20 Manfaat Abon Ayam untuk Kesehatan

Abon adalah makanan olahan dengan bahan dasar berupa daging yang diiris, dipotong, atau disuwir tipis kemudian dicampur dengan berbagai bumbu dan digoreng sampai benar-benar kering. Hal ini menjadikan abon terasa gurih dan enak serta tahan lama tanpa perlu dimasukkan ke dalam frozen atau pembeku makanan. Pada dasarnya semua jenis daging bisa dibuat menjadi abon namun ada beberapa jenis daging yang umum dan sering diolah menjadi abon seperti daging sapi, ikan lele, ikan tuna, ikan patin, dan daging ayam. Daging ayam merupakan salah satu bahan favorit dalam pembuatan abon karena rasanya banyak disukai dan kaya akan protein yang sangat baik bagi kesehatan.

Mengonsumsi abon ayam memberikan banyak manfaat bagi tubuh. Hal ini didukung oleh kandungan gizi yang sangat baik pada daging ayam diantaraya protein hewani, mineral seperti fosfor, kalsium, magnesium, natrium, selenium, dan kalium, serta berbagai vitamin seperti vitamin D, C, K, E, A, riboplavin, niacin, dan folat. Berikut beberapa manfaat yang bisa diperoleh dari mengonsumsi abon ayam:

  1. Sebagai sumber makanan yang irit dan praktis Dengan pengemasan yang baik abon ayam dapat menjadi pilihan makanan siap saji yang murah, enak, mudah, dan dapat dibawa kemana saja. Cocok sekali bagi orang yang sibuk, anak kos, pendaki gunung, atau dalam perjalanan.
  2. Kaya protein hewani Dengan bahan dasar berupa daging ayam sudah tentu mengonsumsi abon ayam dapat menambah dan meningkatkan asupan protein hewani ke dalam tubuh. Dimana protein dikenal sangat baik untuk pertumbuhan dan perkembangan tubuh. (Baca juga: manfaat protein – manfaat rebung)
  3. Sumber makanan yang tahan lama Dengan sifatnya yang tahan lama tanpa perlu dimasukkan ke dalam frozen menjadikan abon ayam sebagai salah satu pilihan makanan yang selalu tersedia di dapur sebagai persiapan ketika keadaan darurat seperti ketika kehabisan persediaan makanan.
  4. Sumber energi Meskipun bentuknya seperti camilan namun abon ayam ternyata memiliki kandungan kalori yang tinggi sehingga bisa menjadi sumber energi bagi tubuh. Seperti makan abon saat sarapan bermanfaat untuk memasok energi yang cukup bagi tubuh untuk beraktivitas hingga siang hari. (Baca juga: manfaat lemak – 8 manfaat matahari bagi kehidupan manusia)
  5. Membuat perut terasa kenyang lebih lama Selain kandungan protein pada abon juga terdapat kandungan lemak yang berasal dari daging dan minyak yang digunakan untuk menggoreng sehingga dapat mengatasi rasa lapar dan membuat perut terasa kenyang lebih lama. (Baca juga: manfaat buah yuzu)
  6. Meningkatkan peredaran darah Kandungan lain pada daging ayam adalah zat besi yang terkenal kaya manfaat diantaranya untuk meningkatkan peredaran darah sehingga aliran darah menjadi lancar dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit. (Baca juga: manfaat badan diurut)
  7. Meningkatkan produksi sel darah merah Kandungan zat besi pada abon juga dapat membantu meningkatkan produksi sel darah merah. Dimana sel darah merah sangat diperlukan oleh tubuh diantaranya untuk membawa oksigen ke seluruh tubuh, memelihara sistem imun,, mengatur suhu tubuh, serta membawa karbondioksida ke tempat pembuangan. (Baca juga: manfaat buncis)
  8. Mencegah anemia Dengan produksi sel darah merah yang baik dan lancar akan mencegah kita terkena penyakit anemia. Yaitu penyakit berupa kurangnya kadar sel darah merah dalam darah yang ditunjukkan dengan gejala seperti lesu, sakit kepala, dan pusing. (Baca juga: manfaat kurma untuk anemia)
  9. Mencegah infeksi luka Kadar sel darah merah yang cukup dalam darah juga dapat melindungi tubuh dari infeksi luka. Sehingga ketika tubuh mengalami luka-luka kecil seperti terkena sayatan pisau atau benda tajam lainnya luka dapat tertutup lebih cepat dan terhindar dari infeksi. (Baca juga: manfaat rivanol)
  10. Baik untuk kesehatan tulang Mengonsumsi abon ayam juga sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang. Dengan kandungan kalsium, fosfor, dan vitamin D yang dimilikinya dapat membantu perkembangan tulang, memelihara struktur tulang, dan memelihara kepadatan tulang sehingga terhindar dari osteoporosis atau pengeroposan tulang. (Baca juga: manfaat buah naga)
  11. Meningkatkan daya tahan tubuh Daya tahan tubuh yang baik sangat diperlukan untuk melindungi tubuh dari berbagai macam serangan penyakit. Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk meningkatkan daya tahan tubuh adalah selenium yang juga terkandung dalam abon ayam. (Baca juga: manfaat madu)
  12. Meningkatkan konsentrasi Peredaran darah yang lancar ke seluruh tubuh termasuk ke otak menyebabkan asupan oksigen yang dibutuhkan otak terpenuhi dengan baik sehingga mengonsumsi abon ayam dapat membantu meningkatkan konsentrasi. (Baca juga: manfaat sarapan pagi)
  13. Baik untuk kesehatan jantung Selain itu dengan lancarnya peredaran darah menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras dalam memompa darah sehingga kesehatan jantung tetap terjaga. Ditambah lagi juga membantu menghindarkan jantung dari penyakit-penyakit seperti gagal jantung dan jantung koroner. (Baca juga: 9 manfaat pisang bagi kesehatan dan pengobatan penyakit)
  14. Membantu tubuh dalam memproduksi hormon Produksi hormon yang lancar dan seimbang sangat diperlukan agar berbagai fungsi tubuh dapat berjalan dengan baik. Salah satu nutrisi yang diperlukan untuk produksi hormon adalah protein seperti yang terkandung dalam abon ayam. (Baca juga: manfaat jambu biji)
  15. Baik untuk kesehatan dan perkembangan otot Protein yang terdapat pada abom ayam juga bermanfaat untuk kesehatan dan perkembangan otot seperti meningkatkan massa otot. (Baca juga: manfaat buah nektarin)
  16. Mencegah penumpukan kadar kolesterol dalam darah Mengonsumsi daging ayam yang merupakan bahan dasar dari abon ayam lebih dianjurkan daripada mengonsumsi daging merah seperti daging sapi dan daging babi untuk mencegah menumpuknya kadar kolesterol dalam darah. Ini disebabkan kandungan kolesterol dan lemak jenuh pada daging ayam lebih rendah daripada daging merah. (Baca juga: manfaat daun kelor untuk kolesterol)
  17. Meningkatkan nafsu makan Rasa abon ayam yang gurih dan nikmat juga sangat baik untuk meningkatkan nafsu makan. Rasa daging ayam yang dicampur dengan berbagai bumbu dapat menggugah selera makan. (Baca juga: manfaat kunyit)
  18. Menghilangkan stres Stres dapat terjadi pada siapa saja dan disebabkan oleh berbagai faktor seperti beban pekerjaan atau masalah pribadi. Untuk mengatasinya salah satunya dengan mengonsumsi abon ayam yang dipercaya dapat menghilangkan stres. (Baca juga: 18 manfaat tertawa bagi kesehatan)
  19. Membantu mengontrol berat badan Kandungan lemak yang tidak terlalu tinggi pada abon ayam sangat baik dalam menjaga berat badan sehingga dapat menjadi pilihan bagi anda yang sedang menjalani diet. (Baca juga: manfaat beras merah)
  20. Baik untuk regenerasi sel-sel tubuh Konsumsi abon yang mengandung daging ayam juga sangat baik untuk meregenerasi sel-sel tubuh. Hal ini dipengaruhi oleh kandungan 9 asam amino pada daging ayam yang sangat berperan untuk mengganti sel-sel yang telah rusak atau mati dan menumbuhkan sel-sel baru. (Baca juga: manfaat komatsuna merah)

Abon ayam ternyata tidak hanya nikmat dan gurih akan tetapi juga kaya manfaat bagi kesehatan. Namun untuk mendapatkan semua manfaat tersebut harus tetap diperhatikan kualitas daging ayam yang dijadikan abon. Sebaiknya pilihlah daging ayam yang berkualitas baik dan hindari bagian daging ayam yang kurang baik dikonsumsi seperti leher ayam, kulit ayam, dan pantat ayam.

, ,
Post Date: Sunday 07th, May 2017 / 13:32 Oleh :
Kategori : Makanan