6 Manfaat Kumur Air Garam Saat Sakit Gigi

manfaat berkumur air garamApakah Anda pernah sakit gigi? Sakit gigi biasanya disebabkan oleh berbagai faktor seperti gigi yang berlubang, gigi sensitif, enamel gigi yang rapuh, gigi keropos hingga masalah gusi yang sensitif. Sakit gigi biasanya akan menyebabkan rasa tidak nyaman karena rasa sakit akan menjalar ke semua bagian mulut. Rasa sakit tidak hanya pada bagian gigi saja tapi juga rahang, gusi hingga kepala.

Bahkan ada beberapa orang yang sakit gigi dan mengalami pembengkakan pada bagian seluruh rahang. Salah satu cara tradisional untuk mengobati sakit gigi yaitu adalah dengan berkumur air garam. Tapi, apakah cara ini aman dan efektif untuk menyembuhkan sakit gigi? Dibawah ini adalah beberapa ulasan mengenai khasiat garam untuk mengobati sakit gigi.

Kandungan dalam Mineral Garam

Garam bisa didapatkan dari dua sumber utama yaitu laut dan pertambakan. Garam air laut diproses dari air laut yang menguap dan meninggalkan sisa kristal garam. Garam mengandung lebih dari 75 mineral dan senyawa lain.

Berikut ini adalah beberapa fakta mengenai mineral dalam garam :

  • Garam memiliki komponen utama yang terdiri dari natrium dan klorida. Natrium dan klorida dibutuhkan oleh tubuh untuk membantu tubuh dalam menyerap nutrisi, menjaga sistem saraf dan otot. Sodium juga penting untuk menjaga tekanan darah dan fungsi otot.
  • Mineral yang ditemukan dalam garam adalah seperti klorida, sodium, dan kalium.
  • Garam mengandung magnesium yang berperan untuk produksi sintesis DNA tubuh. Kalsium juga penting untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, menjaga sistem detak jantung dan membantu tubuh mengendalikan fungsi syaraf.
  • Garam mengandung sulfur yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh dan mengeluarkan semua racun dalam tubuh. Selain itu sulfur juga penting untuk membuat kesehatan jantung tetap terjaga.
  • Garam juga mengandung mineral lain dalam jumlah kecil seperti fosfor, seng, besi, mangan, silikon dan tembaga. Zat besi dan seng diperlukan oleh tubuh untuk menjaga proses metabolisme. sementara fosfor juga penting untuk mendukung proses produksi energi tubuh, menjaga komponen tulang dan gigi serta menjaga struktur sel tubuh.

Pada jaman dahulu garam sering dipakai sebagai obat untuk sakit gigi. Berkumur dengan air garam dianggap sebagai obat yang paling manjur. Tapi, apakah fakta ini memang benar. Dibawah ini adalah beberapa daftar manfaat garam saat sakit gigi.

1. Menyembuhkan Luka Gusi

Garam mengandung antiseptik alami yang bisa menyembuhkan luka pada bagian gusi dengan cepat. Berkumur dengan air garam yang dicampur dengan air hangat bisa membuat kondisi gigi yang sedang sakit menjadi lebih nyaman. Air garam juga bisa membantu membunuh semua bakteri dimulut sehingga bakteri yang berada di gigi juga akan ikut mati.

2. Membunuh Kuman dan Bakteri

Sakit gigi yang disebabkan karena kuman dan bakteri menjadi sakit gigi yang sangat umum. Untuk menyembuhkan sakit gigi maka bisa berkumur dengan air garam. Bagian rongga mulut pada orang yang sedang sakit gigi biasanya bersifat basa dan bau yang kurang sedap. Manfaat berkumur dengan air garam maka semua bakteri yang tinggal di rongga mulut akan mati. Bakteri penyebab sakit gigi juga akan mati sehingga rasa sakit jauh lebih ringan.

3. Mengeluarkan Semua Racun

Bukan tidak mungkin apabila sakit gigi juga bisa disebabkan karena sisa makanan yang menempel pada bagian celah gigi. Garam mengandung mineral fosfor yang bisa membantu tubuh dalam mengeluarkan semua racun. Bahkan berkumur dengan air garam akan membantu membersihkan semua jenis sisa makanan penyebab sakit gigi. Semua bagian gigi akan menjadi lebih bersih dan rasa sakit gigi juga akan berkurang.

4. Membersihkan Gigi

Kebersihan gigi memiliki peran yang sangat besar dengan kesehatan gigi dan mulut. Banyak penderita sakit gigi yang disebabkan karena kurang menjaga kesehatan gigi. Untuk mengatasi hal ini maka bisa berkumur dengan garam. garam mengandung berbagai mineral yang bisa mengeluarkan semua racun dan kotoran dalam gigi.

Garam juga mengandung magnesium yang bisa membuat struktur gigi menjadi lebih kuat dan sistem syaraf yang lebih baik.

5. Mengurangi Rasa Sakit Setelah Cabut Gigi

Rasa nyeri setelah cabut gigi biasanya akan terasa ketika pengaruh obat bius sudah hilang. Untuk menghilangkan rasa nyeri pada bekas gigi yang dicabut maka bisa disembuhkan dengan manfaat berkumur air garam. Air garam yang mengandung mineral juga bisa menghentikan pendarahan pada bagian rongga gusi.

Bahkan selain itu air garam juga bisa membantu memulihkan gusi bekas gigi yang dicabut, membersihkan rongga gigi dan menyembuhkan lebih cepat. Cara ini juga bisa digunakan oleh anak-anak hingga orang tua.

6. Menyembuhkan Infeksi Gigi dan Gusi

Infeksi pada daerah gigi dan gusi biasanya terjadi karena sariawan atau sakit gigi yang terjadi dalam waktu yang lama. Untuk menghentikan infeksi maka juga bisa disembuhkan dengan air garam. Air garam yang digunakan untuk berkumur bisa membantu menghentikan pendarahan dan menghilangkan bakteri pada daerah gusi dan gigi yang mengalami infeksi.

Bahkan kondisi gusi bisa berubah menjadi lebih normal. Berkumur dengan air garam juga bisa membantu menghilangkan bau nafas yang kurang sedap.

Tips Berkumur dengan Air Garam

Apakah berkumur air garam hanya bisa dilakukan saat sakit gigi saja? Sebenarnya berkumur air garam juga bisa dilakukan untuk perawatan gigi dan gusi sehingga tetap bisa mempertahankan lapisan enamel gigi. Jadi anda bisa melakukan perawatan harian untuk gigi dengan berkumur air garam.

Untuk mendapatkan manfaat yang paling tepat maka Anda bisa mengikuti petunjuk dibawah ini :

  • Pilih jenis garam yang mengandung yodium tinggi. Hindari menggunakan garam meja karena biasanya memiliki kandungan mineral yang lebih rendah.
  • Ambil dua sendok garam dan campur dengan satu gelas air hangat atau air dingin.
  • Gunakan untuk berkumur-kumur dan sebaiknya sisa air garam harus dibuang atau sekali pakai saja untuk menghindari kontaminasi dengan bakteri atau kuman.
  • Waktu untuk berkumur bisa disesuaikan dengan kondisi keluhan.

Efek Samping Berkumur Air Garam

Pada dasarnya tidak ada efek samping saat berkumur dengan air garam. Perawatan sakit gigi dengan cara berkumur air garam sudah dilakukan sejak jaman dahulu. Hingga sekarang belum pernah ada kasus yang membuktikan tentang efek samping berkumur dengan air garam. Pada awalnya Anda akan merasa perih dan panas sesaat setelah berumur dengan air garam. Setelah itu Anda akan merasa ada bagian yang kaku di sekitar bagian gigi yang sakit. Kondisi ini sangat umum dan akan pulih kembali beberapa saat kemudian. Jadi, ini cara perawatan yang sangat aman untuk semua orang.

Perawatan sakit gigi dengan berkumur air garam pada dasarnya hanya bersifat meringankan rasa nyeri pada bagian gigi yang sakit. Tapi untuk beberapa masalah gigi seperti gigi berlubang dan gigi rapuh tidak bisa disembuhkan secara permanen. Jadi, Anda tetap harus mencoba untuk melakukan perawatan gigi ke dokter gigi.