17 Manfaat Ubi Talas yang Belum Diketahui

Umbi talas merupakan salah satu bahan pangan yang banyak digemari oleh masyarakat indonesia berbeda jika anda melihat manfaat ubi madu untuk ibu hamil, secara ilmiah umbi talas memiliki nama ilmiah Colocasia esculenta L. berbeda dengan jenis ubi lainnya, ubi talas merupakan salah satu tumbuhan berdaun yang berasal dari Asia Tenggara. Pada dasarnya ubi talas biasa disebut bongol atau umbi bongol yang tumbuh di bawah tanah. Adapun ciri dari tumbuhan talas, tumbuhan talas memiliki tinggi sekitar 0,4m hingga 1,5m. Daun tumbuhan talas berbeda dengan jenis tumbuhan lain, daunt alas cenderung lebar dan besar dengan tangkai berwarna hijau dan bergaris- garis hijau tua hingga keunguan.

Adapun bunga talas terletak di dalam tongkol ketiak daun dengan tangkai sepanjang 15cm hingga 60cm. Selain dimanfaatkan umbinya, talas jugdapat dimanfaatkan sebagai bahan sayur terutama bagian lompong atau batang daunnya. Dan bagi anda yang suka dengan talas, ternyata talas memiliki banyak sekali nutrisi yang baik untuk tubuh anda. Selain karena karbohidrat yang tinggi adapun berbagai macam nutrisi pada talas, sehingga talas sering dijadikan sebagai bahan pengganti makanan pokok seperti nasi. Bagi anda yang penasaran dengan kandungan nutrisi apa saja pada talas, berikut rinciannya.

Kandungan Nutrisi Ubi Talas

  • Polifenol
  • Villose
  • Saponin
  • Serat
  • Karbohidrat
  • Kalium
  • Zat besi
  • Vitamin A dan C
  • Kalsium
  • Fosfor

Banyaknya kandungan ubi talas di atas membuat ubi yang satu ini semakin banyak digemari orang. Untuk rasa dari ubi talas sendiri sangat unik dan berbeda dengan jenis ubi lainnya berbeda jika anda melihat manfaat ubi kuning untuk kecantikan, rasanya cenderung hambar dan sedikit gurih. Walau begitu, masih banyak sekali orang memanfaatkannya sebagai bahan pangan dan menjadikannya sebagai bahan dasar dari berbagai macam menu jajanan tradisional. Adapun salah satu jajanan tradisional yang terbuat dari ubi talas dan hingga kini masih banyak sekali penggemarnya. Yaitu keripik talas, bentuknya seperti stick namun lebih pendek dengan rasa asin dan gurih. Namun seiring berjalannya waktu, jajanan keripik talas tidak hanya memiliki rasa asin dan gurih saja. Ada inovasi mengenai rasa keripik talas, dapat anda jumpai di pasaran keripik talas berbagai macam rasa seperti manis, manis pedas, keju, mayones, pedas asin, BBQ, dan masih banyak lagi. Selain itu terkait dengan banyaknya nutrisi yang ada, ubi talas juga sangat bermanfaat untuk kesehatan serta kecantikan.

Manfaat Ubi Talas

  1. Mencegah Kanker

Ubi talas juga memiliki kandungan antioksidan yang sangat baik untuk mencegah kanker, terutama kanker serfiks, kanker usus besar, dan kanker payudara.

  1. Menyembuhkan Diabetes

Bagi anda yang memiliki riwayat diabetes berbeda dengan manfaat ubi jalar putih, anda dapat menyembuhkan dan mengatasinya dengan mengkonsumsi ubi talas secara teratur.

  1. Menjaga Kesehatan Mata

Memiliki kandungan vitamin A tentunya ubi talas sangat bermanfaat bagi anda yang ingin menjaga kesehatan mata anda.


  1. Meningkatkan Sistem Imun

Jika anda mengkonsumsi ubi talas secara berkala, anda dapat meningkatkan sistem imun tubuh sehingga anda tidak mudah terserang berbagai macam penyakit.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit

Kandungan nutrisi yang ada pada ubi talas sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit anda, selain itu juga mampu menutrisi kulit anda dengan baik.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Ubi talas sangat bagus bagi anda yang ingin memiliki jantung sehat dan kuat agar tidak mudah terkena gangguan ataupun penyakit.

  1. Mengatasi Anemia

Kandungan zat besi yang ada pada ubi talas sangat baik bagi anda yang sering mengalami anemia berbeda jika anda melihat manfaat ubi alabio, selain dapat mengatasi anemia ubi talas juga sangat baik untuk mencegah terjadinya gejala anemia.

  1. Mengatasi Lelah

Selain mengatasi anemia, ubi talas juga dapat mengatasi lelah karena kandungan kalori dan karbohidrat yang baik.

  1. Menghambat Penuaan Dini

Dengan mengkonsumsi ubi talas secara berkala, kandungan nutrisinya membantu proses regenerasi sel tubuh dan kulit lebih cepat sehingga mampu menghambat penuaan dini.

  1. Melancarkan Pencernaan

Kandungan serat pada ubi talas sangat baik bagi anda yang sering mengalami susah BAB ataupun sembelit, sehingga pencernaan anda akan lebih lancar.

  1. Mengatasi Masalah pada Usus

Tidak hanya melancarkan pencernaan saja, ubi talas juga mampu mengatasi masalah pada usus terutama usus halus.

  1. Mengatasi Nyeri Otot dan Sendi

Ubi talas juga mampu mengatasi nyeri otot dan sendi yang sering anda alami.

  1. Mengatasi Diare

Kandungan nutrisi pada ubi talas juga mampu mengobati dan mengatasi diare yang anda alami.

  1. Mengatasi Kulit Kering

Ubi talas juga dapat mengatasi kulit kering dan pecah- pecah.

  1. Mencerahkan Kulit

Bagi anda yang ingin memiliki kulit cerah dan berkilau, anda bisa mengkonsumsi ubi talas secara rutin.

  1. Melembutkan Kulit

Memiliki kulit lembut dan sehat merupakan salah satu pendukung cantiknya penampilan anda berbeda dengan manfaat temulawak untuk maag, untuk mewujudkannya anda bisa mewujudkannya dengan mengkonsumsi ubi talas.

  1. Mengencangkan Kulit

Tidak hanya tampil awet muda, bagi anda yang memiliki kulit sedikit bergelambir dapat mengatasinya dengan mengkonsumsi ubi talas secara teratur agar kulit anda lebih kencang.

Itulah manfaat terpenting dari ubi talas yang dapat kami sampaikan, semoga informasi di atas dapat bermanfaat dan menambah wawasan anda.

 

 

 

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.