4 Manfaat Susu Kedelai Untuk Diet Sehat

Mengkonsumsi susu kedelai sudah tidak asing lagi untuk masyarakat Indonesia. Baik laki-laki atau perempuan, tua atau muda, besar atau kecil, orang desa maupun orang kota banyak yang mengkonsumsi susu ini. Kenapa? Tentu saja karena manfaatnya yang sangat baik untuk tubuh. Salah satu manfaat susu kedelai yaitu dapat membantu menurunkan berat badan. Kok bisa? Nah, berikut ulasannya.

Baca juga:

Susu kedelai merupakan susu yang terbuat dari kacang kedelai yang kaya akan protein nabati. Secara umum, setiap 100 gram kedelai kering yang diproses menjadi susu kedelai mengandung 3,6 % protein; 2,9% karbohidrat; 2,0% lemak (40-48% berupa asam lemak jenuh dan 52-60% adalah asam lemak tak jenuh); 1,3% serat, dan total energinya 44 kalori/100gram berat kering kacang kedelai (Nurcahyaningtyas, 2012). Lalu, apa hubungannya kandungan gizi susu kedelai yang telah disebutkan di atas dengan diet? Untuk mempermudah penjelasannya berikut ini diberikan tabel perbandingan komposisi gizi untuk susu kedelai dan susu sapi dalam 100 gram.

Baca juga:

Berikut ini perbandingan komposisi antara susu kedelai dan susu sapi adalah sebagai berikut.

Komposisi Susu Kedelai Susu Sapi
Kalori (Kkal)

Protein (gram)

Lemak (gram)

Karbohidrat (gram)

Kalsium (mg)

Fosfor (gram)

Besi (gram)

Vitamin A (SI)

Vitamin B1 (tiamin)(mg)

Vitamin C (mg)

41,00

3,50

2,50

5,00

50,00

45,00

0,70

200,00

0,08

2,00

61,00

3,20

3,50

4,30

143,00

60,00

1,70

130,00

0,03

1,00

Sumber : Budimarwanti (Komposisi dan Nutrisi pada Susu Kedelai)

Berikut adalah ulasan terkait kandungan gizi pada susu kedelai yang sangat berperan untuk diet secara sehat dan alami adalah sebagai berikut. (Baca juga: 8 Manfaat Susu Campur Kunyit, Manfaat Susu Bebelac 4)

1. Protein

Protein merupakan senyawa organik kompleks yang berperan penting dalam perbaikan sel-sel tubuh dan sumber cadangan energi. Susu kedelai mengandung protein yang cukup tinggi dan setara dengan susu sapi sehingga mengkonsumsi susu kedelai mampu memenuhi kebutuhan protein anda sehari-hari. Karena susu kedelai terbuat dari tanaman, maka protein yang dikandungnya adalah protein nabati yang lebih sehat dibandingkan protein hewani sehingga sangat cocok digunakan untuk diet secara sehat.

Mengkonsumsi susu kedelai berprotein tinggi mampu membuat pengkomsumsi merasa kenyang lebih lama yang mampu menekan nafsu makan agar tidak makan berlebih. Selain itu, protein juga mampu mendorong pembakaran lemak yang akan membantu anda untuk menurunkan berat badan. Meskipun memiliki kemampun untuk mendorong pembakaran lemak, protein dapat mempertahankan massa otot. Sehingga bagi binaragawan yang ingin diet tetapi takut kehilangan massa otot bisa mengkonsumsi makanan yang mengandung tinggi protein salah satunya susu kedelai.

Baca juga:

2. Karbohidrat

Karbohidrat merupakan senyawa organik yang berperan sebagai sumber energi utama, melancarkan sistem pencernaan, mengoptimalkan fungsi protein, dan mampu mengatur metabolisme lemak. Hal ini menunjukkan bahwa karbohidrat juga membantu dalam proses diet sehat. Secara umum, karbohidrat dalam susu kedelai terdiri atas karbohidrat sederhana dan karbohidrat kompleks.  Susu kedelai mengandung karbohidrat golongan oligasakarida yang terdiri dari sukrosa (gula), stakiosa dan rafinosa yang mudah larut dalam air sehingga mudah dicerna oleh tubuh. Selain itu, karbohidrat susu kedelai juga terdiri atas selulosa, pentosa, galaktosa, rafinosa, dan hemiselulosa yang tidak larut dalam air yang mengakibatkan bagian ini sulit dicerna oleh tubuh.


Jumlah karbohidrat yang sulit dicerna lebih tinggi daripada karbohidrat yang mudah dicerna. Selain itu kandungan gula pada susu kedelai sangat rendah. Sehingga, walaupun pada tabel di atas kandungan karbohidrat pada susu kedelai cukup tinggi, anda tidak perlu khawatir akan bertambah gemuk. (Baca juga: Manfaat Susu Appeton, Manfaat Susu Belut)

Gula merupakan salah satu jenis karbohidrat. Dalam 1 gelas susu kedelai murni atau kurang lebih 200 ml tanpa gula tambahan mengandung 1,2 gram gula dalam bentuk sukrosa. Rendahnya gula dalam susu kedelai menunjukkan bahwa susu jenis ini sangat baik untuk membantu proses diet anda.

Baca juga:

3. Lemak

Lemak merupakan zat organik hidrofobik yang sukar larut di dalam air namun mudah larut dalam pelarut organik seperti eter, benzen dan kloroform. Salah satu fungsi lemak adalah penahan rasa lapar karena lemak mampu memperlambat proses pencernaan. Lambatnya proses pencernaan akan membuat anda menghindari untuk makan berlebih. Sehingga, lemak yang notabene selalu dihubungkan dengan kegemukan ternyata juga bermanfaat untuk proses diet.

Lemak pada susu kedelai berasal dari tumbuhan yang disebut dengan lemak nabati. Sehingga, kandungan asam lemak tak jenuhnya lebih besar daripada asam lemak jenuh. Lemak tak jenuh merupakan golongan lemak baik, oleh karena itu susu kedelai sehat untuk dikonsumsi. Selain kandungan lemak pada susu kedelai yang relatif rendah, kandungan kalorinya juga jauh lebih rendah dari susu sapi. Hal ini menunjukkan bahwa susu kedelai sangat cocok untuk diet sehat anda.

Baca juga:

4. Serat

Serat merupakan jenis mineral yang sukar dicerna dan sukar diserap oleh tubuh. Makanan berserat merupakan asupan wajib bagi anda yang ingin menurunkan berat badan. Susu kedelai merupakan asupan tinggi serat. Dalam 100 gram biji kedelai terdapat serat yang tidak larut sebesar 10 gram dan serat yang larut sebesar 7 gram. Serat tak larut membuat makanan berserat lebih lama dicerna sehingga mampu menghasilkan perasaan kenyang. Adapun serat larut membantu mengontrol gula darah dan kolesterol tubuh. Oleh karena komposisi serat tak larut lebih besar daripada serat larut, maka susu kedelai merupakan pilihan yang tepat untuk menemani anda yang sedang berdiet.


Baca juga:

Nah, beberapa ulasan di atas sudah cukup memberikan informasi terkait manfaat susu kedelai untuk diet. Jadi, bagi anda yang menginginkan diet sehat secara alami jangan ragu-ragu untuk mengkonsumsi susu kedelai secara teratur. Namun, anda harus tetap mengingat bahwa sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Jadi konsumsilah susu kedelai dalam jumlah takaran yang normal. Agar diet anda lebih sempurna, imbangi dengan olah raga secara teratur serta konsumsi buah dan sayur. Sebelum anda melakukan diet dengan susu kedelai, alangkah baiknya pelajari terlebih dahulu apakah anda memiliki riwayat alergi terhadap kedelai. Semoga diet anda sukses!

Baca juga:

, , ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 05:40 Oleh :
Kategori : Minuman