9 Manfaat Kulit Kentang untuk Rambut Tetap Sehat dan Kuat

Tanaman kentang banyak dimanfaatkan manusia sebagai bahan pangan yang memiliki nutrisi tinggi untuk tubuh. Selain bagian daging kentang yang dijadikan bahan pangan untuk konsumsi, Kentang juga menyimpan manfaat pada kulitnya. Anda mungkin sering mengabaikan dan menganggap kulit kentang sebagai sampah. Banyak yang belum tahu bahwa kulit kentang mempunyai banyak manfaat diantaranya sebagai nutrisi untuk kesehatan rambut.

Kulit kentang dapat anda gunakan sebagai perawatan alami untuk kesehatan rambut. Kandungan nutrisi yang terdapat pada kulit kentang dapat membantu mengatasi berbagai masalah kesehatan rambut. Berikut kami rangkumkan untuk anda 9 manfaat kulit kentang untuk rambut agar tetap sehat dan kuat serta terbebas dari masalah kesehatan rambut.

  1. Mengatasi Uban

Anda yang punya masalah rambut uban menggunakan kulit kentang untuk pengobatan menjadi pilihan yang bijak. Kulit kentang memiliki khasiat khusus yang membantu menyembuhkan rambut uban anda kembali normal. Cara memanfaatkannya pun mudah anda tinggal merebus kulit kentang dengan 2 gelas air putih. Air rebusan tersebut oleskan pada rambut yang beruban menggunakan kuas. Tak butuh waktu lama, maka rambut uban anda dapat segera kembali normal. Lakukan hal ini secara rutin agar anda terbebas dari uban sepenuhnya.

  1. Efektif Menumbuhkan Rambut

Manfaat kulit kentang untuk rambut berikutnya adalah mampu membantu merangsang pertumbuhan rambut. Bagi anda yang punya masalah pada kebotakan rambut tak ada salahnya mencoba menggunakan kulit kentang ini untuk membantu menumbuhkan rambut anda. Cara memakainya pun cukup mudah anda tinggal menghancurkan kentang bersama kulitnya lalu rebus dengan air sampai mendidih. Saring air hasil rebusan dan tambahkan telur dan beberapa tetes susu kedalam air rebusan kentang. Tuangkan pada kulit kepala sambil pijit secara perlahan. Ulang cara ini seminggu 2-3 kali agar rambut anda cepat tumbuh.

  1. Menebalkan Rambut

Anda yang mendambakan rambut tebal dan sehat, menggunakan kulit kentang sebagai perawatan adalah salah satu solusi yang tepat. Manfaat vitamin B bagi tubuh yang ada pada kentang dipercaya mampu membuat rambut menjadi tebal. Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa vitamin B sangat baik untuk kesehatan kulit dan rambut.

  1. Menguatkan Rambut

Agar rambut semakin kuat dan sehat serta tidak mudah patah anda bisa memakai campuran kulit kentang dengan lidah buaya. Caranya sangat mudah. anda hancurkan kentang dan kulitnya lalu rebus. Air rebusan tersebut disaring lalu tambahkan gel lidah buaya. Oleskan campuran ini pada rambut tunggu hingga 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Lakukan perawatan seperti ini 3-4 kali sebulan. Manfaat kulit kentang dan manfaat lidah buaya mampu membuat rambut menjadi kuat dan sehat.

  1. Cegah Rambut Rontok

Manfaat kulit kentang juga mampu membuat akar rambut menjadi kuat. Kandungan zat yang ada pada kentang dipercaya mampu menutrisi akar rambut sehingga menjadi kuat dan pastinya bisa mencegah kerontokan rambut anda.

  1. Solusi Rambut Kering

Anda yang mempunyai masalah rambut kering gunakan kulit kentang sebagai perawatan alami. Kandungan dalam Kentang dipercaya mampu memberikan nutrisi pada rambut sehingga dapat menjaga kelembapan rambut. Jika kelembapan terjaga maka rambut anda tidak menjadi kering lagi.

  1. Jadikan Rambut Terlihat Bersinar

Manfaat kulit kentang juga mampu membuat rambut terlihat semakin bersinar. Cara menggunakannya cukup mudah ambil air rebusan kentang yang sudah dihancurkan bersama kulitnya. Campurkan air rebusan tersebut dengan susu dan telur, oleskan pada rambut dan diamkan beberapa menit lalu bilas menggunakan air bersih. Agar mendapatkan hasil yang maksimal gunakan perawatan seperti ini secara rutin.

  1. Sumber Vitamin Bagi Rambut

Kentang merupakan salah satu sumber vitamin dan nutrisi bagi rambut. Kandungan vitamin dan nutrisi yang ada pada kentang antara lain vitamin B, Zat Besi, Zinc dan Vitamin C. Vitamin dan zat gizi pada kentang menjadi sumber nutrisi alami untuk kesehatan rambut. Manfaat zat besi dan manfaat zinc misalnya mampu memperbaiki kerusakan sel termasuk sel rambut. Anda bisa mengkonsumsi kentang sebagai makanan sehat maupun perawatan luar secara langsung.

  1. Alternatif Sampo Rambut

Tak jarang beberapa orang tak cocok dengan sampo rambut buatan yang ada, bahkan bisa menimbulkan iritasi bagi kulit rambut. Salah satu alternatif sampo yang bisa anda gunakan adalah kulit kentang. Air rebusan kulit kentang dapat menjadi sampo alami yang membawa banyak manfaat dan tentunya bebas dari bahan kimia.

Manfaat kulit kentang untuk rambut sangat beragam terutama menjaga kesehatan rambut agar rambut tetap sehat dan kuat. Manfaat kulit kentang juga dapat menjadi solusi bagi pertumbuhan rambut anda. Cara menggunakannya cukup mudah untuk dipraktekan di rumah. Bagi anda yang ingin mendapatkan hasil yang optimal dari kulit kentang ini, lakukan perawatan secara rutin dan maksimal agar kesehatan rambut yang diinginkan bisa berhasil dengan baik.