4 Manfaat Pacar Cina Untuk Kesehatan Tubuh

Apakah Anda pernah mendengar mengenai tanaman pacar cina? Tanaman ini konon dapat dijadikan sebagai obat tradisonal namun tidak begitu populer di masyarakat. Artikel kali ini akan membahas mengenai manfaat tumbuhan pacar cina. Mari kita simak penjelasannya.

Tanaman pacar cina (Aglaia odorata Lour.) merupakan tanaman obat berbentuk perdu yang diduga berasal dari Asia Tenggara khusunya Indonesia. Tanaman ini memiliki tinggi sekitar 2-6 meter dengan batang berkayu, bercabang banyak dengan tangkai berbinti-bintik berkelenjar warna hitam.

artikel terkait:

Daun pacar cina bersfat majemuk menyirip ganjil dan berseling dengan panjangsekitar 13 cm dan erdapat 3-9 helai anak daun. Tangkai tanaman ini bersifat pendek  demham permukaan licin mengkilap terutama pada daun muda. Sedangkan bunga pacar cina bersifat rapat dengan panjang 5-6 cm dengan warna kuning dan bau harum.  Sedangkan buah tanaman ini berbentuk bulat lonjong, merah dan miliki biji sebanyak 1-3.

Manfaat Pacar Cina

Konon, hampir semua bagian tumbuhan pacar cina dapat dimanfaatkan mulai dari daun, batang, bunga bahkan ranting tumbuhan pacar cina. Berikut di bawah ini kami sajikan pemanfaatan tumbuhan pacar cina berdasarkan klasifikasi pemanfaatan yaitu sebagai berikut.

Berdasarkan Bagian Tumbuhan

Berikut merupakan manfaat tumbuhan pacar cina berdasarkan bagian tumbuhannya.

1. Bunga

Bagian bunga pacar cina dapat berguna untuk mengobati berbagai macam penyakit berikut, antara lain:

  • Mengatasi batuk dan menyembuhkan dahak
  • Mengatasi pusing
  • Mengatasi masalah perut dan lambung layaknya perut kembung, mual dan maag
  • Mengatasi susah menelan dan sakit tenggorokan
  • Mempercepat proses persalinan bagi ibu hamil

artikel terkait: manfaat daun sirih untuk maag

2. Daun

Sementara bagian daun pacar cina dapat berguna untuk mengobati beberapa penyakit berikut ini, yaitu:

  • Diare
  • Bisul
  • Bau badan
  • Memar
  • Terlalu banyak darah saat menstruasi

Cara penggunan:

Untuk dapat memanfaatkan bagian tumbuhan pacar cina sebagai obat tradisional beberapa penyakit di atas, Anda dapat merebus bunga, daun dan ranting tumbuhan pacar cina sebanyak 5-15 gram dengan air hingga mendidih. Kemudian Anda dapat meminum air rebusan tumbuhan pacar cina tersebut sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan berbagai macam penyakit seperti contoh di atas.

Sedangkan untuk pemakaian obat luar, silahkan giling daun, ranting maupun batang tumbuhan pacar cina hingga halus kemudian bubuhkan gilingan tumbuhan pacar cina tersebut ke area yang terasa sakit.

artikel terkait: manfaat daun salam untuk maag

Berdasarkan Keluhan

Berikut merupakan pemanfaatan pacar cina berdasarkan keluhan yang dirasakan, antara lain sebagai berikut :

1. Mengobati darah menstruasi yang terlalu banyak

Apabila darah menstruasi Anda keluar terlalu banyak, Anda dapat memanfaatkan daun pacar cina untuk mengatasinya. Caranya mudah, Anda hanya perlu merebus 1 genggam penuh daun pacar cina dalam 2 gelas air hingga mendidih. Tunggulah hingga rebusan daun pacar cina tersebut tersisa menjadi 1 gelas. Setelah itu, saring air rebusan daun pacar cina tersebut untuk diminum setelah dingin. Silahkan konsumsi sebanyak dua kali sehari dengan setengah gelas sekali minum.

artikel terkait: manfaat daun sukun untuk asam urat

2. Mengatasi bau badan

Sementara untuk mengatasi bau badan, Anda dapat memanfatkan daun pacar cina yang direbus dengan beberapa bahan lain. Untuk mendapatkan manfaay tersebut, rebuslah 10 gram daun pacar cina bersama 7 lembar daun sirih dengan 2 gelas air. Rebus kesemua bahan tersebut hingga mendidih dan sisa 1 gelas air. Saring ramuan dan minum setelah dingin. Anda dapat meminumnya sebanyak 2 kali sehari pada pagi dan sore dengan masing-masing porsi ½ gelas sekali minum.

artikel terkait: manfaat daun krokot untuk asam urat


3. Sebagai pendamping minuman

Berikut merupakan pemanfaatan tumbuhan pacar cina sebagai pendamping minuman yaitu seagai berikut.

  1. Pendamping teh. Sebagai pendamping teh, Anda dapat memanfaatkan bunga pacar cina untuk menambah kesegaran.
  2. Sebagai jamu. Untuk mendapatkan manfaat sebagai jamu yang dapat menyegarkan badan, Anda  dapat menggunakan daun pacar cina. Caranya mudah, Anda tinggal menyiapkan segenggam penuh daun pacar cina dan 2-3 ruas rimpang temulawak untuk dicuci bersih kemudian ditumbuk. Setelah itu, rebus kedua bahan tersebut dengan 400 cc air hingga mendidih. Bubuhkan sedikit garam agar lebih sedap dan tidak pait. Silahkan minum jamu ramuan pacar cina ini selagi hangat dan secara teratur sebanyak dua kali sehari.

artikel terkait: manfaat daun sirsak untuk maag kronis dan akut

4. Sebagai bahan biopestisida

Selain manfaat di atas, ternyata tanaman pacar cina juga dapat dimanfaatkan guna bahan dasar dalam pembuatan biopestisida. Hal ini dikarenakan tanaman ini mengandung minyak atsiri, alkaloid, dammar, saponin, garam mineral serta zat tanin. Selain itu tanaman ini juga memiliki kandungan rokaglamida yang dapat berfungsi sebagai racun perut serta racun kontak.

artikel terkait: manfaat teh daun manggis

Demikian merupakan informasi yang dapat kami sampaikan mengenai manfaat tumbuhan pacar cina. Meskipun banyak khasiat yang didapatkan, konon ibu hamil tidak boleh minum rebusan pacar cina ini. Hmm, lebih baik silahkan konsultasikan ke dokter yaa. Terimakasih telah membaca dan semoga bermanfaat.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 12th, January 2017 / 22:51 Oleh :
Kategori : Herbal