10 Manfaat Daging Lindung Bagi Tubuh

Tahukah anda hewan lindung? Ya, lindung atau yang lebih umum dikenal dengan nama belut, adalah sekelompok ikan yang bentuknya menyerupai ular. Hewan ini bersifat pantropis atau dapat ditemukan di semua tempat beriklim tropis. Jika dilihat sekilas, hewan ini mirip dengan ikan sidat dan tidak jarang tertukar apabila tidak melihat dengan seksama.

manfaat daging lindungPerbedaan Lindung dan Ikan sidat

Perbedaan yang jelas pada belut (lindung), dengan ikan sidat terdapat pada siripnya. Lindung sama sekali tidak memiliki sirip kecuali sirip ekor yang sedikit tereduksi, sedangkan ikan sidat masih memiliki sirip yang cukup jelas. Semua belut adalah pemangsa, mereka memangsa ikan, katak, dan udang-udangan kecil.

Seringkali orang merasa geli hingga jijik ketika harus memegang langsung hewan ini dengan tekstur fisik yang berlendir. Padahal lendir lindung dikeluarkan ketika ia merasa terancam atau merasa sedang dalam bahaya. Meskipun tampak menggelikan, tahukah anda manfaat yang dikandung si ikan tak bersirip ini? Mari kita lihat apa saja manfaat daging lindung ini :

1. Penambah Stamina

Jika kita lihat pada kandungan nilai gizinya, lindung adalah hewan yang mempunyai nilai kalori yang tinggi, yaitu 303 kkal / 100 gram dagingnya. Nilai ini jauh lebih tinggi apabila kita bandingkan dengan nilai kalori pada manfaat telur yang bernilai 162 kkal / 100 gram (tanpa kulit) dan daging sapi yang mempunyai nilai kalori 207 kkal / 100 gram daging. Karena tingginya nilai kalori yang dimiliki ikan tak bersirip ini maka daging belut ini sangat baik digunakan sebagai pasokan energi pada tubuh kita yang akan memberikan kita tambahan stamina yang baik juga bagi tubuh kita.

2. Sumber Protein

Selain nilai kalori nya yang tinggi, daging lindung juga memiliki nilai protein yang hampir setara dengan manfaat daging sapi. Nilai protein yang dimiliki daging lindung ialah 18,4g / 100 gram daging, sedangkan daging sapi memiliki 18,8g / 100 gram daging. Akan tetapi nilai ini lebih tinggi daripada nilai protein yang dimiliki telur yakni sebesar 12,8g / 100 gram.

Sama seperti jenis ikan lainnya, nilai cerna protein pada lindung juga sangat tinggi sehingga sangat sesuai untuk sumber protein bagi semua kelompok usia, dimulai dari bayi hingga usia lanjut. Selain itu, asam amino pada protein yang dimiliki lindung juga memiliki kualitas yang baik, seperti :

  • leusin
  • asam aspartat
  • asam glutamat

Seperti yang kita tahu, leusin merupakan asam amino esensial yang diperlukan untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa.

3. Mengoptimalkan Pertumbuhan Tulang

Lindung kaya akan fosfor dengan nilai, 2 kali lipat dari yang dimiliki telur. Fosfor adalah elemen penting pada pembentukan massa tulang, tanpa posfor kalsium tak akan dapat membentuk massa tulang. Fosfor juga berfungsi sebagai pemberi energi pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi, serta untuk penyerapan dan pemakaian kalsium.

Fosfor ini juga sangat dibutuhkan oleh ibu hamil karena baik bagi pembentukan tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu, ini yang menjadi salah satu penyebab tulang keropos pada ibu hamil. Maka dengan asupan fosfor yang melimpah dari lindung, akan menjadi asupan yang baik bagi tulang kita.

4. Mencegah Anemia dan Meningkatkan

Kekuarangan zat besi adalah salah satu penyebab anemia. Tapi dengan kandungan zat besi pada manfaat daging lindung, dapat mengatasinya. Daging lindung emiliki kandungan zat besi yang cukup tinggi yaitu 20mg / 100 gram daging. Nilai ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan zat besi yang terdapat pada telur dan daging yaitu sekitar 2,8mg /100 gram.

Selain itu, zat besi juga berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi untuk membawa oksigen ke seluruh jaringan tubuh. Oksigen tersebut selanjutnya berfungsi untuk mengoksidasi lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi untuk aktivitas tubuh kita.

5. Menghambat Pertumbuhan Sel-sel Kanker Payudara dan Memelihara Kesehatan Otot

Kandungan arginin pada lindung cukup baik. Uji laboratorium menunjukkan bahwa Arginin (asam amino nonesensial) berfungsi untuk menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara. Selain itu arginin ini mempengaruhi hormon pertumbuhan manusia yang dikenal dengan sebutan Human Growth Hormone (HGH). HGH ini dapat membantu meningkatkan kesehatan otot kita.

6. Pemelihara Sel Epitel dan Kesehatan Mata

Kandungan manfaat vitamin A pada lindung mencapai 1.600 SI / 100 gram. Vitamin A ini baik untuk digunakan sebagai pemelihara sel epitel. Sel epitel adalah sel-sel yang memberikan lapisan pelindung organ, baik itu organ internal maupun eksternal. Di samping itu, vitamin A juga sangat diperlukan oleh tubuh karena peranannya yang sangat besar dalam pertumbuhan dan penglihatan.

7. Memelihara Metabolisme Tubuh

Selain kaya akan vitamin A, lindung juga kaya akan manfaat vitamin B. Vitamin B ini ini membantu enzim sehingga enzim dapat berfungsi normal dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B juga sangat penting bagi otak agar otak dapat berfungsi secara normal. Fungsi lain dari vitamin B adalah untuk membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.

8. Menurunkan Resiko Penyakit Jantung

Seperti halnya pada jenis manfaat ikan lainnya, lindung juga mengandung asam lemak omega 3 yang berkhasiat untuk tubuh kita. Kadar omega 3 pada lemak ikan termasuk belut, sangat bervariasi tergantung kepada jenis, usia ikan, ketersediaan makanan, dan daerah penangkapan. Berdasarkan hasil penelitian, diketahui bahwa bagian tubuh ikan memiliki lemak dengan komposisi omega 3 yang berbeda-beda. Kadar omega 3 terbagi pada beberapa bagian bagian :

  • kepala sekitar 12 persen
  • dada 28 persen
  • daging permukaan 31,2 persen
  • isi rongga perut 42,1 persen (berdasarkan berat kering ikan).

Manfaat omega 3 pada daging lindung ini diantaranya adalah menurunkan resiko penyakit jantung karena asam lemak omega 3 membuat organ arterial menjadi lebih elastis.


[/accordion]

9. Menurunkan Resiko Diabetes Tipe 2

Manfaat daging lindung pun ternyata dapat menurunkan resiko terkena diabetes melitus tipe 2. Tentu saja masih berkat kandungan omega 3 pada daging lindung ini. Kandungan Omega 3 ini mampu untuk menjaga kadar glukosa dalam darah yang tidak terkendali menjadi stabil. Tentu saja penurunan resiko ini juga harus dibarengi dengan pola hidup yang sehat serta asupan makanan lain yang seimbang.

10. Perawatan Kulit

Banyaknya kandungan Vitamin A pada lidung, lindungt pun dipercaya dapat menyehatkan dan merawat kulit, karena kemampuan vitamin A untuk merawat sel epitel yang merupakan komposisi utama pada kulit manusia. Bukan hanya dikonsumsi dalam bentuk daging.

Bahkan saat ini pun marak yang menjual khasiat lindung ini dalam bentuk minyak. Minyak lindung yang berasal dari daging lindung, dikatakan memiliki antioksidan AKGs yang dapat menembus dan masuk ke dalam sel dan menghilangkan racun yang sering kita sebut radikal bebas yang berasal dari lingkungan sekitar. Sehingga kulit akan menjadi lebih sehat dan terbebas dari radikal bebas yang dapat merusak kulit.

Efek Samping Daging Lindung

Begitu banyak manfaat yang dapat kita ambil dari daging belut ini. Akan tetapi sesuatu yang berlebihan tentunya tidak baik, begitu juga dengan daging belut ini. Meskipun kandungan gizinya tinggi, kandungan lemak pada belut pun ternyata cukup tinggi, yaitu mencapai 27g / 100 gram daging belut. Nilai ini lebih tinggi jika bandingkan dengan lemak pada telur yaitu 11,5g / 100 gram telur, dan lemak pada daging sapi yaitu 14g / 100 gram daging.

Tingginya lemak pada belut ini dapat kita hindari dengan cara pengolahannya. Kurangi efek buruknya dengan mengolah belut dengan cara dipanggang atau direbus, bukan digoreng.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Daging