8 Manfaat Minuman Lemon Madu di Pagi Hari

Lemon adalah salah satu jenis tumbuhan citrus yang telah terkenal di seluruh dunia. Sama halnya seperti jeruk, lemon memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 64% sehingga sangat baik untuk kesehatan tubuh. Ada beberapa macam kegunaan dari lemon yang bisa didapatkan, antara lain:

  • Sebagai pembersih lantai atau peralatan dapur. Kandungan lemon sebagai desinfektan sangat baik untuk membersihkan lantai dan peralatan dapur yang kotor.
  • Di bidang kedokteran, lemon dapat digunakan untuk desinfektan yang dapat membunuh kuman.
  • Lemon pun sering digunakan untuk memasak, contohnya untuk menghilangkan bau amis pada ikan atau biasa dibuat jus dan minuman segar lainnya.
  • Dalam dunia science, lemon digunakan dalam penelitian yang mana kandungan dalam lemon bisa digunakan sebagai elektrode untuk mengisi baterai.

artikel terkait lemon: manfaat lemon –  manfaat lemon untuk kesehatan dan perawatan kecantikanmanfaat lemon untuk diet

Tidak hanya lemon, madu pun mempunyai manfaat yang luar biasa. Telah dikenal sejak dahulu sebagai makanan alami dari lebah memang yang dapat dikonsumsi oleh semua orang dari segala usia mulai dari bayi dampai dengan orang dewasa. Mempunyai kandungan yang baik untuk tubuh, tentu saja madu menjadi pilihan banyak orang untuk menyehatkan badan. Mempunyai kandungan antibakteri alami dan antiinflamasi alami membuat madu banyak dipilih orang sebagai makanan yang sering dikonsumsi.

Dari kedua bahan makanan di atas, dapat disimpulkan bahwa keduanya akan sangat baik untuk dikonsumsi. Apalagi lemon yang dicampur madu akan menambah berbagai manfaat luar biasa dari keduanya. Saat ini, mengkonsumsi minuman lemon madu terutama di waktu pagi hari dapat menjadi minuman kesehatan yang tepat.

Manfaat Minuman Lemon Madu di Pagi Hari

Minuman lemon madu dapat dikonsumsi setiap pagi. Dengan mengkonsumsi lemon yang dicampur madu tersebut, ada beberapa manfaat yang didapatkan untuk kesehatan, antara lain:

1. Meningkatkan sistem imunitas

Manfaat pertama adalah meningkatnya sistem imunitas. Sistem imunitas atau sistem kekebalan tubuh merupakan hal yang penting sebab dengan adanya sistem kekebalan tubuh yang baik akan membuat tubuh tidak mudah sakit. Apalagi dengan kondisi saat ini dengan semakin bertambahnya polusi, maka sistem imunitas tubuh harus makin baik. Ada banyak cara yang dapat dilakukan dan salah satunya dengan mengkonsumsi lemon dan madu setiap pagi.

Di dalam lemon, kandungan vitamin C yang tinggi memang akan menambah sistem kekebalan tubuh karena vitamin C sendiri dalam tubuh mampu melindungi tubuh dari radikal bebas. Ditambah dengan madu yang mengandung antioksidan alami akan makin memberikan manfaat luar biasa untuk sistem kekebalan tubuh. Dengan demikian, mengonsumsi lemon dan madu secara teratur setiap pagi akan mendapatkan tubuh yang lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit.

artikel terkait: manfaat vitamin Cmanfaat buah pepaya untuk kesehatan dan kecantikanmanfaat buah mengkudumanfaat wortel

2. Membantu sistem pencernaan

Ada banyak sekali penyakit yang berkaitan dengan sistem pencernaan. Makanan seperti junk food yang semakin merajalela dan kurangnya pengetahuan tentang pentingnya makan secara teratur membuat banyak orang memiliki sistem pencernaan yang buruk. Agar kondisi sistem pencernaan menjadi lebih baik, dapat dilakukan dengan mengonsumsi minuman lemon madu setiap pagi. Kaya akan kandungan gizi yang baik untuk pencernaan, minuman lemon madu akan membantu tubuh membersihkan hati dan juga racun tubuh yang ada di dalam usus. Jika racun yang ada di dalam organ pencernaan terbuang, maka sistem pencernaan akan menjadi lebih baik. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi lemon dan madu di pagi hari secara teratur dan sesuai dengan takaran, maka sistem pencernaan menjadi lebih sehat.

artikel terkait: manfaat lidah buayamanfaat kacang panjangmanfaat buah nagamanfaat olahragamanfaat kulit jeruk

3. Membantu detoksifikasi tubuh

Saat ini ada banyak sekali minuman detoks seperti teh detoks yang akan membantu membersihkan tubuh dari racun. Namun, karena manfaatnya yang begitu luar biasa, tak jarang jika harga minuman detoks ini cukup mahal jika dibandingkan dengan teh biasa. Jika tetap ingin melakukan detoksifikasi tubuh dengan biaya yang lebih terjangkau, maka sebaiknya membuat minuman detoks sendiri. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat minuman sehat ini cukup mudah, yaitu dengan lemon dan madu saja. Buat minuman lemon yang dicampur dengan madu setiap pagi dan minumlah secara teratur. Asam sitrat yang ada di dalam lemon tentunya akan membantu tubuh mengeluarkan racun yang mengendap di hati maupun usus. Ditambah dengan madu yang mempunyai khasiat luar biasa untuk kesehatan, minuman detoks ini akan memberikan hasil yang maksimal selama dikonsumsi secara teratur dengan kadar yang tepat.

artikel terkait: manfaat detoksifikasimanfaat puasa daudmanfaat daun ketumbar untuk kesehatanmanfaat lobak putih bagi kesehatan dan kandungan gizinya

4. Membasakan Tubuh

Olahan makanan yang terbuat dari daging dan keju sangat beragam. Selain itu, minuman beralkohol pun sudah menjadi salah satu minuman yang sering diminum banyak orang. Dengan mengonsumsi makanan dan minuman di atas, secara medis, tubuh akan menjadi asam dan dengan tingkat keasaaman yang tidak terkontrol, tentu saja akan ada banyak penyakit akan mudah datang. Agar kondisi keasaman dalam tubuh membaik, maka perlu membasakan tubuh.

Caranya cukup mudah dan dapat dilakukan sendiri dengan cara membuat minuman berbahan dasar lemon yang dicampur dengan madu. Minuman ini merupakan minuman yang ampuh untuk membasakan tubuh. Dengan konsumsi minuman lemon madu di pagi hari secara rutin, maka tingkat keasaman tubuh menurun serta manjadi lebih baik.

artikel terkait: manfaat kolesterolmanfaat air alkali

5. Mencegah infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih adalah salah satu penyakit yang cukup banyak diderita orang karena adanya mikroorganisme yang ada di saluran kemih. Jika ingin mencegah dan terhindar dari penyakit yang satu ini caranya cukup mudah, yaitu dengan membuat minuman berbahan dasar lemon yang ditambah dengan madu beberapa sendok teh sesuai dengan selera. Kedua bahan yang telah terkenal mempunyai banyak manfaat ini mampu mencegah adanya infeksi di saluran kemih.

Sifat diuretik yang terkandung dalam minuman sehat ini mampu mencegah serta mengatasi masalah yang ada di saluran kemih karena minuman ini meningkatkan frekuensi buang air kecil. Dengan sering buang air kecil, maka mikroorganisme penyebab infeksi akan terbawa dan keluar dari tubuh. Dengan begitu saluran kemih akan menjadi lebih bersih dan bebas dari infeksi.

artikel terkait: manfaat kapulaga untuk kesehatanmanfaat daun kumis kucing untuk kesehatanmanfaat cranberry juice

6. Menyegarkan napas

Manfaat lain dari minuman lemon madu yang dikonsumsi di pagi hari adalah menyegarkan nafas. Buah lemon memang terkenal dengan aromanya yang segar sehingga ketika mengkonsumsinya akan mendapatkan sensasi yang segar. Selain itu, antibakteri yang terkandung dalam madu juga membantu kebersihan mulut yang pada akhirnya membuat mulut menjadi lebih bersih. Hal ini disebabkan oleh sifat madu sebagai desinfektan alami yang dapat membersihkan mulut dari kuman yang ada di dalamnya. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi minuman lemon madu secara teratur di pagi hari, mulut menjadi bersih dan segar akan didapatkan meskipun belum menyikat gigi.

artikel terkait: manfaat gosok gigimanfaat daun ketumbar untuk kesehatanmanfaat permen mintmanfaat teh hijau

7. Meningkatkan energi

Jika biasa bangun setiap pagi tanpa semangat, minuman yang satu ini dapat menjadi alternatif minuman di pagi hari yang tepat. Minuman berbahan dasar lemon yang dicampur dengan madu tentu saja mampu memberikan efek menyegarkan tubuh. Segarnya lemon yang ditambah dengan madu yang dikenal sebagai makanan untuk menunjang energi tentu saja akan mampu memberikan energi yang cukup di pagi hari. Cara pembuatannya yang mudah dan cepat juga menjadi poin plus dari minuman ini.

artikel terkait: manfaat sari kurmamanfaat buah-buahanmanfaat madumanfaat vitamin E

8. Menurunkan berat badan

Minuman lemon madu yang diminum di pagi hari juga dapat membantu bagi seseorang yang sedang menjalani program diet. Kandungan alami yang rendah gula pada minuman yang satu ini tentu dapat menurunkan berat badan dengan cepat. Maka tidak heran jika lemon dan madu termasuk dalam daftar menu dari banyak program diet saat ini. Cara pembuatannya pun sangat mudah, yaitu dengan menyediakan air hangat, lemon dan madu. Masukkan irisan lemon dan beberapa sendok makan ke dalam air hangat, aduk, diamkan sebentar dan minuman untuk diet pun siap dikonsumsi.

artikel terkait: manfaat aerobik untuk menurunkan berat badanmanfaat daun salam untuk menurunkan berat badanmanfaat daun ceremai

Itulah beberapa manfaat dari minuman lemon madu. Dengan mengonsumsi minuman lemon madu di pagi hari, tentu saja tidak akan hanya mendapatkan manfaat seperti yang telah disebutkan di atas. Artinya manfaat yang akan dirasakan lebih banyak karena lemon madu adalah asupan yang kaya akan gizi yang menyehatkan tubuh.

, , ,
Oleh :
Kategori : Minuman