3 Manfaat Ketumbar Untuk Maag Yang Penting Untuk Diketahui

Ada banyak jenis permasalahan pada bagian saluran pencernaan yang dapat dirasakan oleh kebanyakan individu. Permasalahan kesehatan tersebut dapat terjadi karena sebab tertentu dan juga pastinya bisa diatasi untuk kembali ke kondisi yang normal tanpa adanya masalah lagi. Diantara beberapa jenis permasalahan kesehatan pada organ pencernaan terutama lambung adalah penyakit maag yang dapat diderita oleh mereka dengan usia muda sampai tua. Seseorang yang pernah merasakan penyakit maag sangat besar kembali akan merasakannya sehingga perlu diatas dan dicegah dengan baik dan benar.

Berbagai upaya dapat dilakukan untuk membantu dalam mencegah agar kondisi maag yang cukup menyiksa tidak datang kembali. Pencegahan maag dilakukan dengan cara mengatur pola makan dan memastikan bahwa kondisi tubuh dalam keadaan yang sehat selalu. Selain kedua hal tersebut, seseorang yang memiliki riwayat penyakit maag dapat mengkonsumsi beberapa ramuan traditional yang menggunakan bahan bahan alami, salah satunya ketumbar. Untuk lebih jelas, berikut ulasan mengenai manfaat ketumbar untuk maag dalam uraian di bawah ini.

Mengenal Ketumbar

Sebelum membahas lebih jauh mengenai manfaat ketumbar untuk maag maka perlu diperhatikan dan dipahami terlebih dahulu mengenai apa itu ketumbar. Ketumbar atau dalam bahasa latinnya disebut sebagai Coriandrum sativum menurut wikipedia merupakan salah satu jenis tumbuhan rempah rempah yang populer sebagai bumbu dalam masakan. Ketumbar dapat dikenali dengan bentuknya yang menyerupai biji lada dengan diameter bijinya 1 – 2 milimeter. Ketumbar dapat diperdagangkan dengan dua bentuk baik biji maupun bubuk halusnya.

Menurut asal usulnya, ketumbar berasal dari benua eropa dan kemudian tersebar ke Amerika maupun Asia. Ketumbar sebagai bumbu masakan dapat menjadikan makanan memiliki aroma yang kuat karena memang biji maupun bubuk ketumbar sendiri aromanya khas dan cukup menyengat . Selain bijinya, ternyata di thailand, daun dari tumbuhan ketumbar yang majemuk tersebut juga dimanfaatkan sebagai taburan dalam berbagai masakan thailand berjenis sup dan salad selain itu juga ada manfaat daun ketumbar untuk kesehatan.

Tidak mudah untuk menemukan ketumbar karena banyak masakan yang bumbunya harus ditambahkan ketumbar kedalamnya agar rasanya pas dan memang di pasarpun banyak yang menjualnya. Tanaman ketumbar sebenarnya dapat dimanfaatkan keseluruhan bagiannya namun sejauh ini daun segar dan bagian bijinya saja yang masih populer digunakan. Ketumbar bukan hanya dijumpai di asia saja namun masakan yang mengandung ketumbar juga ada di benua Eropa maupun Amerika.

Manfaat Ketumbar Untuk Maag

Seperti dalam penjelasan diatas, ketumbar merupakan salah satu jenis rempah yang dimanfaatkan sebagai bumbu dalam masakan. Selain sebagai bumbu, ternyata ketumbar memiliki manfaat lain yang baik bagi kesehatan. Salah satu manfaat tersebut adalah membantu dalam mengatasi kondisi penyakit maag. Berikut ini penjelasan mengenai manfaat ketumbar untuk maag.

  • Memperlancar pencernaan

Manfaat ketumbar pertama yang berhubungan dengan penyakit maag adalah membantu dalam memperlancar pencernaan. Lancarnya pencernaan tentu dapat mengatasi kondisi maag yang terjadi pada lambung hal ini karena adanya kandungan senyawa antioksidan yang dapat dipercaya membantu pergerakan usus dan membantu produksi enzim pencernaan. Pelancar pencernaan lain dapat diperoleh dari manfaat yakult.

  • Mengatasi kembung

Ketumbar juga dipercaya dapat membantu mengatasi kondisi kembung sebagai salah satu akibat munculnya maag pada lambung. Kembung dapat muncul akibat produksi gas yang berlebih di dalam lambung yang disebabkan oleh tingginya asam lambung atau kondisi maag. Dengan konsumsi ramuan ketumbar dapat membantu mengatasi kondisi kembung yang tentunya cukup membuat kondisi kurang nyaman pada penderitanya. Efek positif ini sama dengan manfaat labu siam bagi kesehatan.


  • Membantu mengatasi infeksi

Hal lainnya yang juga menjadikan ketumbar membantu dan bermanfaat dalam mengatasi kondisi maag adalah membantu mengatasi infeksi. Kaitannya infeksi dengan maag adalah ketika terjadi luka pada lambung yang menyebabkan kondisi maag tidak segera teratasi dengan baik dapat menyebabkan terjadinya infeksi pada luka tersebut oleh bakteri Helicobacter pylori. Kandungan di dalam ketumbar memiliki sifat anti bakteri yang membantu dalam mengatasi dan mencegah terjadinya infeksi pada luka maag

Cara Penggunaan Ketumbar Untuk Maag

Untuk dapat membantu dalam mengatasi kondisi maag maka penggunaan ketumbar harus dilakukan dengan benar dan memang belum banyak yang tahu bagaimana menggunakannya. Penggunaan ketumbar untuk maag sebenarnya cukup sederhana yakni hanya dengan mengkonsumsi air rebusan ketumbar baik dalam bentuk biji maupun bubuknya secara rutin setiap harinya. Efek yang diberikan oleh ketumbar sama halnya dengan obat herbal lainnya yakni perlu proses sehingga konsumsinya harus konsisten setiap hari.

Itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat ketumbar untuk maag yang perlu diperhatikan dan menjadi salah satu alternatif pilihan obat traditional. Ketumbar selain dapat membantu dalam mengatasi maag juga memiliki banyak manfaat lain bagi kesehatan diantaranya seperti menjaga kesehatan kulit, membantu dalam mengatasi gejala batuk dan pilek, meringankan nyeri sendi, membantu mengatasi wasir, baik untuk penderita kolesterol maupun diabetes, dan membantu dalam menjaga kesehatan mulut dan gigi seperti manfaat anggur untuk gigi.

, , ,
Oleh :
Kategori : Herbal