5 Manfaat Rimpang Jahe Pada Kesehatan

Jahe merupakan tanaman herbal yang sangat mudah ditemukan di Indonesia. rimpang jahe juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat herbal bagi banyak jenis gagguan kesehatan mulai dari penyakit ringan seperti mual muntah dan batuk juga bisa mengatasi penyakit berat seperti kanker. Kandungan yang ada di dalam jahe sangat efektif dalam menimbulkan efek yang positif di dalam perut sehingga jahe biasanya digunakan untuk mengatasi gangguan kesehatan yang berkaitan dengan masalah perut.

artikel terkait:

Selain baik untuk perut, kandungan kimia yang ada di dalam jahe juga sangat baik untuk kesehatan saraf dan otot. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari rimpang jahe untuk mengobati penyakit.

Manfaat rimpang jahe untuk kesehatan

Setidaknya terdapat 5 gangguan kesehatan yang dapat diatasi efektif oleh jahe dan sudah mendapatkan penelitian secara ilmiah dan medis, simak selengkapnya berikut ini:

  1. Pusing

Pusing adalah kondisi dimana anda merasakan kepala terasa ringan dan objek yang dilihat menjadi berputar-putar (vertigo). Hal ini membuat tubuh akan kehilangan keseimbangannya dan tubuh akan terasa melayang sehingga bisa jadi orang yang mengalami pusing akan jatuh tiba-tiba. Untuk mengatasi pusing, anda bisa menggunakan rimpang jahe karena diduga mampu melancarkan aliran darah ke dalam otak dan juga mampu meringankan mual dimana orang yang pusing biasanya juga mengalami mual.

artikel terkait: manfaat permen jahemanfaat air jahe dan madu

  1. Nyeri haid

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa jahe juga bisa membantu mengatasi nyeri akibat haid. Anda disarankan untuk mengonsumsi ekstrak jahe atau air jahe secara rutin terutama 3 hari pertama ketika anda haid. Khasiat jahe ini akan menjadi lebih efektif karena efeknya hampir sama dengan khasiat ibuprofen.

artikel terkait: 11 manfaat wedang jahe bagi kesehatanmanfaat jahe merah

  1. Mencegah morning sickness

Morning sicknes adalah kondisi mual dan muntah yang biasanya dialami oleh wanita yang sedang hamil muda. Kondisi ini sebenarnya wajar karena adanya perubahan hormone di dalam tubuh namun kondisi ini juga bisa membuat wanita hamil menjadi terganggu dan justru menjadi sakit. Kondisi mual dan muntah akibat morning sicknes ini data diminimalisirkan dengan menggunakan jahe. Jahe pada umumnya aman dikonsumsi namun karena keadaan ibu hamil lebih sensitive dibandingkan dengan orang normal maka sebaiknya anda konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan obat-obatan herbal.

artikel terkait: manfaat daun seledri untuk ginjalmanfaat okra merah

  1. Osteoarthritis

Osteoarthritis merupakan kondisi dimana terjadinya peradangan di bagian tulang dan sendi. Menurut sejumlah penelitian, kandungan yang ada di dalam jahe mampu meminimalisir rasa nyeri akibat radang sendi. Selain itu di dalam jahe juga mengandung senyawa yang mampu merangsang terbentuknya asam salisilat dimana asam ini adalah asam yang mampu mengurangi rasa sakit dan rasa tidak nyaman ketika terjadi nyeri di dalam tubuh.

artikel terkait: manfaat rebusan daun alpukatmanfaat wedang uwuh

  1. Mengatasi mual dan muntah setelah operasi

Bagi anda yang sedang menjalani prosedur operasi sebaiknya untuk mengonsumsi jahe setelah operasi selesai karena bisa membantu anda mengurangi rasa mual dan muntah. Selain itu anda juga bisa mengoleskan minyak jahe di bagian dada, hidung dan pergelangan tangan supaya tidak mual dan muntah.

artikel terkait: manfaat royal jellymanfaat biang kunyit


Itulah manfaat dari rimpang jahe yang perlu anda ketahui. Secara umum jahe ini tidak menimbulkan efek samping namun jika dikonsumsi dalam jumlah berlebih bisa membuat efek samping seperti diare, nyeri pada ulu hati dan rasa tidak nyaman pada perut. Pada penggunaan di  permukaan kulit bisa juga menyebabkan iritasi jika memang tidak cocok atau mengalami alergi. Demikian ulasan mengenai manfaat rimpang jahe, semoga bermanfaat untuk anda. Terima kasih.

, ,
Post Date: Tuesday 02nd, August 2016 / 08:02 Oleh :
Kategori : Herbal