20 Manfaat Minum Minyak Zaitun Sebelum Tidur

Minyak zaitun telah lama dikenal manfaatnya baik bagi kesehatan maupun kecantikan. Oleh karena itu tidak heran jika konsumsi minyak ini sangat dianjurkan meskipun harganya tergolong mahal dibandingkan minyak konsumsi atau minyak goreng lainnya. Selain itu minyak zaitun juga kerap dijadikan sebagai salah satu bahan campuran dalam pembuatan kosmetik mengingat manfaatnya yang luar biasa untuk memelihara kecantikan. Manfaat minyak zaitun bisa didapatkan dengan mengonsumsi atau menggunakannya secara langsung di tubuh. Untuk konsumsi minyak zaitun bisa digunakan untuk memasak, dicampurkan ke makanan, atau diminum secara langsung.

Beragam manfaat yang dimiliki minyak zaitun berasal dari kandungan nutrisinya yang sangat baik diantaranya mengandung lemak tak jenuh yang merupakan jenis lemak yang baik. Walaupun ada kandungan lemak jenuhnya namun kadarnya sangat sedikit yaitu sekitar 14%. Selain itu minyak zaitun juga mengandung omega-3, omega-6, manfaat vitamin E, dan manfaat vitamin K. Minyak zaitun juga memiliki kandungan energi yang cukup besar dimana dengan mengonsumsi 100 gram minyak zaitun akan memberi tambahan energy sebesar 885 kcal.

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara langsung dengan cara meminumnya. Minyak zaitun yang dapat diminum atau dikonsumsi adalah jenis extra virgin olive oil. Minyak zaitun dapat dikonsumsi setiap hari sekitar 1-2 sendok makan. Ada yang menyarankan mengonsumsinya pagi hari sebelum beraktivitas dan ada pula yang menganjurkan meminum minyak zaitun sebelum tidur. Lalu apa saja manfaat minum minyak zaitun sebelum tidur? Berikut penjelasannya:

1. Menstabilkan kadar kolesterol dalam darah

Kandungan lemak tak jenuh pada minyak zaitun menjadikan konsumsi bahan alami ini sangat baik dan bermanfaat salah satunya untuk memelihara kestabilan kadar kolesterol dalam darah. Seperti diketahui kadar kolesterol yang berlebihan dapat menyebabkan gangguan kesehatan hingga mengakibatkan berbagai penyakit berbahaya seperti stroke, jantung koroner, dan gagal jantung. Selain itu ada banyak pilihan bahan alami lainnya yang baik dikonsumsi diantaranya manfaat pare untuk kolesterol dan manfaat daun kersen untuk kolesterol.


2. Mencegah kepikunan

Rutin minum minyak zaitun juga baik untuk perkembangan sel otak sehingga anda terhindar dari kepikunan. Meskipun kini anda masih muda namun alangkah baiknya mengonsumsi minyak zaitun sedari awal agar tidak mudah pikun di usia tua. Manfaat ini diperoleh karena kandungan omega-3 dan omega-6 yang terdapat pada minyak zaitun. Selain minyak zaitun anda juga dapat menggunakan manfaat minyak pinus atau manfaat minyak lemon untuk mencegah kepikunan.

3. Memelihara kesehatan jantung

Sebagai organ vital pada tubuh manusia kesehatan jantung harus senantiasa dipelihara. Salah satunya dengan rajin minum minyak zaitun sebelum tidur. Kandungan antioksidan nabatinya sangat baik untuk menjaga jantung agar tetap sehat sehingga dapat bekerja dengan optimal. Jika anda kurang menyukai rasanya maka ada beberapa pilihan bahan alami lainnya yang baik dikonsumsi diantaranya manfaat pisang untuk jantung, manfaat alpukat untuk jantung, dan manfaat kacang tanah untuk jantung.

4. Melancarkan pencernaan

Minyak zaitun juga baik dikonsumsi untuk mendukung kelancaran dan kesehatan pencernaan. Dengan rajin minum minyak zaitun sebelum tidur dapat membuat pencernaan menjadi lebih lancar dan bisa mengatasi sembelit atau susah buang air besar. Selain itu ada banyak bahan alami lainnya yang baik dikonsumsi untuk melancarkan pencernaan diantaranya manfaat daun senna, manfaat buah plum merah, dan manfaat bayam merah.

5. Mengatasi kerontokan rambut

Selain dengan mengaplikasikan minyak zaitun langsung pada rambut, kerontokan rambut juga bisa diatasi dengan mengonsumsi minyak zaitun secara rutin sebelum tidur. Dengan minum minyak zaitun turut membantu menutrisi sel-sel pada kulit kepala sehingga kerontokan dapat teratasi serta membuat rambut tampak lebih berkilau dan terasa lembut. Disamping itu ada pula manfaat tanaman putri malu dan manfaat bunga telang yang juga baik digunakan untuk mengatasi masalah rambut rontok.

6. Meminimalisir risiko kanker usus besar

Selain melancarkan pencernaan, manfaat minum minyak zaitun sebelum tidur juga dapat membantu meminimalisir risiko terkena penyakit kanker usus besar. Seperti diketahui usus besar merupakan salah satu organ pencernaan yang berperan penting dalam proses pencernaan makanan. Dengan rajin minum minyak zaitun sebelum tidur maka kesehatan pencernaan akan terpelihara dan anda akan terhindar dari penyakit kanker yang tergolong penyakit berbahaya.

7. Meminimalisir risiko jantung koroner

Tumpukan lemak di pembuluh darah dapat menyebabkan tersumbatnya aliran darah menuju jantung sehingga menyebabkan timbulnya penyakit jantung koroner. Untuk mengatasi hal ini anda dapat mengonsumsi minyak zaitun secara rutin sebelum tidur sehingga aliran darah menuju jantung kembali lancar. Selain itu konsumsi minyak zaitun juga dapat mempertebal pembuluh darah sehingga dapat bekerja lebih kuat dalam mengalirkan darah ke seluruh tubuh.

8. Mencegah penyakit stroke

Selain jantung koroner konsumsi minyak zaitun juga bermanfaat untuk mencegah anda terkena penyakit stroke. Dengan rajin minum minyak zaitun sebelum tidur akan membantu melancarkan aliran darah serta memperkuat pembuluh darah sehingga risiko penyakit stroke bisa diminimalisir. Pencegahan stroke juga bisa dilakukan dengan rajin konsumsi bahan alami bermanfaat lainnya seperti manfaat daun gerseng dan manfaat daun afrika bagi kesehatan.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Manfaat minum minyak zaitun sebelum tidur yang tidak kalah penting adalah dapat menurunkan tekanan darah agar kembali normal. Seperti diketahui tekanan darah yang terlalu tinggi jika dibiarkan dapat menyebabkan berbagai komplikasi seperti aterosklerosis, gagal ginjal, masalah penglihatan, gagal jantung, dan lain sebagainya. Selain konsumsi minyak zaitun anda juga dapat menggunakan bahan alami lainnya seperti manfaat labu siam untuk hipertensi atau manfaat mengkudu untuk hipertensi.


10. Meningkatkan produksi ASI

Ibu menyusui harus menjaga asupan makanannya agar bayinya mendapat asupan nutrisi yang cukup dan tentunya produksi ASI selalu lancar. Salah satunya yang disarankan adalah minyak zaitun yang kaya akan nutrisi yang baik untuk meningkatkan produksi ASI. Selain minyak zaitun ada pula manfaat fenugreek dan manfaat daun ketela rambat yang juga dikenal bermanfaat untuk meningkatkan produksi ASI.

Sangat bermanfaat bukan? Tidak hanya itu masih ada banyak manfaat minum minyak zaitun sebelum tidur yang penting untuk anda ketahui diantaranya:


Manfaat Minum Minyak Zaitun Sebelum Tidur Lainnya

11. Baik dikonsumsi oleh penderita diabetes

12. Mendukung kesehatan dan kecantikan kuku

13. Melembabkan kulit

14. Mencegah penuaan dini

15. Antiinflamasi

16. Mencegah kanker

17. Mengatasi radang persendian

18. Melancarkan proses melahirkan

19. Mengobati penyakit maag

20. Meningkatkan kekebalan tubuh


Itulah diantara manfaat minum minyak zaitun sebelum tidur yang sangat penting untuk menunjang kesehatan dan kecantikan. Untuk pemakaian awal sebaiknya anda mencoba konsumsi 1 sendok teh minyak zaitun setiap hari sebelum tidur. Setelah terbiasa dan merasakan dampak positifnya anda dapat meningkatkan konsumsi minyak zaitun menjadi 1-2 sendok makan sebelum tidur. Setelah minum minyak zaitun sebaiknya jangan langsung meminum air putih. Dengan melakukannya secara teratur maka tubuh sehat dan cantik pun akan menjadi milik anda. Tentunya dengan diimbangi konsumsi makanan sehat dan bergizi serta menerapkan gaya hidup sehat.

, , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.