11 Manfaat Platina Bagi Manusia dan Perindustrian

manfaat platinaSering kita mendengar kata platina, namun tahukah anda apakah platina itu?? Logam platina ini termasuk tahan karat dan biasa kita jumpai penggunaannya seperti dalam perhiasan, peralatan emisi mobil, hingga peralatan laboratorium. Bahkan gigi palsu kita(bagi yang memakai gigi palsu) juga mengandung logam platinum. Unsur kimia yang berlambang “Pt” pada tabel periodik ini memiliki nomor atom 78. Platina memiliki massa atom standart sebesar 195.084. Platina termasuk jenis logam transisi yang memiliki sifat fisika dengan fase solid.

Sifat-sifat Platina

Logam platinum ini memiliki warna putih keabu-abuan. Logam platinum bisa ditemukan di dalam biji nikel dan juga manfaat tembaga. Warnanya tergolong cukup indah di pandang, oleh karena itu tidak heran logam ini juga di gunakan sebagai perhiasan.

Logam ini tidak akan teroksidasi di ruang udara pada suhu berapapun. Namun logam ini akan termakan oleh unsur lain seperti halogen, sulfur, sianida, dan basa kaustik. Logam yang memiliki asal kata yang berasal dari bahasa spanyol ini memiliki arti sebuah perak kecil dari sungai pinto.

Sejarah Platina

Logam Platina ini terbentuk secara alami dari pasir aluvial di berbagai sungai. Sejarah pertama kali di temukan di eropa pada tahun 1557. Julius Caesar dalam tulisannya menyebut platina sebagai logam yang tidak terbakar yang dibuat spanyol yang bisa mencairkan.

Penemuan platinum pertama kali pada tahun 1735 oleh Antonio de Ulloa di dataran Amerika Selatan. Namun uniknya platinum diambil dari bahasa Spanyol yang berarti little silver. Logam platinum di temukan selalu beriringan dengan logam-logam lainnya seperti osmium, iridium, rhodium, dan palladium.

Sejak tahun 1750 mulai banyak ilmuan-ilmuan di benua biru untuk meneliti logam platinum tersebut. Sebut saja ilmuan seperti Torbern Bregman, William Lewis, Jons Jakob Berzelius, hingga Pierre Macquer. Puncaknya pada tahun 1752, seorang ilmuan lainnya yang bernama Henrik Scheffer menuliskan diskripsi ilmiah yang lebih detail, mulai dari sinilah ia menyebut platinum sebagai emas putih.

Banyak sekali kegunaan platina bagi kehidupan kita sehari-sehari. Platina cukup penting untuk membantu pekerjaan kita. Berikut manfaat platina yang berpengaruh pada kehidupan manusia.

Pemanfaatan Platina di bidang Kesehatan

Platina sangat bermanfaat di dunia medis dan penelitian sains. Selain dimanfaatkan untuk perhiasan dan bahan peralatan laboratorium, platina ternyata dimanfaatkan pula dalam dunia kedokteran. Platina di gunakan sebagai pembuatan alat-alat medis dan laboratorium. Berikut kegunaan platina di dunia medis :

1. Perawatan Gigi

Dunia kedokteran khususnya dokter gigi memanfaatkan platina sebagai salah satu bahan penanganan masalah gigi pada pasiennya. Para dokter gigi sudah lama menggunakan platina untuk mengatasi masalah gigi. Biasanya platina di gunakan oleh dokter gigi untuk:

  • Menambal gigi yang berlubang atau memiliki celah antar gigi. Namun penggunaan platinum untuk menambal gigi sudah mulai jarang dilakukan.
  • Pengobatan gigi yang terasa nyeri padahal tidak nampak berlubang
  • Platinum di gunakan untuk membuat gigi palsu. Agar pasien lebih percaya diri dan terlihat memiliki gigi yang utuh. Kegunaan untuk gigi palsu ini juga terdapat pada manfaat timah.

2. Pembuatan alat pacu jantung

Selain untuk perawatan gigi, platina juga dimanfaatkan untuk membuat alat pacu jantung. Sifat hypo allergic pada platina membuatnya sangat cocok untuk di gunakan oleh siapa saja. Oleh sebab itulah, logam platinum menjadi satu-satunya logam yang cocok untuk di jadikan alat alat pacu jantung dalam dunia medis.

3. Treatment patah tulang

Platina juga di gunakan sebagai sambungan tulang yang patah. Sifat platina yang anti karat dan strukturnya yang lebih padat daripada emas membuatnya sangat cocok untuk dijadikan sambungan tulang yang patah.

4. Mencegah pertumbuhan sel kanker

Sebelumnya mungkin kita hanya tahu bahwa manfaat buah-buahan dan sayuran sajalah yang mampu menangani penyakit seperti kanker. Namun dunia kedokteran juga memanfaatkan platina sebagai logam untuk proses kemoterapi pasien.  Apakah Anda tahu cisplatin? Yaitu obat yang dibuat menggunakan bahan platina. Obat ini digunakan dalam proses kemoterapi yang memiliki sifat anti kanker, sehingga obat ini sangat baik untuk mencegah pertumbuhan sel ganas seperi kanker.

Sifat anti kanker yang dimiliki cisplatin ini bekerja dengan menempelkan diri pada DNA dari sel kanker. Kemudian mencegah sel kanker tersebut untuk tumbuh. Oleh karena itu platinum sangat penting di dalam dunia kedokteran khsusunya dalam menurunkan resiko penyakit kanker agar tidak semakin parah.

Pemanfaatan di bidang Industri Kimia

Untuk penggunaan platina juga bermanfaat bagi industri tepatnya bagi bidang industri Kimia. Platina sangat penting sebagai katalis utama dari logam mulia yang paling sering digunakan. Penggunaan katalis ini sangat penting dalam proses katalisasi hidrogenasi, oksidasi, dehidrogenasi dan sebagainya.

Katalis dari platina umunya digunakan sebagai katalis pertama untuk membentuk katalis-katalis lainnya. Penggunaan dari manfaat platina di bidang industri kimia kini semakin meluas. Penggunaan lainnya di bidang kimia adalah untuk :

  1. Proses reduksi alkilasi
  2. Hidrogenasi selektif senyawa nitro (tanpa proses dehalogneasi
  3. Membantu proses hidrogenasi karbonil
  4. Mengubah alkohol menjadi formaldehida

         Pemanfaatan kongritnya :

Penggunaan platina dalam proses-proses kimia di dunia industri kimia tersebut, digunakan untuk membuat produk-produk komersil yang di jual di pasaran. Sifat platinum yang mampu membuat hidrogen dan oksigen meledak, digunakan dalam pembuatan alat pemantik rokok. Selain itu, platinum juga digunakan sebagai penghangat tangan.

Pemanfaatan di bidang elektronika

Platinum sering di padu-padankan dengan logam-logam lainnya di bidang elektrinoka. Seperti pemanfaatan platinum dengan logam kobal. Gabungan alloy kobal dan platinum ternayata memiliki sifat magnetis yang sangat tinggi. Alloy Pt dan Co terdiri dari 76,6% berat platinum dan 23,3%-nya berat cobal. Gabungannya menghasilkan daya magnet 2 kali lipat lebih kuat daripada alnico V.

Sifat lainnya yang dimiliki platinum adalah kepadatannya yang cukup kuat. Oleh karena itu tidak heran jika platinum dijadikan sebagai pengganti gigi (gigi palsu) dan sambungan tulang yang patah. Namun untuk bidang elektronika, kekuatan platinum di manfaatkan beserta sifat tahan panas yang dimilikinya. Faktanya platinum memiliki sifat mampu menyerap dan menahan hidrogen dan melepaskannya, yang menjadikan manfaat platina digunakan sebagai logam yang sangat cocok untuk pembuatan :

  1. Sebagai bahan dasar pembuatan tungku listrik yang memiliki suhu tinggi
  2. Di jadikan kerucut misil pesawat luar angkasa
  3. Bahan pembuatan kerucut bensin dari mesin pesawat jet, dan kendaraan lain yang menggunakan mesin dengan suhu tinggi.

Efek Samping Platina

Sejatinya platinum sendiri adalah logam yang tidak berbahaya. Namun platinum pada prosesnya yang akan menjadikannya garam platinum akan cukup berbahaya terhadap kesehata. Bahaya yang bisa ditimbulkan antara lain:

  • Perubahan DNA kanker – Sifat anti kanker yang dimiliki platina yaitu dengan masuk ke dalam tubuh sel kanker dan merusak pertumbuhan sel kanker, oleh karena akan ada resiko perubahan DNA sel kanker di tubuh kita nantinya.
  • Reaksi alergi pada kulit serta selaput lender.
  • Kerusakan pada organ dalam seperti ginjal, usus, dan sumsum tulang kita.
  • Berpotensi terjadi toksisitas bahan kimia selenium di dalam tubuh.

Namun efek pada garam platinum hanya terjadi pada beberapa orang yang memiliki kondisi kimiawai tertentu di dalam tubuhnya. Oleh karena itu, produk-produk kesehatan yang menggunakan kandungan platinum perlu dikonsultasikan penggunaannya kepada dokter dahulu.