Sponsors Link

13 Manfaat ikan Betutu Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Ikan BetutuManfaat ikan betutu masih awam di telinga masyarakat hal itu dikarenakan tidak semua daerah bisa menjumpai ikan tersebut. Ikan tersebut hanya bisa di jumpai di perairan tertentu, tidak hanya itu saja populasinya pun dari waktu ke waktu semakin menurun. Hal itu dikarenakan ikan betutu tersebut tidak bisa dikembangbiakkan seperti ikan yang lainnya. Jikalau diternakkan, tekniknya sangat sulit.

ads

Tidak jarang hanya beberapa benih saja yang bisa bertahan hidup sampai besar. Alasan lainnya adalah karena banyak diburu oleh pemancing dan banyak diburu menggunakan bahan-bahan kimia. Ikan ini banyak diburu karena memiliki banyak khasiat, tak heran jika anda menemukannya di pasar tradisional harganya sudah selangit. Selain harganya yang selangit, penggemar ikan ini sangat banyak. Tidak hanya di dalam negeri namun juga untuk di ekspor ke luar negeri.

Ikan Betutu

Banyak orang yang hanya mengenal jenis dan bentuk ikan betutu tanpa tahu mereka lebih jauh. Sebelum membahas manfaat ikan betutu, ada baiknya kita mengenal ikan ini lebih jauh agar pengetahuan akan ikan ini menjadi lebih luas dan meningkat. Berikut ini hal-hal yang berkaitan dengan ikan betutu :

  • Ikan betutu memiliki nama latin Oxyeleotris marmorata, ikan betutu tersebut adalah ikan dengan jenis air tawar.
  • Ikan betutu memiliki pola-pola di dalam tubuhnya. Pola tersebut warnanya akan meyerupai dengan batu pualam yang memiliki warna kemerahan.
  • Kebanyakan ikan ini berukuran sedang dan banyak ditemukan di kawasan Asia Tenggara.
  • Ikan ini dijuluki ikan yang malas, karena sulit sekali diusir untuk berpindah tempat. Jika di usir, ikan ini akan tetap berada di tempatnya semula. Oleh sebab itulah ikan ini disebut sebagai ikan malas.
  • Betutu termasuk dalam hewan nocturnal, dia akan aktif saat di malam hari. Makanannya adalah udang, siput air dan juga kepiting.

Agar tidak salah dengan ikan lain, ada baiknya kita tahu apa saja yang menjadi ciri khas dari ikan betutu ini. Berikut ini adalah ciri-ciri ikan betutu yang harus dikenali :

  1. Ikan betutu memiliki tubuh kecil dan kepalanya besar.
  2. Ukuran tubuh paling maksimal adalah 65 cm. Namun ukuran ikan betutu yang paling banyak dijumpai berukuran 20 sampai dengan 40 cm.
  3. Warna mata ikan ini adalah merah bata yang memudar, bisa cokelat dan juga hitam.
  4. Memiliki pola-pola gelap di bagian tubuhnya.
  5. Ekor ikan ini tidak ada bercak-bercak bulat.
  6. Memiliki sirip dorsal di bagian punggung bahkan disertai dengan duri.


Manfaat yang banyak dari ikan ini tidak terlepas dari kandungan gizi yang dimiliki oleh ikan ini. Ikan betutu memiliki banyak sekali kandungan gizi yang bermanfaat bagi tubuh. Berikut ini berbagai macam kandungan gizi yang ada di dalam daging ikan betutu :

  1. Vitamin B1.
  2. Vitamin B2.
  3. Vitamin B6.
  4. Vitamin E.
  5. Vitamin F.
  6. Albumin.
  7. Enzim dan hormon.


Manfaat Ikan Betutu

Betutu memiliki manfaat yang tidak sedikit, tidak heran jika ikan betutu banyak dicari dan diburu untuk dikonsumsi. Rasa ikan betutu yang gurih dan lembut membuat ikan ini banyak digemari oleh masyarakat. Selain rasanya enak dan memanjakan lidah, mengkonsumsi ikan betutu akan mendapatkan berbagai manfaat. Berikut ini berbagai macam manfaat yang didapatkan dari memakan ikan betutu :

  1. Menghaluskan Kulit

Jika wanita mengkonsumsi ikan betutu minimal 100 gram setiap harinya bisa membuat kulitnya halus. Hal itu dikarenakan ikan betutu kaya akan vitamin E. Vitamin E dipercaya sebagai vitamin yang bermanfaat untuk kesehatan dan juga kecantikan kulit.

  1. Membuat Awet Muda

Selain menghaluskan kulit, khasiat ikan betutu yang banyak mengandung vitamin E tersebut bisa membuat wanita menjadi awet muda. Karena vitamin E di ikan betutu bisa meremajakan kulit, membuang sel-sel kulit mati di permukaan wajah. Jika wajah terhindar dari semua itu, wajah pun akan kelihatan lebih awet muda. Vitamin E dalam ikan betutu juga bisa menghilangkan kerutan-kerutan di wajah.

  1. Meningkatkan Vitalitas

Bagi pria, mengkonsumsi ikan betutu ini memiliki manfaat untuk meningkatkan vitalitas. Hal itu dikarenakan di dalam ikan betutu tersebut banyak mengandung enzim dan hormon yang membantu meningkatkan vitalitas bagi pria. Hal itu dikarenakan dalam enzim dan hormon yang dimiliki oleh ikan betutu bisa merangsang hormon libido meningkat. Banyak pria yang marasa libidonya meningkat setelah memakan ikan ini.

  1. Penyembuhan Pasca Operasi

Salah satu manfaat ikan betutu adalah digunakan untuk penyembuhan pasca operasi.


Baik untuk penyembuhan pasca operasi

  1. Jahitan Cepat Kering

Kandungan albumin di dalam ikan betutu bermanfaat untuk membuat jahitan pasca operasi menjadi cepat kering. Hal itu dikarenakan albumin bisa mempercepat panyatuan jaringan kulit di dalam tubuh. Luka bekas jahitan operasi pun perlahan-lahan akan mudah kering. Jahitan operasi yang tidak cepat kering biasanya akan berair dan menimbulkan infeksi. Oleh sebab itulah pasien pasca operasi diwajibkan untuk mengkonsumsi ikan ini.


Baik untuk jahitan cepat kering

  1. Menyembuhkan Nyeri

Kandungan albumin di dalam ikan betutu bisa menyembuhkan nyeri pasca operasi. Rasa nyeri itu bisa ditimbulkan dari jahitan pasca operasi. Mengkonsumsi ikan betutu bisa menghilangkan dan meredakan nyeri pada pasien pasca operasi.

  1. Mengobati Patah Tulang

Pengobatan pasien patah tulang menggunakan ikan betutu adalah cara yang tepat. Hal itu dikarenakan di dalam ikan betutu memiliki kadar albumin yang tinggi. Kadar albumin tinggi itu bermanfaat dalam pemulihan sel-sel tubuh yang rusak dan juga terbelah. Pasien patah tulang, akan memiliki sel yang terbelah. Untuk memperbaiki dan memulihkan sel tubuh yang telah terbelah tadi bisa menggunakan albumin yang ada di dalam ikan betutu.

  1. Meningkatkan Kadar Albumin Di Dalam Tubuh

Albumin adalah protein yang diproduksi oleh hati, kekurangan albumin bisa membuat seseorang mudah terkena infeksi hepatitis. Bagi orang yang memiliki kadar albumin rendah, sangat dikhawatirkan bisa terinfeksi dengan berbagai macam penyakit hati misalnya saja liver, hepatitis bahkan sirosis hati. Mengkonsumsi albumin di dalam ikan betutu dipercaya bisa menigkatkan kadar albumin di dalam tubuh seseorang.

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Manfaat albumin yang lainnya adalah untuk meningkatkan sistem imun. Jika sistem imu meningkat, tubuh akan kebal terhadap berbagai macam penyakit yang masuk ke dalam tubuh.

  1. Penyembuhan Luka Bakar

Saat terjadi luka bakar, ada sejumlah sel yang rusak karena terbakar. Kandungan albumin yang ada dalam ikan betutu bisa memulihkan sel yang rusak akibat luka bakar. Jika sel rusak itu bisa dipulihkan maka penyembuhan luka bakar pun akan semakin cepat berkat kandungan albumin tersebut.

  1. Mengobati Penyakit Hepatitis

Salah satu khasiat albumin untuk kesehatan adalah untuk mengobati penyaki hepatitis. Hepatitis bisa disebabkan oleh hati tidak bisa memproduksi albumin yang bermanfaat untuk kesehatan hati. Oleh sebab itulah mengkonsumsi daging betutu bisa bermanfaat untuk memperabiki kinerja hati dalam memproduksi albumin. Jika albumin bisa diproduksi kembali, hepatitis pun bisa disembuhkan.

  1. Mengobati Gangguan Sintetis Albumin

Penyakit tersebut sedikit asing di telinga dikarenakan sedikit sekali orang yang mengidap penyakit tersebut. Penyakit itu akan membuat sistem imun penderitanya rendah sehingga penderita akan mudah terkena berbagai macam penyakit. Mengkonsumsi ikan betutu secara rutin dipercaya bisa mengobati penyakit tersebut.

  1. Mengobati Autis

Berbagai vitamin yang ada pada daging ikan betutu dipercaya sebagai terapi untuk anak autis. Oleh sebab itulah mengkonsumsi daging ikan betutu pada anak autis bisa menyebabkan anak yang menderita autis lebih peka dan lebih berkembang dibandingkan kondisi sebelumnya.

Manfaat ikan betutu bagi kesehatan memang cukup banyak, seperti jenis ikan lainnya, ikan betutu juga dapat mengurangi risiko terkena penyakit berbahaya seperti jantung dan stroke.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Tuesday 12th, May 2015 / 07:05 Oleh :
Kategori : Daging