21 Manfaat Kedelai Rebus bagi Kesehatan Tubuh

Kedelai merupakan salah satu kacang-kacangan yang dapat diolah menjadi banyak hal, misalnya seperti tempe, tahu, kecap, susu kedelai, kedelai rebus bahkan menjadi tepung. Kedelai merupakan salah satu jenis kacang-kacangan yang memiliki jumlah protein yang sangat tinggi.

Kedelai juga merupakan kacang-kacangan yang sangat cocok dikonsumsi oleh seorang vegetarian sebagai pengganti daging ataupun susu sapi. Selain memiliki banyak protein ternyata kedelai juga memiliki banyak kandungan nutrisi. Selain di Indonesia ternyata di Cina dan di Jepang kedelai sering digunakan sebagai obat herbal. Karena kedelai memiliki berbagai manfaat, Namun ternyata kedelai rebus juga memiliki banyak sekali manfaat yang terdapat di dalamnya. Adapun manfaat dari kedelai rebus adalah sebagai berikut

Manfaat kedelai rebus

1. Sebagai pencegah penyakit jantung

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kedelai rebus dapat membantu untuk mencegah terjadinya penyakit jantung. Selain kandungan antioksidan protein yang terdapat di dalam kedelai akan membantu untuk menurunkan kadar kolesterol jahat yang ada dalam tubuh. Selain menurunkan kolesterol jahat kandungan ini dapat mencegah terjadinya pembekuan darah yang akan mengakibatkan penyumbatan di dalam pembuluh darah yang dimana hal tersebut akan menyebabkan terjadinya serangan jantung pada seseorang. (baca juga : manfaat kolesterol)

2. Sebagai sumber antioksidan

Salah satu manfaat kedelai adalah sebagai sumber antioksidan, yang dimana antioksidan tersebut merupakan jenis antioksidan isoflavon yang dapat mengatasi radikal bebas karena sinar matahari dan polusi. (baca juga : manfaat antioksidan)

3. Dapat mencegah Osteoporosis

Kandungan yang terdapat di dalam kedelai dapat mencegah terjadinya osteoporosis. Kandungan ini adalah kandungan antioksidan, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kedelai akan membantu untuk mencegah terjadinya pengikisan yang menyebabkan osteoporosis kepada seseorang. (baca juga : manfaat kalsium)

4. Mengurangi rasa sakit saat haid

Haid merupakan rutinitas yang selalu dialami oleh wanita, haid dapat menyebabkan rasa sakit sehingga seseorang yang sedang haid dapat mudah emosi dan sensitif. Untuk itu bagi Anda yang sering merasakan sakit ketika haid maka anda dapat mengkonsumsi kedelai rebus ini. Sebab di dalam kedelai rebus terdapat kandungan yang dapat mengurangi rasa sakit ketika anda haid. (baca juga : manfaaat kiranti)


5. Menurunkan berat badan

Kedelai rebus dapat digunakan untuk membantu seseorang diet. Hal ini disebabkan karena kedelai memiliki kandungan serat yang cukup tinggi dan juga rendah kalori. Sehingga seseorang yang mengkonsumsi kedelai tidak mudah merasa lapar dan kebutuhan serat tercukupi. (baca juga : manfaat diet)

6. Membantu menyerap kalsium

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kedelai dapat digunakan untuk membantu dalam penyerapan kalsium pada tulang, sehingga tulang akan terhindar dari berbagai penyakit seperti pengeroposan tulang ataupun kepadatan tulang. Dengan mengkonsumsi kedelai rebus akan membantu untuk menjaga tulang agar tetap sehat. (baca juga : manfaat kalium dan manfaat kalsium)

7. Memperbaiki sel yang rusak

Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kedelai rebus sangat bermanfaat untuk mencegah terjadinya kerusakan sel-sel yang rusak dan juga membantu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak di dalam tubuh. Sehingga dengan rutin mengkonsumsi kedelai rebus akan membantu untuk memperbaiki sel-sel yang rusak.

8. Mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker

Selain memperbaiki sel yang rusak ternyata kandungan yang terdapat di dalam kedelai rebus bermanfaat untuk mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker. Sebab antioksidan yang terdapat di dalam kedelai akan mencegah pertumbuhan sel yang tidak normal penyebab kanker. Dengan begitu dengan mengkonsumsi kedelai rebus akan membantu dan mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker. (baca juga : manfaat daun kelor)

9. Mencegah terjadinya tumor

Sama halnya seperti mencegah terjadinya pertumbuhan sel kanker, ternyata pertemuan sel tumor juga dapat dicegah dengan mengkonsumsi kedelai rebus. (baca juga : manfaat daun binahong)

10. Sumber protein yang tinggi

Kacang kedelai juga merupakan salah satu kacang-kacangan yang memiliki sumber protein yang tinggi. Kandungan protein yang terdapat didalam kacang kedelai seperti kandungan protein nabati, kandungan protein nabati ini sangat baik dikonsumsi oleh para vegetarian untuk mengganti asupan protein. Selain itu kandungan protein yang terdapat di dalam kacang kedelai akan membantu untuk menyehatkan pencernaan. (baca juga : manfaat protein)

11. Sumber serat yang tinggi

Kandungan serat yang tinggi akan membantu untuk seseorang terhindar dari berbagai penyakit terutama penyakit yang disebabkan karena pencernaan. Mengkonsumsi kacang kedelai secara rutin akan membantu Anda agar terhindar dari berbagai penyakit yang disebabkan karena pencernaan tidak sehat. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang tinggi yang terdapat di dalam kacang kedelai. (baca juga : manfaat serat)

12. Sumber kalsium yang tinggi

Kacang kedelai merupakan salah satu kacang-kacangan yang memiliki kalsium tinggi. Untuk itu bagi anda yang membutuhkan kalsium untuk menjaga kesehatan tubuh anda anda dapat memperolehnya di dalam kacang kedelai. Dengan rutin mengkonsumsi kacang kedelai akan membantu untuk menjaga kesehatan tubuh anda.

13. Menyehatkan pencernaan

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa kacang kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi. Karena kacang kedelai memiliki kandungan serat yang tinggi Maka kacang kedelai dapat membantu untuk menyehatkan pencernaan. Kandungan serat larut yang tinggi didalam kedelai juga membantu untuk mencegah terjadinya kanker usus besar dan penyakit lainnya. (baca juga : manfaat vegeta)

14. Mencegah radikal bebas

Banyak sekali kandungan yang terdapat di dalam kedelai salah satunya adalah zat isoflavon. Zat isoflavon dapat digunakan untuk memperbaiki sel-sel yang rusak karena polusi udara. Bagi Anda yang sering melakukan aktivitas di luar rumah Anda dapat mengkonsumsi kacang kedelai ini untuk mencegah terjadinya radyikal bebas yang terdapat di dalam tubuh anda.

15. Mencegah terjadinya penyakit alzheimer

Kandungan yang terdapat di dalam kedelai seperti kandungan lisetin dapat berfungsi untuk mencegah terjadinya gejala penyakit alzheimar. Untuk itu dengan mengkonsumsi kedelai rebus akan membantu Anda terhindar dari gejala penyakit alzheimer. (baca juga : manfaat ikan)

16. Meningkatkan kekuatan sel saraf

Kandungan disetting yang terdapat didalam kacang kedelai akan membantu untuk meningkatkan kekuatan sel saraf. Untuk itu agar kekuatan sel saraf tetap terjaga Anda dapat mengkonsumsi kacang kedelai sebagai camilan sehat untuk tubuh.

17. Mengandung lecithin

Selain kandungan serat dan protein yang tinggi ternyata di dalam kacang kedelai juga mengandung licithin. Kandungan lecithin dapat menghasilkan senyawa Choline yang dimana senyawa tersebut sangat bermanfaat untuk menjaga metabolisme tubuh.

18. Meningkatkan kualitas otak

Kandungan yang terdapat didalam kacang kedelai akan membantu untuk meningkatkan kualitas otak. Kandungan lesitin ini sangat baik digunakan untuk meningkatkan kualitas otak. Bagi Anda yang ingin meningkatkan kualitas otak anda dapat mengkonsumsi kedelai rebus. ( baca juga : manfaat daging sapi)


19. Mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi

Pada dasarnya kacang kedelai memiliki kandungan protein dan juga mineral yang sangat lengkap, Selain itu kacang kedelai juga memiliki kandungan kalsium yang akan membantu untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi. Kacang kedelai rebus juga sangat direkomendasikan dikonsumsi oleh ibu hamil. Sebab kacang kedelai akan membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin. (baca juga : manfaat tomat)

20. Meningkatkan kecerdasan otak janin

Selain membantu pertumbuhan tulang dan gigi pada janin, ibu hamil yang mengkonsumsi kedelai rebus akan membantu untuk meningkatkan kecerdasan otak pada janin. Hal ini disebabkan di dalam kacang kedelai terdapat kandungan asam folat yang sangat tinggi. Kandungan asam folat yang terdapat di dalam kedelai rebus akan membantu untuk mengoptimalkan perkembangan sistem saraf pada janin. (baca juga : manfaat susu)

21. Sebagai zat pembangun tubuh

Selain meningkatkan kecerdasan otak dengan mengkonsumsi kedelai rebus disaat hamil akan membantu untuk pembangunan tubuh. Maksudnya adalah kandungan yang terdapat di dalam kedelai rebus akan membantu untuk memacu pertumbuhan janin secara maksimal. (baca juga : manfaat karbohidrat)

Itulah berbagai manfaat yang akan anda dapatkan Ketika anda mengkonsumsi kedelai rebus. Selain mengkonsumsi kedelai rebus agar tubuh anda tetap sehat dan terjaga Anda dapat mengkonsumsi makanan-makanan sehat lainnya.

, ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 08:00 Oleh :
Kategori : Herbal