melakukan proses pembentukan masa otot dalam menambah masa otot anda dengan optimal.

29. Meredakan reumatik

Kefir juga memiliki manfaat yang baik dalam meredakan reumatik yang anda derita.

30. Meringankan kerja hati dalam melakukan detoksifikasi

Jumlah racun yang banyak akan membuat kerja dari organ hati menjadi berat. kaena itu dengan mengkonsumsi kefir, maka kinerja dari organ hati dapat menjadi lebih ringan dan terhindar dari gangguan – gangguan fungsi hati.

31. Mencegah tumor

Sebagai anti oksidan, anti bakteri dan anti toksin, manfaat kefir sangatlah efektif dalam mencegah munculnya tumor pada organ-organ tubuh anda.

32. Dapat meredakan insomnia

Kefir juga memiliki manfaat yang baik dalam meredakan insomnia dan beberapa gangguan tidur lainnya.

33. Meredakan diare

Bagi anda yang sering mengalami diare, anda harus mencoba kefir. Hal ini disebabkan oleh kandungan bakteri pada kefir yang dapat membantu mengoptimalkan sistem pencernaan anda.

34. Anti kanker

Khasiatnya sebagai salah satu minuman antioksidan, antitoksin dan antibakteri membuat kefir dapat menjadi salah satu minuman yang dapat mencegah pertumbuhan sel kanker.

35. Mengobati cacingan

Cacingan sepertinya merupakan penyakit sepele, namun ternyata bisa saja berbahaya. Karena itu anda dapat mengkonsumsi kefir secara rutin untuk mencegah dan mengobati cacingan yang anda alami.

Itulah 35 manfaat yang bisa anda peroleh sekaligus ketika anda mengkonsumsi minuman kefir. Semoga artikel ini bermanfaat, dan tetaplah menjalani pola hidup sehat.

, ,
Oleh :
Kategori : Minuman