33 Manfaat Kiranti Saat Haid Wanita

Bagi para wanita, mengalami saat datang bulan atau yang biasa disebut haid maupun menstruasi seringkali menjadi saat-saat yang kurang menyenangkan. Hal itu dikarenakan bagi sebagian wanita mengalami berbagai macam keluhan saat menstruasi, seperti nyeri perut, rasa letih, lesu, terjadinya keputihan, serta bau badan yang kurang sedap yang sangat menggangguu aktivitas keseharian mereka.

kirantiSaat ini banyak sekali produk-produk yang menawarkan solusi untuk mengatasi masalah tersebut. Salah satunya adalah kiranti . Produk ini telah mendapatkan predikat dari BPOM RI sebagai salah satu obat herbal terstandar dan telah mendapatkan sertifikasi CPOTB (Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik), serta jaminan kemananan pangan ISO 22000: 2005. Selain itu, kiranti telah mendapatkan sertifikat halal dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Kandungan Herbal Dalam Kiranti

Kiranti merupakan obat herbal untuk mengatasi gangguan datang bulan seperti mengatasi rasa nyeri, perasaan letih dan lesu, bau badan tak sedap, keputihan, dan berbagai gangguan  menstruasi lainnya dimana nantinya hal tersebut akan membuat seorang wanita tetap fit dan bugar sehingga dapat meningkatkan mood dan dapat mengatasi rasa sensitive selama masa haid.

Kandungan bahan-bahan herbal alami yang terkandung dalam kiranti diantaranya adalah :

  • Kunyit (Curcumae Domesticae Rhizoma), bagian yang digunakan dari tanaman ini adalah rimpangnya. Rimpang kunyit memiliki kandungan seperti tumeron, zingiberon, seskuiterpana, alkohol, kurkumin, sat pahit, lemak hars, serta vitamin c. Tanaman ini memiliki khasiat seperti stomakik, kholagog, antispasmodk, antiinflamasi, antibakteri, serta kholeretik. Kunyit dipercaya mampu mengatasi sakit perut, nyeri haid, diare, luka, serta penyakit kulit seperti kurap.
  • Kencur (Kaempferiae Rhizoma), tanaman yang berasal dari keluarga Zingiberaceae ini berkhasiat sebagai ekspektoransia, karena memiliki kandungan alami seperti Alkaloid, minyak atsiri yang mengandung sineol dan kamferin, mineral, dan zat pati. Tanaman yang memiliki akar rimpang ini memiliki rasa pedas, hangat, bau khas aromaterapi, serta rasa yang agak pahit.
  • Jahe (Zingiberis Rhizoma), ini merupakan tumbuhan herbal tahunan yang dapat tumbuh liar pada tanah yang lembab dan cukup mendapat sinar matahari. Berbagai macam kandungan senyawa alami dalam rimpanng jahe seperti minyak atsiri, mineral sineol, damar, fellandren, kamfer, borneol, zingiberol, gigerol, zingeron, lipidas, asam aminos, vitamin A,B1,C, niacin, serta protein. Kandungan tersebut memiliki berbagai macam kesehatan seperti pembangkit nafsu makan, mengatasi masalah pencernakan, menghangatkan tubuh, menghilangkan rasa nyeri, sebagai agen antiinflamasi, antibakteri, mengatasi batuk, penangkal racun, mengobati berbagai macam luka luar, dan masih banyak lagi khasiat lainnya.
  • Asam jawa (tamarindi pulpa), tanaman ini banyak mengandung berbagai macam senyawa seperti karbohidrat, lemak, protein, thiamin, niacin, magnesium, dan potasium. Tanaman ini banyak memiliki manfaat bagi kesehatan, seperti mengatasi gangguan pencernakan seperti diare, sembelit, sakit perut, serta nyeri perut. Kandungan asam jawa dalam kiranti bermanfaat untuk memberikan rasa segar pada minuman.
  • Gula jawa (Arengae pinnata fruktose) yang berfungsi sebagai pemanis dalam ramuan ini, dimana manfaatnya adalah untuk melancarkan peredaran darah serta membantu meredakan nyeri haid.
  • Kayu manis (cinnamomi cortex), bahan herbal ini banyak mengandung serat alami, kalsium, zat besi, dan mangan yang berguna sebagai pengawet alami yang juga telah terbukti mengurangi rasa nyeri saat haid secara efektif.Kandungan alami cinnamaldehyde yang terdapat pada kayu manis dapat mengurangi hormon testosteron serta meningkatkan hormon progesteron pada wanita.
  • Paullina cupana yang merupakan suplement yang berasal dari ekstrak panax ginseng.

Varian kiranti dan manfaatnya

Produk herbal ini memiliki 3 varian yang berbeda, seperti :

  1. Kiranti sehat datang bulan, Kandungan Curcumae Domesticae Rhizoma dengan Curcumin dapat membantu melancarkan haid dan mengatasi berbagai macam keluhan selama masa haid seperti rasa nyeri, keputihan, dan bau badan secara efektif.
  2. Kiranti sehat datang bulan plus juice, merupakan minuman herbal sehat alami yang khusus diramu untuk para wanita. Minuman herbal ini terbuat dari rempah-rempah alami dan ditambahkan dengan sari buah jeruk yang dapat memberikan kesegaran dan kebaikan bagi tubuh. Kiranti sehat datang bulan plus juice merupakan pilihan baru dari produk kiranti yang tidak memiliki efek samping apapun, karena produk ini telah teruji secara klinis oleh BPOM. Selain itu, pembuatannya juga terbukti higienis melalui Cara Pembuatan Obat Tradisional yang Baik dan Benar. Kandungan manfaat kiranti sehat datang bulan yang ditambah dengan kesegrana juice akan membuat tubuh Anda tampak lebih segar saat mengalami masa-masa haid.
  3. Kiranti pegal linu, merupakan ramuan herbal alami yang menawarkan manfaat lebih bagi wanita. Manfaat tersebut diantaranya adalah dapat mengatasi rasa pegal dan letih akibat melakukan aktivitas seperti melakukan pekerjaan rumah yang menumpuk, duduk terlalu lama di depan komputer, kegiatan menyetir, dan masih banyak lagi. Kiranti pegal linu dapat mengatasi rasa pegal dan linu, rasa letih, serta dapat meringankan rasa sakit yang menyerang persendian. Kandungan zingiberis rhizoma dalam produk kiranti ini mampu mengatasi kondisi statis akibat penumpukan asam laktat di organ persendian, yaitu dengan cara melancarkan peredaran darah. Selain itu, kandungan zingiberis rhizoma dan kaempferiae rhizoma juga dapat berkhasiat untuk menghangatkan tubuh, dan menjadika tubuh tetap fit dan bugar.

Anjuran Minum Kiranti

Kiranti merupakan produk herbal yang terbuat dari bahan-bahan alami. Anjuran minum produk ini adalah 1 hingga 2 botol perharinya.

Dengan mengkonsumsi kiranti 3 hari sebelum menstruasi hingga 3 hari sesudah menstruasi akan membuat tubuh terasa bersih, sehat, serta bugar selama masa menstruasi.

Efek samping

Ketidaklancaran siklus menstruasi merupakan hal yang umum bagi sebagian wanita. Hal tersebut dikarenakan ketidakseimbangan hormon dan kondisi fisiknya. Untuk mengatasi hal tersebut dianjurkan untuk mengkonsumsi ramuan herbal seperti kiranti sesuai dengan dosis yang dianjurkan, yang biasanya tertera pada label kemasan. Hal ini ditujukan untuk menghindari keluhan-keluhan selama menstruasi, dan juga untuk melancarkan menstruasi.

Namun, bagi seorang wanita yang telah bersuami, sebaiknya lebih hati-hati menyikapi ketidaklancaran siklus menstruasi.Bisa jadi masalah terhentinya siklus menstruasi disebabkan karena kondisi hamil. Untuk itu, sebaiknya Anda segera melakukan test, dan jika terbukti Anda sedang hamil, akan sangat dianjurkan untuk menghindari konsumsi produk ini. Karena hal tersebut justru dikhawatirkan dapat mengganggu perkembangan janin.

Walaupun sebenarnya kiranti merupakan produk yang aman karena diolah dari bahan-bahan herbal alami, namun demi keamanan sebaiknya menghindari untuk mengkonsumsi produk ini pada saat sedang hamil.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Wednesday 13th, May 2015 / 09:31 Oleh :
Kategori : Obat-Obatan