10 Manfaat Jahe untuk Wanita Penting Diketahui

Fakta bahwa jahe memiliki manfaat lebih dari sekedar bumbu dapur sudah menjadi rahasia umum. Namun tidak banyak orang tahu manfaat jahe yang banyak tersebut kecuali hanya sekedar untuk menghangatkan badan di hari yang dingin dan lebih sedikit lagi orang yang tahu tentang manfaat jahe untuk wanita.

Manfaat Jahe untuk Kesehatan Wanita

Jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang berasal dari daratan Cina dengan segudang manfaat untuk kesehatan. Ternyata mengkonsumsi air jahe atau wedang jahe secara teratur memiliki banyak sekali manfaatnya terutama untuk wanita.

  1. Membantu Menjaga Berat Badan

Tidak banyak orang tahu bahwa mengkonsumsi air rebusan jahe secara teratur dapat membantu menjaga berat badan agar tetap ideal. Hal ini karena kandungan vitamin dan mineral yang terkandung dalam jahe dapat membantu mengoptimalkan penyerapan nutrisi dan meminimalisir pembentukan lemak dalam sel.

  1. Mengurangi Efek Morning Sickness Ketika Mengandung

Mual-mual saat hamil muda sudah bukan hal yang aneh lagi. Kondisi yang lebih dikenal dengan istilah morning sickness ini mungkin tidak berbahaya tapi dapat menghambat seorang wanita untuk beraktifitas secara normal. Kemampuan jahe mengatasi mual-mual sudah terbukti efektif termasuk jenis mual yang disebabkan oleh kehamilan.

  1. Baik untuk Melancarkan Haid

Jika Anda memiliki masalah mensturasi seperti haid tidak lancar atau terlalu sedikit atau justru terlalu banyak menandakan bahwa Anda memiliki masalah menstruasi. Salah satu manfaat jahe untuk wanit adalah dapat membantu melancarkan haid yang tidak lancar hanya dengan cara mengkonsumsi satu gelas air jahe secara teratur. Jika masalah berlanjut sebaiknya segera konsultasikan ke dokter karena haid yang tidak lancar bisa menjadi tanda-tanda adanya masalah reproduksi atau penyakit berbahaya seperti kista atau kanker rahim.

  1. Mengatasi Masalah Keram Perut Menstruasi

Jahe mengandung gingerol yang merupakan senyawa yang dapat berfungsi sebagai penghilang rasa sakit. Selain itu ginger juga mengandung anti inflamasi telah terbukti efektif dapat mengurangi inflamasi yang dapat menyebabkan keram perut pada saat menstruasi. Namun tentu tingkat keparahan setiap orang berbeda-beda, jika ada indikasi lain yang dapat menyebabkan keram perut dan jahe sama sekali tidak membantu sebaiknya Anda segera menghubungi dokter.

  1. Membantu Melancarkan Sistem Pencernaan

Salah satu masalah yang sering dihadapi oleh wanita adalah masalah pencernaan. Penyebabnya bisa apa aja, apalagi ketika wanita sedang dalam kondisi mengandung. Mengkonsumsi air jahe secara teratur dapat membantu melancarkan sistem pencernaan, mengatasi konstipasi dan susah buang air besar.

  1. Mengatasi Berbagai Macam Masalah Kulit

Kandungan anti inflamasi dan anti oksidan pada jahe ternyata juga dapat mengatasi berbagai macam masalah kulit seperti wajah berjerawat atau kulit kemerahan akibat terkena sinar matahari.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Tidak banyak orang yang tahu bahwa menggunakan masker alami yang terbuat dari buah-buahan seperti timun atau alpukat dan jika ditambah dengan parutan jahe ternyata mampu mencegah terjadinya penuaan dini yang biasanya ditandai dengan munculnya keriput-keriput halus di sekitar area mata atau munculnya bintik-bintik hitam.

  1. Baik untuk Kesehatan Kulit

Menggunakan jahe secara teratur juga baik untuk menjaga kesehatan kulit secara umum. Anda bisa mengkonsumsinya atau menggunakannya sebagai pemakaian luar. Jahe mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan vitamin C selain memastikan nutrisi terserap secara optimal, vitamin C juga mengoptimalkan produksi kolagen yang dapat menjaga elastisitas kulit dan membuat kulit Anda terlihat lebih muda lebih lama.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Ada banyak sekali masalah rambut mulai dari ketombe, rambut rontok dan masih banyak lagi. Hal ini sebenarnya bersumber hanya pada satu yaitu kurang optimalnya Anda menjaga kesehatan kulit kepala. Sebenarnya menjaga kesehatan kulit kepala berbeda dengan menjaga kesehatan rambut karena kulit kepala merupakan bagian dari kulit juga sehingga perawatannya menyerupai perawatan untuk kulit.

  1. Meningkatkan Stamina

Sebagai seorang wanita apalagi seorang ibu yang juga seorang pekerja tentunya memerlukan stamina yang benar-benar luar biasa. Karena selain harus bekerja di luar rumah, sampai di rumahpun masih harus mengurus anak dan suami serta rumah. Air jahe mengandung senyawa aktif yang dapat meningkatkan stamina secara signifikan. Segelas air jahe di pagi hari dapat memberikan suntikan energi agar seorang wanita dapat beraktifitas secara maksimal sepanjang hari.

Selain manfaat jahe untuk wanita ada beberapa catatan penting yang juga harus Anda ingat bahwa jahe merupakan salah satu tanaman herbal yang jika dikonsumsi secara berlebihan juga dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Jika Anda saat ini sedang hamil, mengkonsumsi air rebusan jahe memang direkomendasikan untuk mengurangi efek morning sickness atau mual-mual, selain itu air rebusan jahe juga dapat membantu mengatasi masalah pencernaah yang sering timbul ketika hamil. Namun dosis atau kadarnya harus menjadi perhatian utama karena terlalu banyak juga ternyata juga dapat berakibat fatal bagi kehamilan.

, ,
Oleh :
Kategori : Herbal