13 Manfaat Daun Dadap untuk Pongobatan dan Kesehatan

Dadap atau cangkring atau erytrina variegata merupakan sejenis tanaman yang biasa digunakan sebagai pagar hidup maupun tanaman pelindung. Tanaman ini bisa dijumpai di hutan-hutan pantai di Afrika timur, india, Asia Tenggara, sampai ke benua Australia.

Ciri-ciri Tanaman Dadap

manfaat daun dadapSebutan lain untuk tanaman yang masuk dalan genus erythrina dan keluarga fabaceae ini antara lain adalah dadap ayam, dadap laut, theutheuk, dalungdung, deris, galala itam, dapdap, andorogat, th’ong banz, thong baan, thong laang laai, thong phueak, penglay-kathit, indian coral tree, tiger’s claw, arbre au corail, arbre immortel, dan lain-lain. Tanaman ini memiliki ciri-ciri :

  • Ukuran pohon sedang, dengan tinggi mencapai 15 hingga 20 m. Saat masih berusia muda, bagian kulit batang bertekstur halus dan bergaris-garis vertikal warna hijau, abu-abu, coklat muda atau keputihan. Memiliki duri-duri kecil (1–2 mm) berwarna hitam.
  • Memiliki daun majemuk beranak tiga berwarna hijau hingga hijau muda. Tangkai daun memiliki panjang antara 10–40 cm. Dengan anak daun berbentuk bundar, segitiga, maupun belah ketupat dengan ujung tumpul. Ukuran anak daun antara 9 hingga 25 cm dengan lebar 10 hingga 30 cm. Biasanya daun-daun tanaman dadap akan berguguran di musim kemarau. Memiliki rasa yang pahit.
  • Bunga tanaman ini berupa tandan yang berbentuk kerucut. Biasa muncul di samping atau di ujung ranting yang gundul pada saat daun mulai berguguran. Mahkota bunga berwarna merah jingga hingga merah gelap.
  • Biji berbentuk seperti telur dengan warna coklat, merah atau ungu mengkilap.

Manfaat daun Dadap untuk Pengobatan

Selain digunakan sebagai pagar hidup maupun pohon perindang, tanaman ini juga bisa dimanfaatkan dalam dunia kesehatan, seperti :

1. Mengobati cacingan

Penyakit ini bisa terjadi pada siapa saja, baik anak-anak maupun orang dewasa. Gejala yang dialami si penderita sangat bervariasi, mulai dari wajah pucat, perut buncit, badan yang kurus, sampai terjadinya demam. Mengkonsumsi ramuan yang berasal  dari campuran manfaat daun dadap yang dihaluskan dan manfaat madu dapat mengatasi gangguan cacingan.

2. Mengobati disentri

Disentri merupakan sebuah infeksi yang terjadi pada usus yang dapat menimbulkan diare yang disertai darah dan lendir. Untuk pencegahan penyakit ini, sebaiknya selalu menjaga kebersihan, rajin mencuci tangan dengan sabun, serta mengkonsumsi makanan yang sehat.

Untuk pengobatan disentri dapat dilakukan dengan cara yang alami yaitu dengan mengkonsumsi ramuan campuran daun dadap yang telah dihaluskan dan dicampurkan dengan minyak yang berasal dari manfaat buah jarak (kasteroli).

3. Mengobati demam

Seringkali saat anggota keluarga mengalami demam, timbul kepanikan saat menghadapinyaa. Berbagai upaya dilakukan untuk mengatasinya seperti dengan berobat ke dokter, hingga mengeluarkan biaya yang tidak sedikit. Sebenarnya jika kita tahu dan jeli tentang manfaat tanaman sekitar, tak perlu terburu-buru melakukan hal tersebut.

Salah satunya adalah dengan menerapkan manfaat daun dadap yang telah dipipis halus pada anggota tubuh. Jika kita menjumpai seorang wanita yang masih dalam masa nifas sedang mengalami demam, kita bisa menerapkan bobokan daun dadap ke perutnya sebagai langkah pengobatan.

4. Mengobati insomnia

Saat kita mengalami gangguan susah tidur atau istilah medisnya insomnia, ada baiknya kita mengkonsumsi daun dadap yang masih muda dengan cara menggunakannya sebagai sayur atau lalapan. Khasiat seperti ini, juga ditemui pada :

5. Melancarkan menstruasi

Jika memiliki masalah menstruasi, itu berarti terjadi penumpukan darah kotor dalam rahim yang bisa mengganggu kesuburan. Untuk membantu mengatasi hal tersebut, cobalah untuk rutin mengkonsumsi daun dadap beserta dengan bunganya sebagai sayuran.

6. Meringankan gejala rematik

Gejala rematik atau asam urat tentu saja akan menghambat segala aktivitas harian kita. Untuk mengatasi hal tersebut, cobalah untuk menerapkan manfaat daun dadap yang telah dipanaskan di atas api kecil sebagai tapal pada bagian sendi yang terasa nyeri.

Baca juga, manfaat mentimun untuk mengatasi masalah rematik ini.

7. Mengobati bengkak

Sering kali bengkak terjadi pada luka, maupun memar yang di derita. Keadaan ini menimbulkan rasa sakit dan nyeri pada bagian tubuh yang terkena. Untuk membantu mengobatinya, gunakan tumbukan daun dadap pada daerah yang mengalami bengkak. Lakukan hal tersebut sesering mungkin, hingga sembuh,

8. Mengobati Sakit Kepala atau Pusing

Pusing merupakan suatu gangguan kesehatan yang dapat mengakibatkan terganggunya aktivitas harian. Tak jarang pula kita harus menghentikan aktivitas tersebut hingga beberapa saat lamanya. Untuk membantu mengatasinya, ada baiknya menerapkan remasan daun dadap ke dahi sebagai pengobatan alami.

Khasiat ini juga di temui pada :

9. Mengobati Perut Mulas

Cara alami mengatasi perut mulas bisa kita lakukan dengan menerapkan tumbukan daun dadap yang dicampur dengan daun sosor bebek pada permukaan perut.  Atau bisa juga dengan menempelkan daun dadap yang telah dilayukan di atas api kecil pada bagian perut.

Sama seperti tanaman herbal lainnya, penggunaan daun dadap juga tidak boleh secara berlebihan, karena jika kita over dosis dalam menggunakannya dapat berakibat pada kelumpuhan.

Manfaat Daun Dadap bagi Ibu Hamil dan Menyusui

Daun dadap tidak hanya berguna bagi kesehatan, tapi juga berguna bagi ibu hamil dan menyusui seperti berikut :

1. Mencegah keguguran

Keguguran tentu saja merupakan hal yang tidak diinginkan oleh pasangan suami istri. Karena hal ini bisa menunda impian mereka untuk segera menimang momongan. Manfaat daun dadap memiliki khasiat untuk mencegah keguguran ini. Caranya adalah dengan memborehkan tebal-tebal daun ramuan daun dadap yang telah ditumbuk pada bagian perut.

2. Melancarkan asi

Seperti yang kita ketahui, asi merupakan sumber nutrisi penting bagi bayi yang baru lahir, dimana ia harus mendapatkan asi eksklusif sampai usianya menginjak 6 bulan, lalu dilanjutkan sampai ia berusia 2 tahun. Hal itu bertujuan untuk memberikan kekebalan tubuh baginya.

Namun terkadang kita menjumpai hal yang sebaliknya dimana para bayi tersebut harus berhenti mendapatkan nutrisi yang penting bagi pertumbuhannya dan beralih ke susu formula. Salah satu masalahnya karena jumlah produksi asi yang semakin menurun, atau sama sekali asi tidak keluar.

Untuk mengatasi hal tersebut kita bisa memanfaatkan tanaman disekitar kita seperti daun dadap, yaitu dengan cara menggunakan daun dadap yang masih muda sebagai sayuran maupun lalapan.

Kegunaan Daun Dadap Lainnya

1. Sebagai pakan ternak

Daun dadap dapat dijadikan alternatif untuk bahan pakan ternak yang mudah kita jumpai disekitar perumahan terutama jika sumber rumput mulai menipis, seperti manfaat daun bidara.

2. Sebagai bahan pupuk

Manfaat daun dadap yang telah kering juga dapat berguna sebagai pupuk alami untuk menyuburkan tanaman.

Kandungan nutrisi

Sebuah penelitian yang dilaporkan ditahun 1980 menyatakan bahwa bagian dari pohon ini yaitu batang, daun, buah, serta akar dadap memiliki kandungan racun yang disebut sebagai asam hidrosianida dan eritrina.  Namun, dalam biji dadap terkandung alkaloid eritrina dan hipaforin.

Selain itu daun pada bagian daun memiliki kandungan protein dan nitrogen yang sangat tinggi. Selain senyawa tersebut, daun dadap juga memiliki kandungan alkaloid, aritramina, eritrina, aritradin, hipaforina, erisofina dan anti-inflamasi, serta anti-piretik, mendinginkan, membersihkan darah.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Saturday 04th, April 2015 / 03:32 Oleh :
Kategori : Tumbuhan