12 Manfaat Minyak Alpukat untuk Kecantikan dan Kesehatan

Alpukat, mendengar namanya saja, anda pasti sudah dapat merasakan kelexatan dari jenis buah yang satu ini kan? Ya, buah dengan bentuk yang unik dan berwarna hijau ini merupakan salah satu jenis buah terfavorit dan merupakan salah satu jenis buah yang banyak diminati oleh banyak orang, karena memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan. Biasanya, secara umum ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengolah buah alpukat. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menikmati alpukat :

manfaat minyak alpukat

  • Dibuat menjadi minuman dan juga jus
  • Menjadi bahan campuran pada es buah atau es campur
  • Dikonsumsi langsung bergitu saja
  • Dioalh menjadi selai dan krim

Manfaat alpukat sendiri hingga saat ini masih menjadi salah satu bahan utama alias bahan primadona untuk banyak sekali jenis produk kecantikan, karena kandungannya yang sangat baik. Untuk dapat mengolah alpukat menjadi produk kecantikan, terlebih dahulu alpukat harus diekstrak menjadi minyak alpukat.

Apa Itu Minyak alpukat ??

Minyak alpukat merupakan salah satu produk olahan dari buah alpukat, yang diperoleh dengan cara melakukan ektraksi dan juga penyaringan untuk diambil minyak essensialnya. Minyak essensial hasil ektraksi dari buah alpukat inilah yang dikenal dengan istilah minyak alpukat. Saat ini, minyak alpukat meruapakAn salah satu produk minyak essensial yang banyak digunakan, sama seperti manfaat minyak zaitun.

Apa saja manfaat dari minyak alpukat ??

Sebagai salah satu produk minyak essensial, selain minyak zaitun, minyak alpukat banyak dicari, karena memiliki banyak manfaat. Apa saja manfaat dari minyak alpukat? Berikut ini adalah beberapa diantaranya :

1. Sebagai bahan baku pembuatan produk kecantikan

Manfaat pertama dari minyak alpukat adalah, minyak alpukat sering dimanfaat kan sebagai salah satu bahan campuran pada produk-produk kecantikan, terutama produk kecantikan kulit dan juga rambut. Namun demikian, tanpa perlu menggunakan produk kecantikan yang mengandung minyak alpukat, anda juga dapat langsung menggunakan minyak alpukat begitu saja, yang juga dapat memberikan banyak sekali manfaat.

2. Dapat menghaluskan dan juga mencerahkan kulit

Manfaat minyak alpukat untuk kulit yang dapat anda rasakan secara langsung adalah, minyak alpukat mampu untuk membantu menghaluskan dan juga mencerahkan kulit. Bagi anda yang selalu ingin tampil berseri dan juga bersinar, maka cobalah untuk menggunakan minyak alpukat, dan dogosok perlahan pada kulit anda secara teratur. Dengan minyak alpukat, maka anda akan merasakan efeknya, yaitu klit akan menjadi lebih halus dan juga cerah.

2. Mencegah kulit kering dan kasar

Selanjutnya, manfaat penting dari minyak alpukat bagi kesehatan kita, terutama kesehatan kulit adalah dapat mencegah kulit yang kering dan juga kasar. Biasanya, penyebab dari terjadinya kulit kering dan juga kasar disebabkan oleh kurangnya nutrisi yang diserap oleh kulit kita. Dengan adanya minyak alpukat, maka anda dapat terhindar dari kondisi kulit yang kering dan juga kasar.

3. Mengecilkan pori-pori kulit

Masih dari segi kesehatan kulit, minyak alpukat juga memiliki manfaat yang sangat penting untuk membantu memperkecil pori-pori kulit. Pori-pori kulit yang kecil, maka hal ini dapat mencegah masuknya kuman dan juga bakteri ke dalam tubuh melalui pori-pori kulit. Hal ini dapat mengurangi resiko infeksi, salah satunya yang dapat terjadi adalah ruam dan juga jerawat.

4. Mengangkat sel kulit mati

Manfaat minyak alpukat untuk kecantikan juga dapat membantu mengangkat sel kulit yang mati. Dengan begitu, minyak alpukat dapat membantu untuk menghilangkan noda-noda hitam pada kulit, yang disebabkan oleh penumpukan sel-sel kulit yang mati.

6. Menjaga elastisitas dan juga kekenyalan dari kulti

Anda merasa bahwa kulit anda sudah tidak elastis, kaku dan terasa kerpitu? Kalu begitu, anda dapat mencoba menggunakan minyak alpukat. Minyak alpukat dapat membantu anda untuk menjaga dan uga mengembalikan elastisitas kulit anda. selain itu, kekenyalan kulit anda pun juga akan terjaga dengan baik apabila anda secara rutin menggunakan minyak alpukat untuk perawatan kulit anda sehari-harinya.

7. Dapat menjaga kelembaban rambut

Tidak hanya berguna dan bermanfaat bagi kuli saja, ternyata minyak alpukat juga memilki manfaat yang baik untuk menjaga kelembaban rambut anda. Minyak alpukat dapat membuat rambut anda tetap terlihat cerah dan juga berkilau setiap harinya.

8. Mencegah kerusakan rambut

Ternyata manfaat minyak alpukat untuk rambut juga penting juga untuk mencegah terjadinya kerusakan pada rambut. Kerusakan pada rambut ini dapat berupa banyak hal, seperti rambut yang mengalami patah, rambut rontok. Rambut bercabang, masalah kesuburan rambut, dan juga masih banyak lagi kerusakan rambut lainnya yang dapat dicegah dengan mengaplikasikan minyak alpukat pada rambut dan kulit kepala anda.

Manfaat Minyak Alpukat untuk Kesehatan

1. Menegah kanker kulit

Minyak alpukat memiliki kandungan antioksidan aktif yang baik untuk kesehatan tubuh. oleh karena itu, minyak alpukat dapat membantu mencegah kanker. Biasanya, karena lebih sering diaplikasikan pada permukaan kulit, maka minyak alpukat dapat berfungsi dengan baik untuk mencegah munculnya kanker kulit. Namun demikian, tidak menutup kemungkinan, bahwa minyak alpukat dapat menegah terjadinya kanker lainnya.

2. Dapat menghambat penyerapan kolesterol

Anda sering takut dengan penyakit kolestrol? Anda bingung apa yang harus anda lakukan untuk menjaga kadar kolesterol di dalam tubuh anda? cobalah untuk menambahkan minyak alpukat ke dalam menu makanan anda sehari-hari. Minyak alpukat memiliki bahan kandungan aktif yang dapat menghambat penyerapan kolesterol di dalam tubuh. Dengan begitu, maka kadar kolesterol di dalam tubuh anda dapat terjaga dan juga terkontrol, karena penyerapannya sudah terhambat.

3. Sebagai antioksidan dan penangkal radikal bebas

Manfaat minyak alpukat untuk kesehatan juga mengandung manfaat antioksidan yang tinggi. Itu artinya adalah minyak alpukat dapat membantu tubuh dalam menangkal radikal bebas yang memiliki potensi tinggi untuk menyebabkan penyakit tertentu pada manusia.

4. Dapat melindungi sistem kardiovaskular

Manfaat terakhir dari minyak alpukat adalah minyak alpukat dapat berguna untuk menjaga kesehatan kardiovaskular. Dengan memasukkan minyak alpukat ke dalam menu masakan anda sehari-hari, anda berarti sudah bisa menjaga kesehatan kardiovaskular alias bagian jantung anda. Apabila kondisi kesehatan jantung dapat terjaga dengan baik, maka aliran darah dari dan juga menuju jantung pun aka menjadi lancar, dan juga dapat mencegah terjadinya penyakit, seperti serangan jantung, dan juga gagal jantung

Itulah beberapa manfaat penting dari minyak alpukat yang wajib anda ketahui. Banyak bukan manfaatnya? Semoga artikel mengenai manfaat dari minyak alpukat ini dapat berguna dan menambah wawasan anda.

, , ,
Post Date: Tuesday 04th, August 2015 / 09:10 Oleh :
Kategori : Buah Buahan