15 Manfaat Jamur Tiram untuk Kesehatan

Jamur  tiram memiliki warna yang putih dan terkadang seperti krem yang lembut yang mempunyai cangkang lebar seperti tiram dimana dibagian tengahnya  membentuk cekungan seperti kubangan. Kandungan nutrisi pada jamur juga sangat melimpah, seperti asam lemak tidak jenuh, protein, vitamin B1,B2,C,dan D2, rendah kolesterol, lemak dan kalori, mengandung mineral termasuk kalsium, magnesium, zat besi,  fosfor. Disertai juga 9 asam amino terdiri atas :

  • lisin
  • fenilalanin
  • isoleusin
  • valin
  • triptofan
  • lisin
  • threonin
  • leusin
  • metinin

Inilah manfaat jamur tiram yang baik bagi kesehatan :

1. Untuk perkembangan janin

Bagi ibu yang sedang hamil sangat baik jiika mengkonsumsi banyak jamur tiram. Nutrisi yang ada pada jamur ini dapat meningkatkan oksigen dan sel darah merah ibu sehingga pertumnuhan janin akan lancar dan asupan gizinya terpenuhi sampai masa persalinan tiba.

2. Dapat mencegah pertumbuhan tumor dan kutil

Nutrisi pada jamur tiram dapat menghambat pertumbuhan sel tumor dan tumor jinak yang berbentuk sebagai kutil. Manfaat zat besi yang ada pada jamur ini dapat membentuk dan mempercepat pertumbuhan limfosit yaitu sebuah senyawa yang dapat menghambat bahkan mencegah sel sel tumor yang mau memasuki jaringan tubuh.

3. Dapat menangkal efek buruk radikal bebas

Jamur tiram memiliki kandungan vitamin B,C dan D2 yang bertindak sebagai manfaat antioksidan yang kuat yang mampu melawan efek buruk radikal bebas yang menyerang tubuh. radikal bebas yang dimaksud berasal dari udara berupa debu, asap dan semua partikel halus beracun.

4. Dapat menurunkan kolesterol

Nutrisi lengkap pada jamur tiram dapat menurunkan kolesterol jahat secara berkala, jika mengkonsumsi jamur ini secara rutin yaitu dua kali dalam sehari.

5. Dapat sebagai pemenuhan protein harian

Bagi seseorang yang menginginkan asupan protein cukup dapat mengkonsumsi jamur tiram setiap hari atau dua kali seminggu tetapi secara teratur dan disiplin. Asupan protein tubuh akan selalu terpenuhi dengan baik. Manfaat protein pada jamur tiram sangat tinggi dan bahkan lebih melimpah dari pada protein yang ada pada susu sapi.

6. Menurunkan tekanan darah

Jamur tiram memiliki kandungan zat ergosterol yang mampu mengembangkan manfaat Vitamin D dengan bantuan sinar mataahari menjadi lebih efektif. Hali ini daapat menyebabkan turunnya telkanan darah menjadi stabil.

7. Dapat mencegah dan menyembuhkan kanker payudara

Manfaat jamur tiram mengandung zat beta glucan dan kaya dengan asam linoleat yang berguna untuk mencegah pertumbuhan kanker pada payudara.

8. Sebagai anti mikroba

Jamur tiram mempunyai zat anti bakteri dan anti mikroba yang dapat membantu proses penyembuhan luka dan iritasi yang terjadi didalam jaringan tubuh.

9. Dapat mempertebal kekebalan tubuh

Jamur tiram mengandung magnesium yang sangat tinggi yang mampu meningkatkan kekebalan tubuh. Mempercepat proses penyembuhan pada penderita luka bakar atau luka sayatan dan jahitan karena bedah operasi.

10. Dapat mencegah pertumbuhan sel kanker prostat

Jamur tiram mengandung selenium yang tinggi yang dapat mencegah dan menyembuhkan kanker prostat secara berkala. Jika rajin mengkonsumsi jamur tiram 2v sampai 3 kali dalam sehari secara konsisten.

11. Dapat menyehatkan jaringan hati

Nutrisi lengkap padaa jamur tiram mampu membantu tubuh untuk menangkal dan mengeluarkan racun yang berada pada jaringan hati. Sehingga meningkatkan kesehatan hati

12. Dapat menurunkan bobot tubuh

Jamur tiram memiliki Kandungan air yang cukup tinggi yaitu sekitar 80 persen dan protein yang tinggi dan kalori yang sangat rendah. Kedua zat tersebut mampu membakar lemak lebih cepat dan menurunkan bobot tubuh.

13. Dapat mencerdaskan otak

Nutrisi lengkap pada jamur tiram dapat meningkatkan kualitas sel sel otak menjadi lebih baik dan sensitif terhadap informasi yang disampaikan tubuh. Kemudian otak dapat mudah mencerna semua informasi. bagi anak anak sangat disarankan untuk menyantap jamur tiram setiap hari agar kecerdasannya semakin tajam.

14. Sebagai cadangan energi tubuh

Nutrisi pada jamur tiram dapat meningkatkan stamina dan menjadikan tubuh tidak mudah lelah atau lesu saat melakukan aktivitas rutin kerja. Tubuh akan terpenuhi kebutuhan energinya selama 24 jam.

15. Sebagai pelancar sirkulasi darah

Nutrisi yang ada pada jamur tiram dapat melancarkan peredaran darah diseluruh jaringan tubuh. Selanjutnya tubuh tidak mengalami pegal pegal dan tubuh tidak mudah mengalami kejang otot atau sakit pinggang.

Cara pengolahan jamur tiram yang unik

  • Dapat dijadikan jus yang digabung dengan buah  

Jamur  tiram dapat digabungkan dengan sayuran hijau dan buah buahan agar peningkatan cita rasa dan nutrisinya dapat dirasakan secara optimal. Dengan kata lain Jamur tiram dapat juga dikukus dan digabung untuk jus buah. Namun untuk mencampur jamur tiram, hendaknya jangan terlalu banyak agar rasa asam manis dari buah tidak hilang.

  • Dapat dibuat sebagai pepes

Jamur tiram dapat juga dikukus dan dibungkus dengan daun tiram. Bumbu yang dipakai adalah bawang putih, garam dan sedikit cabai (telur ayam yang dihaluskan lalu digulung bersama jamur yang di kukus, kemudian olesi dengan minyak zaitun secukupnya). Makanan ini dapat dikonsumsi sebagai pepes yang bernutrisi bagi anak anak yang menginginkan kecerdasannya meningkat.

  • Dapat dibuat menjadi tumisan sayur jamur dan Sawi hijau

Menggabungkan jamur tiram dengan daun caesim atau sawi hijau dengan cara dioseng oseng , bumbu yang disarankan adalah bawang putih, bawang merah, garam, minyak zaitun dan beberapa irisan cabe dan wortel sesuai keinginan. Menu sederhana ini cukup diminati anak, karena memiliki cita rasa yang gurih dan lezat. Jamur tiram itu memiliki struktur yang kenyal jika dikunyah seperti rasa daging ayam pada umumnya.

  • Dapat dibuat menjadi dadar jamur tiram

Ketika membuat dadar telur sebaiknya masukan ptongan potongan kecil dari jamur tiram yang sebelumnya sudah dikukus. telur dadar akan semakin terasa lezat dan lebih menggoda anak anak untuk rajin menyantapnya. Berikan makanan ini pada untuk maka siangnya di sekolah.

  • Sebagai pelengkap sayur kembang pepaya

Bagi yang suka dengan tumisan sayur kembang pepaya, dapat dicampurkan dengan potongan kecil dari jamur tiram sesuai dengan selera, rasakan bahwa cita rasa rasanya akan semakin nikmat. Agar lebih enak masukkan jamur tiram dengan jumlah yang agak banyak daripada kembang pepaya agar rasa pahitnya menjada netral dan berkurang.

Jamur tiram sudah diperbolehkan dikonsumsi balita pada usia berapa?

Pada balita yang berusia 3 sampai 5 tahun sudah diperbolehkan untuk menyantap jamur tiram. Kemudian diolah dengan perebusan atau pengukusan yang membutuhkan waktu sedikit lebih lama agar jamur menjadi lebih lunak dan dapat dikunyah oleh balita tanpa menimbulkan masalah pada pencernaannya.

Pada balita yang baru pertama kali diberi jamur tiram sebaiknya buatlah bubur yang dicampur dengan jamur tiram yang sebelumnya sudah dikukus. Semakin lama pencernaannya akan dapat menyesuaikan pada nutrisi yang terdapat pada jamur tersebut. pada akhirnya balita akan mulai menyukai jamur tiram tanpa harus dipaksa untuk menyantapnya. Protein tingginya sudah cukup untuk pemenuhan kebutuhan gizi satu harinya.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 26th, February 2016 / 08:37 Oleh :
Kategori : Makanan