23 Manfaat Buah Ranti Untuk Kesehatan Tubuh

Siapa yang telah mengenal buah ranti? Buah yang juga dikenal dengan sebutan leunca ini biasanya bagi orang sunda digunakan sebagai sayuran. Maka tak heran, apabila tidak banyak orang yang tahu mengenai buah ini. Namun siapa sangka, buah yang tidak terkenal ini justru memiliki khasiat yang cukup menarik. Untuk lebih jelasnya, artikel berikut ini akan membahas mengenai manfaat buah ranti.

artikel terkait:

Sekilas Tentang Ranti

Ranti atau Leunca (Solanum nigrum) merupakan jenis sayuran yang masuk dalam golongan terung-terungan yang berasal dari Asia Barat. Biasanya, ranti dapat tumbuh dengan subur di alam terbuka seperti sawah, ladang maupun pekarangan.

Tanaman ranti biasanya memiliki tinggi sekitar 30 hingga 175 cm dan memiliki banyak cabang. Daunnya terletak secara berseling, berkelompok dan berbentuk bulat telur dengan ujung dan pangkal yang meruncing tapi berombak sampai rata. Bunga tanaman ranti juga merupakan Bunga majemuk dengan kuntum yang berjumlah 2-10 dengan warna putih atau lembayung.

Buah ranti sendiri berbentuk bulat dengan diameter 0,8 hingga 1 cm dengan warna hijau ketika muda dan berubah menjadi ungu kehitaman ketika tua. Buah terdapat dalma tandan. Secara sekilas, buah ranti berbentuk seperti buah manggis tetapi lebih kecil. Ketika telah masak, buah ranti terlihat mengkilap dan berisi banyak biji. Biji buah ranti berbentuk bulat pipih, kecil-kecil dan berwarna putih. Sedangkan rasa buah ranti sendiri renyah dan sedikit agak langu.

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, buahn ranti banyak dimanfaatkan sebagai sayuran. Namun tidak jarang bagi orang-orang untuk menggunakan buah ini sebagai obat herbal. Akan tetapi, perlu diingat bahwa tidak semua buah ranti dapat dikonsumsi dengan aman. Buah ranti yang telah mengkal dan matang dapat mengandung racun di dalamnya, tergantung galurnya. Jenis buah ranti yang dapat dimakan merupakan ranti yang mengandung racun dalam kadar rendah.

artikel terkait: manfaat kirantimanfaat buah delima putihmanfaat buah zuriat

Kandungan Buah Ranti

Sebelum berbicara lebih lanjut mengenai buah ranti, alangkah baiknya apabila kita membahas terlebih dahulu mengenai kandungan yang terdapat dalam buah ranti. Buah ranti dipercaya memiliki banyak kandungan gizi seperti Vitamin C, Vitamin A, zat besi, fosfor, kalsium, lemak, saponin, DNA serta atropine. Selain itu, terdapat pula kandungan glikoalkaloid solanin, solasonin, solamargin, solasodin, diosgenin, tigogenin,  saponin, zat samak, minyak lemak.

artikel terkait: 8 manfaat kayu meranti dan jenis-jenisnya

Manfaat buah Ranti

Dikarenakan kandungan yang terdapat didalamnya, buah ranti dipercaya memiliki banyak khasiat yang dapat bermanfaat bagi tubuh. keampuhan buah ranti ini  juga konon telah ditemukan sejak 2000 tahuhn yang lalu. Agar tidak salah paham, berikut kami sajikan manfaat apa saja yang dapat diperoleh dari konsumsi buah ranti ini. Adapun manfaat konsumsi buah ranti adalah sebagai berikut.

1. Anti kanker

Buah ranti dipercaya memiliki sifat anti kanker yang dapat membantu mencegah serta menyembuhkan kanker. Hal ini dikarenakan buah ini memiliki kandungan nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh, terutama dalam mencegah timbulnya kanker.Bagi Anda yang ingin menangani penyakit kanker dalam tubuh, tidak ada salahnya untuk mencoba mengkonsumsi buah ranti sebagai obat tradisonal pencegah kanker.

artikel terkait: 12 manfaat buah delima bagi kesehatan

2. Memiliki kemampuan analgetik

Buah ranti juga dipercaya memiliki kemampuan analgetik yang dapat mengurangi rasa nyeri maupun sakit. Hal ini dikarenakan buah ranti memiliki kandungan senyawa yang berperan untuk membantu mengurangi rasa sakit akibat radang maupun pembengkakan. Untuk membantu mengobati rasa nyeri maupun sakit yang terdapat dalam tubuh, Anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi buah yang satu ini.

3. Membantu mencegah peradangan

Masih menyangkut pada manfaat nomor dua, buah ranti juga dapat berguna untuk membantu mencegah timbulnya peradangan yang ada dalam tubuh seperti radang tenggorokan dan radang mulut. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda dapat mengkonsumsi buah ini hingga radang di tubuh Anda semakin mereda.

artikel terkait: manfaat tanah liat

4. Obat bisul

Manfaat lain dari buah ranti adalah sebagai obat bisul. Apabila anda memiliki bisul yang mengganggu, Anda dapat memanfaatkan buah ranti sebagai obat herbal untuk meredakan penyakit kulit seperti bisul. Manfaat ini dapat Anda peroleh dari penggunaan buah ranti dan daun ranti sebagai obat oles untuk menyembuhkan bisul.

5. Sebagai antipretik

Ranti juga dapat berguna sebagai antipretik yang dapat menyejukkan dan meredakan demam pada anak. Untuk mendapatkan manfaat ini dari buah ranti, Anda dapat mengkonsumsi buah ranti dengan cara mencampurkannya pada sayuran lain maupun merebusnya.

6. Sebagai alat kontrasepsi pria

Buah ranti konon juha dipercaya sebagai alat kontrasepsi alami bagi pria. Hal ini dikarenakan konsumsi buah ranti dipercaya dapat membantu mengurangi produksi sperma serta kesuburan pada pria.

artikel terkait: manfaat jeruk nipis untuk diet

7. Sebagai antibakteri

Buah ranti juga dapat bermanfaat sebagai antibakteri yang dapat menangkal berbagai macam bakteri yang dapat menyebabkan berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan yang terdapat dalam buah ini dapat memberikan manfaat bagi Anda untuk melindungi diri dari kuman dan bakteri yang dapat mengganggun kesehatan tubuh.

8. Membantu mencegah sariawan

Sariawan merupakan salah satu gangguan yang biasanya terdapat dalam mulut dikarenakan kurangnya asupan vitamin C. apakah Anda tahu? Konsujmsi buah ranti ternyata juga dapat membantu mencegah timbulnya sariawan. Hal ini dikarenakan kandungan vitamin C yang terdapat dalam buah ranti juga dapat berguna untuk sebagai obat pencegah sariawan. Selain itu, konsumsi buah ranti juga dapat membantu tubuh untuk mengatasi berbagai masalah infeksi mulut.

artikel terkait: manfaat pare hutan bagi manusia

9. Membantu mengatasi penyakit herpes

Apabila anda terkena penyakit herpes, tidak ada salahnya bagi Anda untuk mencoba mengkonsumsi buah ranti sebagai obat tradisional untuk membantu mengatasi penyakit herpes. Kandungan senyawa yang terdapat dalam buah ranti dipercaya dapat secara ampuh mencegah timbulnya penyakit herpes serta gejala-gejala yang timbul.

artikel terkait: manfaat akar ginseng

10. Sebagai antioksidan

Siapa sangka bahwa buah yang memiliki kandungan racun ini ternyata memilikin kandungan antioksidan yang berguna bagi tubuh. Apabila dikonsumsi, anti oksidan alami yang terdapat dalam buah ranti dapat membantu melawan radikal bebas yang dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

artikel terkait: manfamanfaat keankaragaman hayati

Selain manfaat di atas, terdapat pula manfaat lain yang tidak kalah menggiurkan dari konsumsi buah ranti. Adapun manfaat tersebut antara lain sbb:

  1. Membantu menyehatkan mata
  2. Membantu menjaga daya tahan tubuh
  3. Baik untuk tulang
  4. Membantu menyehatkan gigi
  5. Sebagai sumber vitamin
  6. Membantu menyehatkan kulit
  7. Membantu meluruhkan kencing dan melancarkan saluran kemih
  8. Melegakan nafas dan meredakan batuk
  9. Mencegah hipertensi
  10. Meningkatkan kinerja organ hati
  11. Meringankan nyeri pinggang, encok dan pegal linu
  12. Membantu menyembuhkan rematik
  13. Membantu melawan kerusakan pada ginjal

artikel terkait: manfaat pacar cina

Cara konsumsi buah Ranti

Biasanya, Anda dapat mengkonsumsi buah ranti sebagai lalapan. Namun sebagai obat herbal, maupun dengan cara menambahkan 10 butir buah ranti pada jus sayuran. Selain itu, Andapun dapat merebus 20gr buah ranti pada 800cc air tersisa separuhnya. Kemudian konsumsi pada pagi dan sore hari sebanyak 1 gelas per minum.

artikel terkait: manfaat tanaman bakau

, ,
Post Date: Wednesday 26th, April 2017 / 01:36 Oleh :
Kategori : Buah Buahan