Sponsors Link

Manfaat Daun Sirsak untuk Diabetes Miletus

Sponsors Link

Indonesia merupakan salah satu negara yang banyak ditemukan obat herbal. Berbagai jenis obat herbal dari berbagai tumbuhan sudah terbukti mengobati berbagai jenis penyakit. Obat tradisional dari berbagai jenis tanaman ini bisa diramu sendiri atau bisa juga dikonsumsi ekstraknya karena lebih instan dan gampang. Salah satu jenis obat dari tanaman herbal yang cukup terkenal di Indonesia adalah obat herbal dari daun sirsak.

ads

Khasiat akan daun sirsak ini sudah sangat terkenal di Indonesia untuk menyembuhkan beberapa jenis penyakit seperti asam urat, tekanan darah tinggi, dan juga diabetes. Penyakit diabetes merupakan salah satu jenis panyakit yang mampu diatasi dengan ramuan herbal dari daun sirsak ini. lalu apa saja manfaat dari daun sirsak ini untuk penyakit diabetes? Simaklah artikel ini baik-baik ya.

artikel terkait manfaat daun:

Penyakit diabetes

Sebelum membahas mengenai cara mengatasi penyakit diabetes sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu apa itu penyakit diabetes. Anda mungkin sudah tidak asing lagi jika mendengar kata diabetes karena penyakit ini sudah banyak diderita oleh orang Indonesia. jadi penyakit diabetes adalah keadaan dimana terdapat kelebihan kandungan gula atau glukosa dalam darah. Kadar gula dalam darah yang normal dalam tubuh adalah 70 mg/ dl sampai 120 mg/ dl. Jika anda memiliki kadar gula dalam darah melebihi batas normal maka anda berpotensi mengalami penyakit diabetes.

Tubuh membutuhkan gula atau glukosa sebagai energi utama dalam tubuh namun jika keberadaan gula ini terlalu banyak maka bisa tercecer di mana-mana dalam tubuh yang pada akhirnya merusak beberapa fungsi organ tubuh. saat ini penyakit diabetes menjadi penyakit yang dialami oleh 5% penduduk di amerika dan merupakan salah satu penyakit kronis bahkan mematikan.

Untuk mengetahui apakah anda mengalami penyakit diabetes ini cara yang paling mudah adalah dengan mengecek kadar gula darah dengan menggunakan alat khusus yang biasanya dimiliki oleh para ahli medis. Cek lah kadar gula darah anda secara rutin paling tidak 5 tahun sekali untuk memantau keadaan gula darah anda.

artikel terkait diabetes:

Penyakit diabetes sendiri dibedakan menjadi dua jenis yaitu:

  • Diabetes tipe 1

Penyakit diabetes tipe 1 ini dapat dilihat dengan adanya kekurangan hormone insulin. Karena adanya defisiensi hormone insulin ini kemudian akan gagal merespon adanya gula. Insulin merupakan hormone yang menjadi pintu yang mengolah gula menjadi energi dalam tubuh. penderita yang mengalami jenis diabetes tipe 1 ini biasanya akan sangat tergantung pada keberadaan insulin. Biasanya yang mengalami penyakit ini adalah anak-anak.

  • Diabetes tipe 2

Berbeda dengan jenis penyakit diabetes tipe 1, untuk diabetes tipe 2 tidak ada keadaan dimana ketergantungan insulin. Sebagian besar penderita penyakit diabetes ini adalah mereka yang memiliki riwayat keluarga yang mengalami diabetes. Jadi jika anda memiliki keluarga yang memiliki penyakit diabetes sebaiknya untuk waspada hingga sekarang.

  • Diabetes tipe 3

Penyakit diabetes tipe 3 biasanya dialami oleh wanita yang sedang hamil karena adanya perubahan hormone. Biasanya diabetes tipe 3 akan sembuh dengan sendirinya setelah wanita melahirkan.

Penyebab dari penyakit diabetes tersebut bisa berbeda dari satu orang ke orang lainnya. ada yang disebabkan oleh obesitas atau kelebihan berat badan, pola hidup yang tidak sehat, faktor keturunan, kurang olahraga dan adanya kadar gula yang berlebihan dalam darah.

artikel terkait:

Manfaat daun sirsak untuk diabetes

Ternyata bukan hanya buah sirsak saja yang mengandung manfaat bagi kesehatan namun bagian daunnya pun tak kalah manfaatnya bagi kesehatan. Beberapa kandungan nutrisi yang ada di dalam daun sirsak antara lain adalah karbohidrat, serat, vitamin C, lemak, kalsium, kalium, fosfor. Beberapa nutrisi yang ada di dalam daun sirsak tersebut sangatlah bermanfaat untuk penyakit diabetes.

Untuk mendapatkan daun sirsak ini tentu saja tidak susah yak arena pohon sirsak banyak ditemukan di Indonesia. selain itu daun sirsak yang sering dipetik juga tidak akan membuat pohon sirsak menjadi mati atau mengalami gangguan lainnya. pilihlah daun sirsak yang masih agak muda dan tidak terlalu tua karena lebih banyak mengandung vitamin dan nutrisi yang sangat baik bagi tubuh.

Seiring dengan berjalannya waktu teknologi juga semakin berkembang namun pengobatan herbal tetaplah menjadi pilihan yang baik. berikut ini adalah beberapa pemanfaatan daun sirsak untuk mengobati diabetes.

  • Ramuan daun sirsak

Cara membuat ramuan dari daun sirsak ini sangatlah mudah. Yang harus anda siapkan adalah 10 hingga 15 lembar daun sirsak serta sekitar 3 gelas air. Rebuslah daun sirsak tersebut hingga air mendidih dan hingga air menyusut sebanyak 1 gelas. Setelah siap, dinginkan sebentar dan kemudian saring airnya dan minumlah ramuan tersebut sebanyak 3 sampai  4 gelas per harinya. Lakukanlah secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal. Jika anda tidak suka rasanya, anda bisa menambahkan gula jawa, madu atau gula batu serta daun sereh untuk mendapatkan rasa dan aroma yang lebih enak. Tubuh juga akan menjadi lebih hangat dan enak ketika mengonsumsi ramuan ini.

  • Teh daun sirsak

Selain cara yang sudah disebutkan di atas, daun sirsak juga bisa dikonsumsi dalam keadaan kering. Cara yang bisa dilakukan sangatlah mudah yaitu dengan menjemur daun sirsak sampai kering di bawah sinar matahari langsung. Setelah kering benar kemudian anda bisa menyeduhnya dengan menggunakan air panas dan ditambahkan gula jawa atau madu. Penyajiannya sama ketika anda mengonsumsi teh ya. saat meminumnya anda bisa sambil memakan camilan sehat lainnya yang tidak berbahaya bagi penyakit diabetes yang sedang anda derita.

Manfaat dari daun sirsak untuk pengobatan diabetes ini sudah banyak dilakukan oleh orang-orang pada zaman dahulu dan khasiatnya sudah tidak terbantahkan lagi.

artikel terkait manfaat sirsak:

Manfaat Daun Sirsak Untuk Kesehatan

Manfaat daun sirsak bukan hanya untuk mengatasi penyakit diabetes saja namun bisa juga mengatasi beberapa jenis penyakit lainnya. berikut ini adalah beberapa jenis penyakit yang bisa diatasi oleh daun sirsak.

ads
  1. Mengatasi asam urat

Penyakit asam urat adalah keadaan dimana menumpuknya natrium atau asam di dalam persendian dimana asam tersebut berbentuk jarum sehingga akan terasa sangat sakit ketika di rasakan oleh tubuh. penyakit asam urat ini lebih banyak dialami oleh para laki-laki yang sudah lanjut usia namun tidak jarang juga orang yang masih muda akan mengalami penyakit asam urat. Penyakit ini sangat menyiksa bagi para penderitanya. Selain mengonsumsi makanan yang menjadi pantangan penyakit asam urat seperti makanan yang mengandung purin tinggi anda juga bisa menggunakan ramuan dari daun sirsak untuk mengatasi asam urat. Cobalah untuk membuat ramuan herbal dari daun sirsak dan konsumsilah setiap hari secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

artikel terkait: manfaat oatmeal untuk asam uratmanfaat jeruk nipis untuk asam urat

  1. Mencegah kanker

Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang berbahaya dan mematikan. Daun sirsak ini sudah terbukti mampu menjadi salah satu terapi bagi para penderita kanker untuk membunuh sel kanker yang tumbuh tidak normal dalam tubuh. daun sirsak ini juga akan membuat efek tubuh menjadi lebih enak dan hangat sehingga anda akan merasakan rasa yang lebih baik di dalam tubuh.

artikel terkait: solusi kankermanfaat daun belalai gajah

  1. Mencegah tekanan darah tinggi

Tekanan darah tinggi atau hipertensi merupakan keadaan dimana terdapat banyak tekanan darah yang begitu tinggi di dalam pembuluh arteri. Tekanan darah tinggi ini seringkali dianggap menjadi penyakit yang diam-diam membunuh karena tidak menunjukkan gejala yang signifikan dan akan memunculkan gejala saat sudah parah atau bahkan saat sudah terjadi berbagai jenis penyakit lainnya yang lebih serius seperti stroke atau jantung. Untuk membantu menurunkan tekanan darah, bisa anda lakukan dengan menggunakan ramuan dari daun sirsak secara rutin setiap harinya. Dengan ini anda akan merasa lebih baik dan jangan lupa untuk cek tekanan darah anda supaya anda bisa mengontrolnya.

artikel terkait: manfaat obat ranitidinmanfaat buah naga bagi penderita darah tinggi

  1. Obat asma

Penyakit asma dan sesak napas merupakan masalah yang terjadi pada saluran pernafasan. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan karena sangat berbahaya saat kambuh dan bisa menyebabkan terhalangnya oksigen masuk ke tubuh dan membuat hal fatal lainnya yaitu kematian. Cara menggunakan daun sirsak ini untuk mengobati asma adalah dengan rebusan daun sirsak dan semut rang-rang. Minumlah ramuan ini setiap pagi dna sore hari terutama saat asma mulai sering kambuh untuk meredakannya.

artikel terkait: manfaat kebugaran jasmanimanfaat semut jepang untuk asma

  1. Obat bisul

Bisul kerap kali muncul di mana saja dan membuat rasa yang tidak enak di tubuh. oleh karena itu anda harus mengobatinya sesegera mungkin. Caranya sangat mudah yaitu dengan mengambil daun sirsak yang masih muda dan kemudian meremasnya. Remasan daun muda yang masih muda ini kemudian ditempelkan di area bisul dan biarkan selama 15 menit. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali sehari sampai bisul sembuh.

artikel terkait: manfaat barleymanfaat batu es untuk wajah bopeng

Demikian ulasan mengenai manfaat daun sirsak untuk mengatasi penyakit diabetes dan manfaatnya untuk kesehatan lainnya. semoga bermanfaat

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 02nd, June 2016 / 09:51 Oleh :
Kategori : Herbal