Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Manfaat Udang Bagi Kesehatan

Sponsors Link

Udang merupakan menu wajib bagi pecinta seafood. Jelas saja, rasanya yang enak serta kandungan gizinya yang lengkap menjadi poin plus tersendiri. Apalagi jika si udang ini dikolaborasikan dengan berbagai rempah dan bumbu-bumbu tertentu. Tentu akan sangat menggugah selera makan, bukan? Walaupun demikian, ternyata masih tetap saja ada yang acuh terhadap manfaat udang ini loh. Mereka yang menghindari konsumsi udang banyak disebabkan karena anggapan bahwa udang mengandung banyak kolesterol jahat atau sering disebut LDL. Apa itu benar ya?

udangKandungan Kolesterol Udang

Berbagai penelitian memang menunjukan, jika udang mengandung banyak kolesterol jahat atau LDL yang akan dapat mengganggu kesehatan. Eitsss, tapi jangan salah ya. Selain ada LDL nya, ternyata udang juga memilki HDL yang tinggi lho.

HDL itu adalah kolesterol baik. Jadi, di sini si kolesterol jahat akan diimbangi oleh jumlah kolesterol baik yang tinggi pula. Jadi jangan takut. Dan juga, sebenarnya kita bisa mensiasati kolesterol jahat ini agar jumlahnya dapat berkurang. Ada beberapa trik dan tips memasak agar dapat mengurangi konsentrasi LDL di dalam udang yang akan dijelaskan di dalam artikel ini. Tapi sebelumnya, mari cari tahu terlebih dahulu mengenai manfaat-manfaat yang kita dapatkan jika kita mengkonsumsi udang.

Kandungan Gizi Udang

kandungan gizi udang

Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa udang mengandung banyak vitamin, mineral, protein dan unsur-unsur lain yang sangat berguna bagi tubuh. Penjelasan lengkapnya diuraikan di bawah ini:

  • Kandungan selenium 102%, sangat cukup untuk memenuhi kebutuhan selenium harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B12, dapat memenuhi 78% kebutuhan Vitamin B12 harian tubuh.
  • Kandungan protein, dapat memenuhi 52% kebutuhan protein harian tubuh.
  • Kandungan fosfor, dapat memenuhi 50% kebutuhan fosfor harian tubuh.
  • Kandungan kolin, dapat memenuhi 36% kebutuhan kolin harian tubuh.
  • Kandungan copper, dapat memenuhi 32% kebutuhan copper harian tubuh.
  • Kandungan Yodium, dapat memenuhi 31% kebutuhan yodium harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B3, dapat memenuhi 19% kebutuhan vitamin B3 harian tubuh.
  • Kandungan Zinc, dapat memenuhi 17% kebutuhan zinc harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin E, dapat memenuhi 17% kebutuhan vitamin E harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin B6, dapat memenuhi 16% kebutuhan Vitamin B6 harian tubuh.
  • Kandungan Lemak omega 3, dapat memenuhi 14% kebutuhan lemak omega 3 harian tubuh.
  • Kandungan Asam patotenis, dapat memenuhi 12% kebutuhan asam patotenis harian tubuh.
  • Kandungan Vitamin A, dapat memenuhi 11% kebutuhan Vitamin A harian tubuh.

Nah, banyak sekali bukan kandungan gizi serta nutrisi yang terdapat pada 113,4 gram udang? lalu apa saja sih manfaat udang bagi kesehatan sehari hari tubuh kita ?

1. Udang Sebagai Penyeimbang Hormon

Manfaat mengkonsumsi udang yang paling utama adalah penyeimbang hormone-hormon yang ada di dalam tubuh. Khususnya, jika kita sering melakukan aktivitas olahraga udang sangat bermanfaat. Udang yang mengandung banyak protein akan membantu memproduksi hormone dan menyeimbangkan jumlah hormone di dalam tubuh. Apalagi jika kita menginginkan peningkatan massa otot, hormone pembentuk massa otot akan dapat diproduksi dengan baik oleh nutrisi yang ada di dalam udang.

Penting untuk hormon :

2. Udang Mencegah Penyakit Kanker

Penyakit bebahaya seperti kanker ternyata dapat dicegah dengan mengkonsumsi udang lho. Pada 56 mikrogram di dalam 4 ons udang yang kita konsumsi, terdapat selenium dengan jumlah yang pas untuk memenuhi kebutuhan mineral selenium di dalam tubuh. Mineral selenium ini adalah zat antioksidan yang dapat mencegah tumbuhnya sel-sel kanker. Bahkan, beberapa penelitian yang sudah dilakukan membuktikan bahwa kandungan selenium di dalam udang dapat diserap dengan baik oleh tubuh kita.

Penting untuk mencegah kanker :

3. Udang Mencegah Penyakit Jantung, Diabetes dan Anti depresi

Selain kanker, udang juga dapat menjadi faktor pencegah yang bisa dikatakan unik untuk menghindari resiko terhadap penyakit kardiovaskular seperti gagal jantung. Lagi-lagi, selenium adalah faktor yang sangat berpengaruh pada pencegahan penyakit jantung ini. karena kekurangan selenium ternyata dapat berakibat pada tingginya resiko terjadinya gagal jantung.

Baik Untuk mencegah penyakit Jantung :

Penyakit diabetes yang tergolong penyakit yang sulit untuk disembuhkan juga bisa kita cegah dengan memasukan udang ke dalam menu makanan yang kita konsumsi setiap harinya.

Penting untuk mencegah diabetes:

Dan satu lagi, selenium yang ada di dalam udang bermanfaat pula bagi pencegahaan ataupun pengobatan bagi penderita depresi. Wow banget kan si udang ini?

4. Udang sebagai sumber Omega 3

Beberapa orang yang menganggap udang sebagai sumber kolesterol jahat atau LDL yang tinggi, sehingga mereka lebih memilih untuk tidak memasukan udang ke dalam menu sehat harian. Tapi tahukah anda jika udang adalah sumber omega 3 yang sangat lengkap? tentu anda sudah mengetahui manfaat omega 3 kan ? sangat penting untuk otak.

Ya, banyak penelitian sudah membuktikan kebenaran bahwa udang memiliki kandungan omega 3 yang beragam. Di dalam empat ons udang, terkandung 50% Eicosapentaenoic Acid atau EPA dan terkandung juga Docosahexaenoic Acid atau DHA dalam presentase seimbang yakni 50%. EPA dan DHA sendiri merupakan dua jenis omega 3 yang berperan aktif guna menjaga kesehatan sistem syaraf dan sebagai faktor pencegah penyakit yang berkaitan dengan organ jantung.

5. Udang mengandung zat anti inflamasi

Riset membuktikan bahwa udang mengandung zat yang dapat digunakan sebagai anti inflamasi. Zat anti inflamasi tersebut adalah Astaxanthin dan selenium mineral. Astaxanthin ini terdapat pada pigmen warna yang terdapat di cangkang udang. Zat tersebut sudah banyak diteliti oleh para ahli dan ditemukan bahwa zat ini sangat berguna untuk mencegah maupun mengobati inflamasi.

Penting untuk anti inflamasi :

6. Udang sebagai sumber makanan kaya protein

Udang merupakan salah satu jenis makanan yang menjadi sumber protein yang sangat baik. Kandungan protein di dalam udang bahkan menjadikan udang masuk ke dalam sepuluh besar makanan paling sehat di dunia. Dan, udang mengandung protein yang tidak hanya dapat mencuupi kebutuhan tubuh tetapi juga memiliki kualitas protein yang sangat bagus. Kegunaan protein tentu sangat banyak. Pertumbuhan kuku, rambut maupun untuk meningkatkan massa otot.

Sumber Protein :

 

7. Udang dapat meningkatkan afsu makan

Jika anda merasakan kurang berselara makan, disarankan untuk mengkonsumsi udang. Kenapa? Ini karena udang yang mengandung banyak protein jika dikonsumsi akan membentuk zat bernama peptida. Peptida di dalam tubuh akan merangsang pelepasan hormon yang berkaitan dengan nafsu makan yaitu hormon cholecystokinin (CCK). Jumlah CCK inilah yang mengatur tingkat nafsu makan seseorang. Dengan adanya peptida, jumlah hormon CCK dapat diatur sehingga anda pun dapat memiliki nafsu makan anda kembali.

Menambah nafsu makan :

8. Udang sebagai Obat Anemia

Udang memiliki jumlah Vitamin yang tinggi dan beragam.  Di antaranya, udang memiliki kandungan vitamin B. Tidak hanya satu jenis vitamin B saja tetapi ada juga vitamin B jenis lainnya. Vitamin B dalam udang yaitu vitamin B6, B12, Kolin, Niasin dan asam pantotenis. Kegunaan dari vitamin-vitamin B ini adalah untuk menstabilkan tekanan darah serta dapat mencegah terjadinya anemia. Bahkan mereka yang sudah diduga menderita penyakit kekurangan darah ini dapat diobati dengan konsumsi udang yang disesuaikan.

Penting untuk obat anemia :

9. Udang memiliki kandungan fosfor yang tinggi

sponsored links

Udang yang sangat kaya manfaat ini juga memiliki khasiat untuk memperkuat tulang kita. Konsumsi udang secara rutin akan menambah kepadatan dan membuat tulang kita menjadi lebih kuat. Zat pembentuk tulang yaitu fosfor terdapat di dalam udang dengan jumlah yang tinggi. Selain tulang, fosfor juga dapat menguatkan gigi-gigi kita. Karena jika tulang kita rapuh atau terjadi pengeroposan pada tulang, kesehatan pun secara umum akan terganggu. Persendian lah yang akan sangat terasa nyeri saat kita mengalami pengeroposan tulang.

Saran Penyajian Udang

Untuk saran penyajian agar anda bisa mendapatkan semua manfaat udang, tips dan triknya cukup sederhana dan dapat anda praktekan sendiri di rumah.

1. Jangan di Goreng

Udang akan sangat baik khasiatnya jika tidak dimasak dengan digoreng. Kandungan kolesterol jahat di dalam minyak goreng akan menambah lebih banyak lagi kolesterol jahat atau LDL pada udang.

2. Kukus lebih baik

Jadi, jika ingin udang memiliki jumlah LDL yang rendah, usahakan untuk memasak udang dengan mengukusnya. Pengukusan ini jauh lebih sehat dibandingkan jika anda memasak udang menggunakan minyak goreng.

3. Di bakar juga boleh

Alternatif lain jika anda tidak terlalu suka makanan yang dikukus, udang dimasak dengan cara dibakar. Memasak dengan cara dibakar akan membuat kandungan nutrisi pada udang tetap terjaga, dan anda pun tetap dapat menikmati kelezatan dari olahan seafood yang satu ini.

Efek Samping Konsumsi Udang

Secara umum udang tidak memiliki efek samping pada kesehatan. Hanya saja, bagi anda yang memiliki alergi pada jenis makanan laut, agar dapat berhati-hati ketika mengkonsumsi olahan udang dalam bentuk apapun. Jika perlu, ada baiknya anda membatasi jumlah konsumsi makanan dari olahan udang agar terhindar dari kambuhnya alergi.

Advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 12th, February 2015 / 16:54 Oleh :
Kategori : Daging