10 Manfaat Keanekaragaman Hayati Bagi Kehidupan

Telah kita ketahui bahwa luasnya bentangan alam di Indonesia telah melahirkan beragam keaneragaman hayati di dalamya. Keaneragaman hayati baik dari flora dan fauna di Indonesia ini perlu kita jaga kelestariannya dikarenakan sangat penting bagi kelangsungan mahluk hidup yang bersangkutan. Selain itu keaneragaman hayati ini juga penting kelangsungannya bagi kesejahteraan masyarakat bangsa maupun dunia.

artikel terkait:

Keaneragaman pada dasarnya menjelaskan mengenai keadaan yang bermacam-macam pada suatu benda dikarenakan adanya perbedaan dalam hal ukuran, warna, bentuk, tekstur maupun jumlah. Sedangkan hayati sendiri berarti sesuatu yang hidup. Sehinga dapat dikatakan bahwa keaneragaman hayati merupakan keaneragaman mahluk hidup yang dilihat dari perbedaan ukuran, warna, bentuk, tekstur maupun jumlah.Keaneragaman hayati dalam arti populer merupakan keberagaman mahluk hidup dari semua gen, spesies dan ekosistem di suatu daerah. Keaneragaman hayati juga dikenal dengan istilah biodiversitas (bahasa inggris: biodiversity).

Macam-macam keaneragaman hayati

Setelah kita mengetahui mengenai pengertian keaneragaman hayati, kini saatnya kita membahas mengenai macam-macam keaneragaman hayati. Keaneragaman hayati yang tercipta di berbagai tempat dapat disebabkan oleh dua macam faktor, yaitu faktor genetik dan faktor luar. Faktor genetik memiliki pengaruh yang stabil terhadap morfologi organisme sedangkan faktor luar tidak. Untuk macam-macam tingkatan keaneragaman hayati senditri terdiri dari keaneragaman gen (genetik), keaneragaman spesie (jenis) dan keaneragaman ekosistem. Berikut merupakan penjelasannya.

  • keaneragaman gen

keaneragaman gen merupakan perbedaan maupun variasi gen yang terdapat pada satu jenis atau spesies mahluk hidup yang dapat menyebakan variasi antar individu sejenis. Sebagai contoh, tanaman pisang memilki banyak ragam dan jenis meskipun sama-sama tanaman pisang. Tanaman pisang memiliki beberapa macam atau varietas seperti pisang kapok, susu, ambon dsb. Perbedaan tersebut dapat menyebabkan adanya perbedaan sifat yang tidak tampak (genotype) maupun sifat yang tampak (fenotipe) pada setiap mahluk hidup. Variasi gen ini dapat terjadi karena perkawinan dari keturanan gen yang berbedan maupun karena interaksi gen dengan lingkungan.

  • keaneragaman spesies

keaneragaman spesies merupakan keaneragaman yang bisa ditemukan pada suatu komunitas pada suatu tempat tertentu yang dapat dengan mudah dilihat dengan mata terbuka. Contohnya seperti yang dapat kita lihat pada perbedaan yang terjadi pad tanaman kurma, sagu dan kelapa. Meskipun tanaman tersebut masih dalam satu  kelompok tumbuhan palem-paleman, namun tamanan tersebut memilii bentuk fisik, tempat hidup dan bagian tumbuhan untuk di makan yang berbeda.  Selanjutnya apabila kita melihat keaneragaman pada binatang seperti kucing, singa maupun harimau, mereka merupakan hewan yang termasuk dalam kelompok kucing namun memiliki bentuk fisik , habitat maupun tingkah laku yang sangat berbeda.

  • keaneragaman ekosistem

keaneragaman ekosistem merupakan keaneragaman yang terjadi pada tingkat ekosistem yang dikarenakan adanya interakti yang sangat kompleks antara komponen biotik dan abiotik. Interaksi biotik merupakan interakti yang terjadi pada mahluk hidup dengan mahluk hidup lainnya yang membentuk suatu komunitas. Sedangkan interaksi abiotik merupakan interaksi yang terjadi diantara mahluk hidup dengan lingkungan fisik seperti suhu, cahaya, maupun lingkungan kimiawi seperti air, mineral dan keasaman. Diantara keaneragaman ekosistem tersebut, terdapat pula keaneragaman tertentu pula pada mahluk hidup. Sebagai contoh, ekosistem padang pasir, ekosistem pantai, ekosistem hutan hujan tropis maupun eksositem air laut meiliki perbedaan interaksi biotik maupun abiotik di dalamnya.

Selain itu perubahan iklim juga dapat mempengaruhi suhu udara, panjang musim, permukaan laut, pola arus laur dan angina, tingkat curah hujan ds bang dapt mempengaruhi habitat dan perilaku spesies yang berbeda pada masing-masing ekosistem. Mahluk hidup yang tidak tahan dengan perubahan iklim dan beradaptasi dengan cepat dapat menjadi punah di kemudian hari. Maka dari itu penting bagi kita untuk ikut menjaga kelangsungan hidup mahluk hidup lain agar keanergaman hayati tidak akan punah begitu saja. Melindungi keaneragaman hayati ini tidak hanya bermanfaat bagi kelangsungan mahluk hidup lain tetapi juga bermanfaat bagi kita manusia.

artikel terkait: manfaat senam ritmikmanfaat binahong merah

Manfaat keaneragaman hayati

Keaneragaman hayati memili berbagai macam peran yang bermanfaat bagi kehidupan manusia yaitu sebagai berikut :

1. Sumber pangan

Adanya keaneragaman hayati yang terdapat disekeliling  kita dapat dijadikan sebagai sumber pangan pagi manusia. Setiap hari manusia membutuhkan sumber energy dari makanan dan minuman untuk melakukan aktivitas sehari-hari namun sayangnya manusia tidak dapat memproduksi makanan sendiri. Makanan dan minuman yang manusia konsumsi terntunya diperoleh dari mahluk hidup lain yaitu hewan dan tumbuhan.

Dengan keaneragaman hayati di Indonesia, Indonesia memiliki setidaknya 400 jenis tanaman penghasil buah, 370 jenis sayuran, 70 jenis tanaman berumbi, 55 jenis rempah-rempah dan beragam hewan-hewan yang dapat digunakan sebagai bahan konsumsi. Berikut merupakan sumber makanan dan minuman dari hewan dan tumbuhan yang dimanfaatkan oleh manusia.

  • Sumber karbohidrat yang juga dapat digunakan sebagai bahan makanan pokok dapat berasal dari berbagai jenis tanaman padi, jagung, gandum,sagu, umbi, singkong dan talas dsb.
  • Sumber protein yang dapat dijadikan sebagai pauk dapat berasal dari daging berbagai jenis hewan seperti ikan, ayam, sapi, kambing, udang dsb.
  • Sayur-sayuran yang berasal dari berbagai tanaman sayur seperti bayam, kangkung, kubis, sawi, tomat, wortel, buncis, jagung dsb.
  • Buah-buahan yang berasal dari berbagai jenis tumbuhan buah-buahan seperti jambu, rambutan, kelengkeng, pisang, apel, anggur dsb.
  • Minuman yang kaya vitamin dan mineral yang dapat berasal dari hewan maupun tumbuhan yaitu susu sapi, susu kambing maupun air kelapa.

artikel terkait: manfaat pohon albasia

2. Sumber sandang

Manfaat kedua dari adanya keaneragaman hayati adalah sebagai sumber sandang bagi manusia. Sandang atau pakaian merupakan kebutuhan dasar bagi manusia yang dapat dibuat serat yang berasal dari berbagai jenis hewan maupun tumbuhan seperti kapas, pisang abaka, ulat sutera, bulu, biri-biri, rami, sisal, kenal, jute dsb. Adapun pemanfaatan beberapa tanaman dan hewan guna sebagai pakaian adalah sebagai berikut.

  • Tanaman

Masyarakat suku Dani di Lembah Baliem Papua menggunakan labu air untuk membuat koteka pada laki-laki dan wanita di Papua juga menggunakan tumbuhan wen serta kem untuk membuat pakaian.

  • Hewan

Dengan berkembangnya teknologi, kulit sapi dapat diolah menjadi sepatu, kulit buaya diubah menjadi tas, kulit domba diubah menjadi jaket, ulat sutera dapat diubah menjadi kain sutera, bulu burung dapat dijadikan sebagai aksesori pakaian dsb.

artikel terkait: manfaat jamu kunir asem

3. Sumber Papan

Adanya keneragaman hayati di Indonesia juga dapat memberikan manfaat pada masyarakat Indoesia dalam membangun tempat tinggal, terutama bagi pembuatan rumah adat oleh masyarakat trasidional di Indonesia. Biasanya masyarakat menggunakan ataupun bamboo dalam membangun rumah mereka untuk membuat jendela, atap, tiang dsb. Beberapa contoh tumbuhan yang sering digunakan dalam pembangunan rumah antara lain kelapa, jati, meranti, nangka, kayu ulin, bamboo, rasamala maupun gebang. Sedangkan untuk membuat atap serta dinding rumah dapat digunakan tumbuhan berikut.

  • Beberapa jenis tumbuhan palem-paleman seperti nypa fructicans, oncosperma trigillarium dan oncosperma horridum yang duginakn untuk membuat rumah di daerah Kalimantan dan Sumatera.
  • Tumbuhan alang-alang digunakan sebagai atap di pulau Bali, Nusa Tenggara maupun pulau timur lainnya.

artikel terkait: manfaat bunga dandelion

4. Sumber pemenuh kebutuhan sekunder

Salah satu kebutuhan sekunder manusia yaitu kebutuhan akan liburan maupun refreshing. Adanya keaneragaman hayati yang ada di Indonesia dapat dimanfaatkan sebagai sarana melepas penat setelah menjalani rutinitas yang padat sehari-hari. adapun objek yang dapat memenuhi kebutuhan tersebut bagi manusia antara lain gunung, danau, pantai dsb.

artikel terkait: manfaat waduk bagi kehidupan manusia

5. Sebagai sumber obat-obatan

Keaneragaman hayati yang ada di Indonesia menawarkan sekitar 30.000 spesies tumbuhan yang diantaranya terdapat 940 spesies tumbuhan yang digunakan sebagai tanaman obat dan 250 spesies tanaman obat yang digunakan dalam industri obat herba local. Adapun macam-macam tanaman obat maupun hasil hewan-hewan beserta kegunaanya adalah sebagai beriktut.

  • Pohon Kina (Cinchona calisaya, cinchona officianlis) , yang kulitnya megandung alkaloid kina (quinine) yang dapat berguna untuk membantu menyembuhkan malaria
  • Madu dari lebah yang dapat berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh manusia
  • Buah megkudu (Morind citrifolia) yang dapat berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi
  • Buah merah (Pandanus conoideus) yang dapat digunakan sebagai obat kanker, kolesterol maupun diabetes.
  • Ular, bagian daging dan lemaknya dipercaya dapat mengobati penyakit kulit seperti gatal-gatal

artikel terkait: manfaat ikan hiu bagi kesehatan

6. Sebagai bahan kosmetik

Salah satu manfaat menguntungkan lain dari adanya keaneragaman hayati di Indonesia adalah dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan kosmetik. Beberapa perusahaan kosmetik di Indonesia dapat dengan mudah mendapatkan bahan-bahan yang dapat dijadikan sebagai kosmetik di Indonesia dengan contoh sbb:

  • urang-aring, pandan, minyak kelapa, mangkohan, lidah buaya dapat digunakan sebagai pelumas maupun penghitam rambut
  • bunga mawar, kayu cendana, kemuning, bunga melati, bunga kenanga dsb dapat digunakan sebagai bahan untuk membuat wewangian.

artikel terkait: manfaat rawa bagi kehidupan manusia

7. Sebagai aspek budaya

Keaneragaman hayati yang ada di Indonesia ini juga dibarengi dengan adanya keaneragaman suku dan budaya. Setidaknya terdapat 350 jenis suku di Indonesia yang memiliki kepercayaan, budaya serta adat dan istiadat yang berbeda. Digunakanlah hewan dan tumbuhan yang berbeda oleh masing-masing suku di Indonesia untuk menjalankan ritualnya. Berikut merupakan beberapa contoh penggunaan hewan dan tumbuhan yang berbeda yang dilakukan dalam upacara keagaaman serta kepercayaan yang berbeda.

  • Di daerah Toraja, upacara kematian menggunakan berbagai jenis tumbuhan yang dianggap mempunyai nilai magis tinggi pada saat memandikan jenazah seperti limau, pisang, daun kelapa maupun rempah-rempah.
  • Umat islam menggunakan hewan ternak untuk disembelih pada hari raya Qurban seperti kerbau, sapi maupun kambing.
  • Masyarakat Jawa melakukan budaya nyekar atau ziarah kubur dengan menabur bunga dengan beberapa jenis Bunga seperti mawar, kantil, melati maupun kenanga.
  • Umat Nasrani menggunakan pohon cemara untuk perayaan natal
  • Penganut agama Hindu di Bali melakukan upacara ngaben dengan menggunakan setidaknya 39 jenis tumbuhan yang mengandung minyak atsiri yang memiliki aroma harum layaknya kenanga, pandan, melati, cendana dan sirih.

artikel terkait: manfaat zakat fitrah

8. Sebagai sumber pendapatan

Berlimpahnya keaneragaman hayati di Indonesia dapat dimanfaatkan masyarakat sebagai sumber penghasilan dari penjualan hasil tanaman maupun tumbuhan. Masyarakat dapat menjual tanaman maupun tumbuhan yang dapat dihasilkan dari usaha peternakan, pertanian maupun perkebunan dsb

  • Dari hasil peternakan, manusia dapat menjual hasil peternakan dari unggas, sapi, kambing dsb
  • Dari hasil pertanian, manusai dapat menjual hasil tani seperti dari hasil tanaman padi
  • Dari hasil perkebunan, manusia dapat menjual hasil kebun seperti hasil umbi-umbian, teh, palawija dsb

artikel terkait: manfaat hutan hujan tropis

9. Sebagai sumber plasma nutfah

Manfaat selanjutnya dari adanya keaneragaman hayati yang ad di Indonesia adalah sebagai sumber plasma nutfah. Plasma nutfah sendiri merupakan bagian dari tumbuhan, hewan maupun mikroorganisme yang memiliki fungsi dan kemampuan untuk mewariskan sifat. Plasma nutfah dapat berguna untuk merakit varietas unggul dari sebuah spesies agar dapat rentan terhadap penyakit maupun memiliki produktivitas yang tinggi serta akan dapat mewariskan mutu sifat dari generasi ke generasi selanjutnya. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Padi rojolele mewariskan sifat yang pulen dan enak
  • Ubi cilembu dan duku Palembang yang mewariskan rasa manis.

Di masa yang akan datang, plasma nutfah ini memiliki peranan yang penting dalam pembangunan dikarenakan kebutuhan dunia dari bahan-bahan hatari untuk obat, varietas baru tanaman pertanian dan ternak maupun proses industri dan pengolahan akan semakin meningkat.

artikel terkait: manfaat jilbab bagi kesehatan

10. Sebagai sumber keilmuan

Tergantungnya kehidupan manusia pada tumbuhan dan hewan akan membuat manusia berupaya untuk mengembangkan usaha pertanian, perkebunan maupun peternakan dari keaneragamn hayati yang ada di Indonesia. Untuk mengembangkan usaha tersebut, diperlukan ilmu pengetahuan agar dapat membuahkan hasil yang maksimal. Contohnya adalah sebagai berikut.

  • Tanaman

untuk melakukan perkembangbiakan tumbuhan secara vegetative buatan diperlukan upaya seperti mencangkok, menempel, menyambung, merunduk maupun stek. Apabila kita ingin mencangkok tanaman, kita perlu mengetahui terlebih dahulu ciri-ciri tanaman yang akan dicangkok dikarenakan tidak semua tanaman dapat dicangkok. Selain itu kita juga perlu mengetahui kelebihan pengembangbiakan dengan cara ini, yaitu untuk dapat menghasilkan keturunan yang sam dengan induknya, lebih cepat berproduksi serta tidak bergantung pada biji induk

  • Hewan

untuk melakukan peternakan ikan juga manusia perlu membantu proses pemijahan untuk membantu perkembangbiakan secara cepat dan agar dapat membuahkan hasil yang maksimal. Untuk melakukan proses ini, diperlukan keilmuwan kapan waktu yang tepat untuk melakukan proses pemijahan, bagaimana perawatan untuk betina yang hamil dan bagaimana perawatan anakan agar tumbuh secara maksimal dsb.

  1. Sebagai penyeimbang ekosistem

Dapat dikatakan bahwa manfaat palin penting dari keaneragaman hayati adalah sebagai penyeimbang ekosistem atau penentu keberlangsungan ekosistem. Keberadaan mahluk hidup pada masing-masing ekosistem perlu kita jaga kelastariannya agar tidak terancam. Pasalnya, apabila keberadaan eskosistem terancam hal ini akan mempengaruhi kehidupan manusia pula. Salah satu contoh keaneragaman hayati sebagai penyeimbang ekosistem adalah adanya ekosistem hutan hujan tropis yang dapat menyediakan oksigen bagi manusia, menurunkan kadar karbondioksida dan menjaga agar iklim tetap stabil dengan mempertahankan temperartur dan kelembapan udara.

  1. Sebagai sumber keindahan

Manfaat lain dari adanya keaneragaman hayati adalah sebagai sumber keindahan. Keberagaman hayati yang ada di Indonesia dapat dimanfaatkan masyarakat untuk mepercantik lingkungan agar terasa indah dan asri. Berikut merupakan beberapa contoh pemanfaatan hewan maupun tumbuhan untuk sumber keindahan.

  • Penggunaan beberapa tanaman hias yang digunakan untuk mempercantik pekarangan seperti bunga anggrek, bunga mawar, bonsai, tanaman atrium, gelombang cinta dsb
  • Pemeliharaan hewan yang dapat dinikmati keindahan bulu maupun suaranya seperti burung kenari, burung beo, burung lovebird dsb.

artikel terkait: manfaat rota bagi kehidupan

Demikian merupakan ulasan yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat keaneragaman hayati yang ada di Indonesia. Meskipun terdapat kelimpahan keaneragaman hayati di negeri ini, tetap saja kita sebagai manusia perlu melakukan upaya untuk membantu meletarikannya agar keberadaan ekosistem tetap terjaga. Setelah membaca mengenai informasi ini, semoga kita dapat semakin bersyukur dan lebih bijak ya dalam memaknai adanya keberagaman hayati tersebut. Terimakasi telah membaca dan semoga bermanfaat.