Sponsors Link

21 Manfaat Methi Untuk Kecantikan dan Kesehatan

Sponsors Link

MethiMethi atau disebut juga dengan fenugreek, kelabat dan juga klabet adalah tanaman berkhasiat yang bisa dimanfaatkan pada bagian biji serta daun sebagai pengobatan herbal dan juga salah satu rempah. Bagian biji methi ini umumnya dipakai sebagai bumbu kari pada masakan dan tanaman methi ini sudah dipakai sejak jaman Yunani kuno sehingga memiliki nilai jual yang lumayan sebab berbagai kandungan yang terdapat di dalamnya. Dalam tanaman methi mengandung banyak nutrisi seperti fosfor, air, karbohidrat, protein, zat besi dan juga kalsium yang semuanya ini sangat diperlukan untuk tubuh. Untuk informasi mengenai kegunaan tanaman methi selengkapnya bisa langsung kamu simak pada ulasan dibawah ini.

ads

Artikel terkait:

  1. Menjaga Kesehatan Tulang

Dalam tanaman methi mengandung kalsium yang cukup tinggi yang dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan mencegah terjadinya osteoporosis penyebab tulang rapuh.

  1. Menjaga Kesehatan Gigi

Untuk gigi kuat, tidak mudah berlubang dan keropos, kamu bisa memanfaatkan nutrisi dari biji methi yang sangat kaya akan vitamin serta kalsium untuk memberikan nutrisi pada gigi secara alami.

Artikel Terkait:

  1. Sumber Tenaga

Untuk penambah tenaga tubuh juga bisa didapat dari biji methi yang memiliki kandungan energi cukup sehingga stamina tubuh bisa lebih ditingkatkan dan mencegah rasa letih saat beraktivitas sehari-hari.

  1. Mencegah Anemia

Dalam tanaman methi juga mengandung zat besi yang sangat penting untuk mencegah sakit anemia. Anemia ini bisa terjadi karena tubuh kekurangan sel darah merah dan zat besi menjadi senyawa yang penting dalam memproduksi sel darah merah.

Artikel terkait:

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kolesterol tinggi yang menjadi sumber berbagai penyakit ini juga bisa diatasi dengan memanfaatkan biji methi ini. Konsumsi biji methi secara teratur sehingga kadar kolesterol di dalam tubuh bisa dikontrol dan mencegah berbagai penyakit yang disebabkan kolesterol tinggi tersebut.

  1. Anti Dehidrasi

Methi juga mengandung kadar air yang cukup tinggi sehingga kamu akan terhindar dari dehidrasi. Dehidrasi bisa terjadi karena kurangnya kadar air di dalam tubuh dan ini bisa tercukupi dengan mengkonsumi biji methi secara rutin sambil tentunya dibarengi dengan mengkonsumsi air putih secara teratur.

  1. Menyembuhkan Bisul

Bisul yang menjadi salah satu masalah kulit juga bisa disembuhkan dengan penggunaan methi yakni membantu pematangan bisul menjadi lebih cepat dan bisul akan cepat sembuh dengan cara alami sekaligus aman.

Sponsors Link

  1. Mengobati Luka Bakar Ringan

Manfaat methi memang sangat banyak untuk kesehatan kulit, seperti salah satunya adalah mengobati luka bakar pada tahap ringan. Kandungan di dalam biji methi akan membuat luka bakar menjadi lebih cepat kering dan luka juga akan menutup kembali dengan cepat.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Jamur Kulit

Jamur pada kulit seperti kudis atau panu bisa diobati dengan mudah menggunakan biji methi, sebab dalam biji methi mengandung senyawa anti jamur yang sangat efektif untuk mengatasi jamur kulit tersebut.

  1. Menyembuhkan Eksim

Penyakit eksim juga bisa dicegah dengan menggunakan biji dari tanaman methi. Tidak hanya menyembuhkan namun juga bisa mencegah timbulnya penyakit kulit eksim tersebut.

  1. Menurunkan Demam

Untuk menurunkan demam yang sudah terjadi cukup lama bisa diatasi dengan cara mencampur bubuk biji methi dengan 1 sendok teh madu serta beberapa tetes sari jeruk lemon dan diminum secara rutin sampai demam turun.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Perut Mulas

Saat perut kamu terasa mulas, kamu bisa mengkonsumsi biji methi setiap hari yang akan mengurangi asam pada lambung sekaligus meningkatkan lapisan lendir sebagai pelindung usus serta lambung.

ads
  1. Memperbanyak Produksi ASI

Untuk ibu menyusui dan ingin memperbanyak produksi ASI bisa didapatkan dengan memanfaatkan kandungan dari biji methi. Minyak yang ada pada biji methi memiliki kandungan penting untuk memperlancar ASI.

  1. Menyehatkan Kulit Wajah

Methi bisa digunakan untuk menyehatkan kulit wajah sehingga bisa terhindar dari beberapa masalah kulit wajah seperti jerawat, komedo serta keriput. Caranya adalah dengan membasuh wajah memakai air rebusan biji methi secara teratur. Selain itu, kamu juga bisa membuat pasta dari biji methi untuk digunakan sebagai lotion alami kulit.

Artikel terkait:

  1. Menunda Rasa Lapar

Untuk kamu yang sedang menjalankan program diet, maka bisa menggunakan methi sehingga bisa merasa kenyang dalam 1 hari. Caranya adalah dengan merendam 1 cangkir biji methi selama 1 malam dan saring esok paginya kemudian langsung konsumsi biji methi ini dalam keadaan basah dan sebelum kamu makan apapun.

  1. Menurunkan Berat Badan

Untuk kamu yang ingin menurunkan badan secara cepat bisa juga dilakukan dengan memanfaatkan biji methi ini. Caranya adalah dengan memanggang atau sangrai biji methi dan haluskan sampai menjadi bubuk. Campu bubuk methi ini dengan air hangat dan dikonsumsi setiap pagi saat perut masih kosong.

  1. Mengontrol Diabetes

Untuk penderita diabetes juga bisa mengontrol penyakit diabetes tersebut dengan menggunakan methi. Caranya dengan menghaluskan biji methi dengan sedikit air sampai menjadi pasta lalu direbus dengan air sampai mendidih. Tambahkan jayu manis atau jahe sebagai penambah rasa dan lanjutkan merebus sampai 5 menit. Konsumsi rebusan methi ini setiap pagi dalam keadaan perut yang kosong.

Artikel terkait:

  1. Mengobati Asma

Untuk mengobati asma saat sedang kambuh sekaligus mencairkan dahak saat batuk caranya adalah dengan merebus 1 sendok teh biji methi bersama 1 gelas air selama 10 menit dan minum ramuan ini sebanyak 1 kali dalam sehari.

  1. Mengobati Rematik

Untuk menyembuhkan nyeri yang ditimbulkan saat rematik bisa dilakukan dengan menggunakan biji methi ini. Caranya dengan menghaluskan biji methi hingga menjadi pasta dan campur dengan 1 siung bawang putih yang sudah dihaluskan serta sedikit minyak wijen lalu gunakan sebagai minyak untuk memijat pada area tubuh yang mengalami rematik tersebut.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Nyeri Rahim dan Kanker

Untuk mengatasi nyeri rahim yang sering dialami para wanita dan juga kanker adalah dengan merebus 3 liter air bersama dengan bubuk methi selama 10 menit dan dinginkan lalu gunakan untuk berendam.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Semua orang khususnya wanita pastinya sangat menghindari timbulnya keriput di usia dini yang akan mengurangi rasa percaya diri. Untuk mengatasi hal ini, kamu bisa menghaluskan biji methi secukupnya lalu campur dengan sedikit madu serta susu murni hangat. Oleskan pasta tersebut sebagai masker wajah dan biarkan sampai mengering selama 20 menit kemudian bilas wajah sampai bersih.

Berbagai kandungan bermanfaat dari tanaman methi ini bisa digunakan sebagai solusi mengatasi berbagai penyakit serta menjaga kesehatan kulit. Akan tetapi perlu diingat, jika methi tidak boleh dikonsumsi ibu hamil sebab akan mengakibatkan kontraksi pada rahim. Semoga ulasan yang kami berikan kali ini bisa menambah informasi kamu seputar manfaat methi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 03rd, June 2017 / 13:18 Oleh :
Kategori : Herbal