43 Manfaat Tinta Cumi Untuk Kesehatan dan Masakan

Cumi menjadi salah satu makanan laut yang populer di konsumsi di berbagai belahan dunia tidak hanya di Indonesia karena citarasa nikmat, unik dan teksturnya yang kenyal. Hewan yang termasuk binatang memiliki jaringan lunak atau filum moluska ini banyak dijual di paar tradisional ataupun supermarket dan cara mengemasnya juga bervariasi dari segar atau dikeringkan. Dibalik segudang manfaat dari daging cumi, ternyata tinta cumi yang berwarna hitam juga memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh kita dan berikut ini akan kami ulas selengkapnya mengenai manfaat tinta cumi untuk kesehatan dan berbagai penyakit kronis untuk anda.

  1. Mengatasi Tumor

Dalam tinta cumi memiliki khasiat untuk melawan sel tumor yang ada di dalam tubuh. Ini dilakukan dengan cara menyumtikkan tinta cumi ke pasien tumor yang sampai saat ini juga masih dipelajari lebih dalam oleh para ahli validitas dan juga dosis yang diperlukan untuk melawan sel tumor dengan menggunakan tinta cumi tersebut.

  1. Mengoptimalkan Sel Darah Putih

Cairan hitam yang dikeluarkan cumi cumi untuk melindungi diri dari serangan pemangsa ini ternyata juga memiliki kandungan istimewa yang didapatkan dari peneilitian yang baru baru ini dilakukan. Tinta cumi bisa mengaktifkan sel darah putih lebih baik yang berfungsi untuk melawan kuman penyakit di dalam tubuh manusia.

  1. Menyembuhkan Kanker

Kanker yang menjadi salah satu jenis penyakit mematikan ini banyak menyebabkan kematian meskipun pasien sudah menjalani berbagai pengobatan seperti kemoterapi dan radiasi. Untuk mengatasi masalah penyakit berbahaya ini, terapi kanker dengan memakai tinta cumi sangat disarankan untuk di coba, sebab dalam tinta cumi mengandung banyak protein khusus yang berguna untuk melawan kanker atau anti kanker.

  1. Mengandung Senyawa Melanin

Warna hitam yang terdapat dalam tinta cumi mengandung melanin yang tinggi dan melanin sebagai pigmen pemberi warna hitam ini akan berfungsi untuk melindungi tubuh dari bahaya radiasi sinar matahari seperti ultraviolet. Dengan mengkonsumsi tinta cumi, maka anda bisa terhindar dari kanker kulit yang sangat berbahaya tersebut.

  1. Merangsang Hormon

Ada beberapa hormon yang ada dalam tubuh manusia membutuhkan dorongan supaya bisa aktif yakni dengan cara mengkonsumsi makanan tertentu atau menjaga pola pikir agar terhindar dari stres berlebih. Kandungan zat tirosin yang ada dalam tinta cumi berfungsi sebagai situmulus atau hormon perangsang sehingga bisa mengaktifkan hormon adrenalin yang akan membuat detak jantung anda lebih stabil dan bertenaga sekaligus menyehatkan.

Artikel terkait:

  1. Mengandung Asam Amino Essensial

Asam amino essensial merupakan protein utama yang menyusun tubuh manusia dan ini tidak bisa di produksi sendiri oleh tubuh sehingga hanya bisa didapat dengan asupan makanan ke dalam tubuh. Salah satu penganan yang mengandung asam amino essensial tinggi adalah tinta cumi yang akan berguna untuk produksi hormon sekaligus memperbaiki sel tubuh yang rusak.

  1. Mengaktifkan Neurotransmitter Dopamin

Tinta cumi bisa mengaktifkan neuro transmitter yang merupakan penghantar sinyal dalam otak manusia dan dijalankan oleh hormon, enzim dan juga sel. Dengan mengkonsumsi tinta cumi maka anda bisa berpikir lebih jernih sekaligus terhindar dari stress berlebihan.

  1. Memproduksi Hormon Serotonin

Serotonin adalah hormon anti stress yang sangat baik dikonsumsi oleh penderita gangguan mental dan psikis seperti bipolar disorder atau depresi. Hormon ini memang sudah terdapat dalam tubuh manusia namun kadarnya sangat sedikit sehingga perlu ditingkatkan dengan cara konsumsi tinta cumi secara teratur.

  1. Memperbaiki Mood

Dalam tinta cumi juga mengandung salahsatu asam amino essensial yakni tirosin yang berguna untuk menyintesa protein sehingga akan memicu tumbuh kembang jenis protein lain di dalam tubuh. Tirosin akan memperlancar kinerja saraf otak dan juga memperbaiki mood seseorang.

  1. Melancarkan Metabolisme Tubuh

Kandungan taurin yang juga ada dalam tinta cumi bermanfaat untuk proses tubuh untuk mengubah makanan menjadi energi. Dengan mengkonsumsi tinta cumi, maka lemak tidak akan tertimbun dalam tubuh namun dikeluarkan melalui feses dan urin serta keringat.

  1. Mencegah Obesitas

Oleh karena sifat tinta cumi yang bisa meluruhkan lemak menumpuk di dalam tubuh, ini membuat seseorang yang rajin mengkonsumsi tinta cumi akan terhindar dari berat badan berlebih atau dengan kata lain obesitas.

  1. Sebagai Pengganti MSG

Untuk anda yang sering menggunakan MSG untuk membuat makanan menjadi sedap, akan lebih baik untuk memakai tinta cumi yang lebih menyehatkan. Tinta cumi memiliki rasa yang gurih dan bisa digunakan untuk mengganti MSG dalam masakan anda.

Artikel terkait:

  1. Mengandung Vitamin B Kompleks Tinggi

Vitamin B kompleks merupakan multivitamin yang memiliki banyak kegunaan untuk tubuh manusia. Dalam tinta cumi mengandung vitamin B1, B2, B6 dan B12 yang sangat berguna untuk menyerap karbohidrat atau vitamin lain di dalam tubuh.

  1. Meningkatkan Masa Otot

Kandungan asam amino dalam tinta cumi juga akan membantu untuk meningkatkan masa otot sehingga sangat baik dikonsumsi untuk anda yang sedang menjalankan program diet atau berolahraga untuk membentuk tubuh supaya lebih berotot.

  1. Membantu Proses Penyembuhan

Untuk anda yang memiliki luka atau sedang menderita sakit yang disebabkan bakteri, kuman atau radang juga sangat baik untuk mengkonsumsi tinta cumi sehingga proses penyembuhan bisa berlangsung lebih singkat karena kandungan asam amino yang ada dalam tinta cumi tersebut.

  1. Memperbaiki Jaringan Kulit

Masalah kulit yang tidak sehat atau penyakit kulit juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi tinta cumi yang tinggi akan kandungan asam amino. Asam amino ini akan bertugas untuk memperbaiki jaringan kulit yang rusak sekaligus jaringan ikat.

  1. Meningkatkan Nafsu Makan

Untuk anda yang memiliki buah hati tidak nafsu makan, maka bisa menggunakan tinta cumi ini untuk meningkatkan nafsu makan secara alami dengan cara mencampurkan tinta cumi dalam masakan kesukaan anak anda.

  1. Menyehatkan Sistem Pencernaan

Kandungan mineral yang ada dalam tinta cumi juga berperan penting untuk menjaga kesehatan sistem pencernaan seperti lambung dan usus karena kandungan riboflavin dan niasin yang ada dalam tinta cumi tersebut.

  1. Sumber Antioksidan

Tinta cumi juga menjadi sumber antioksidan baik untuk tubuh karena kandungan melanin yakni penghasil warna hitam pada tinta cumi. Tinta cumi memiliki kemampuan oksidasi lipid preventif yang sangat kuat sehingga bisa digunakan untuk mengobati berbagai penyakit berbahaya seperti jantung.

  1. Mengatasi Anemia

Dalam Journal of Food Science, para peneliti menemukan jika tinta cumi bisa mengurangi anemia defisiensi besi sehingga sangat baik dikonsumsi oleh anda yang menderita kekurangan darah atau anemia karena kandungan zat besi yang juga tinggi dalam tinta cumi.

Artikel terkait:

  1. Tinggi Akan Zat Besi

Tinta cumi juga menjadi sumber zat besi yang juga penting untuk tubuh manusia. Dengan jumlah zat besi yang cukup maka hemoglobin serta mioglobin dalam sel darah merah akan membawa oksigen ke seluruh tubuh lebih lancar.

  1. Mengatasi Bekas Luka

Sistem kekebalan tubuh yang berkurang akan menyebabkan banyak masalah seperti salah satunya bekas luka yang sulit dihilangkan. Anda bisa menggunakan tinta cumi ini untuk menghilangkan bekas luka dengan cara menggosokkan bubuk tinta cumi pada kulit yang terdapat bekas luka secara teratur.

  1. Sebagai Anti Inflamasi

Tinta cumi juga berkhasiat untuk mencegah terjadinya radang di dalam tubuh karena memiliki sifat anti inflamasi. Apabila anda terserang demam atau penyakit tertentu, maka bisa mengkonsumsi tinta cumi ini sebagai pengobatan alternatif alami yang aman untuk digunakan.

  1. Pewarna Makanan Alami

Selain bermanfaat untuk kesehatan, tinta cumi yang berwarna hitam ini juga bisa digunakan untuk dijadikan pewarna makanan alami seperti nasi, roti burger, pasta dan berbagai makanan lainnya. Tidak hanya memberikan warna hitam, namun tinta cumi juga akan memberikan rasa gurih pada makanan tersebut.

  1. Sumber Protein Tinggi

Tidak hanya bagian daging cumi saja yang mengandung kadar protein tinggi, namun tinta cumi juga mengandung melanoprotein yang didalamnya terdapat antara 10 sampai 15 persen protein sehingga bisa digunakan sebagai alternatif sumber protein yang sama baiknya dengan protein daging lainnya.

  1. Menghamba Bakteri Staphyloccus Aureus

Dari beberapa penelitian yang sudah dilakukan memberi bukti jika dalam tinta cumi khususnya dari jenis sepioteuthis lessoniana juga memiliki efek penghambat pada bakteri staphylococcus aureus di dalam tubuh anda.

Artikel terkait:

  1. Mengawetkan Makanan

Dalam tinta cumi juga memiliki kandungan anti bakteri yang berguna untuk bahan pengawet makanan alami sehingga makanan bisa bertahan lebih lama. Dengan menggunakan tinta cumi untuk mengawetkan makanan, maka anda akan terhindar dari efek berbahaya yang dihasilkan dari pengawet makanan berbahan dasar kimia.

  1. Mengandung Anti Bakteri

Bakteri menjadi salah satu organisme yang bisa menimbulkan berbagai penyakit dalam tubuh manusia dan bisa masuk dengan berbagai media perantara khususnya makanan. Tinta cumi mempunyai khasiat anti bakteri yang bisa menghambat pertumbuhan sekaligus membunuh kuman bakteri patogen seperti penyebab diare, penyebab tifus, penyebab pneumonia dan penyebab disentri.

  1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Kekebalan tubuh merupakan sistem mekanisme pada organisme yang e=bertugas melindungi tubuh dari bakteri luar tubuh sekaligus membunuh patogen dan juga sel tumor. Dari penelitian yang sudah dilakukan membuktikan jika tinta cumi bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sekaligus membunuh bakteri patogen dan juga virus yang menyerang tubuh.

  1. Mengandung Karsinogen

Dalam tinta cumi juga mengandung heterosiklik yang terdiri dari 2 jenis yakni hetero dan siklik. Zat karsinogen atau zat yang bisa mengurai dan membunuh sel kanker serta tumor ini menjadikan tinta cumi sebagai salah satu zat anti kanker yan sangat baik untuk tubuh manusia.

  1. Membantu Proses Pembentukan Tulang

Dalam tinta cumi juga mengandung kalsium dan zat besi yang sangat baik untuk memperkuat struktur tulang sekaligus pembentukan tulang. Ini membuat tinta cumi sangat baik dikonsumsi oleh semua usia khususnya anak-anak yang sedang berada dalam masa tumbuh.

  1. Menjaga Kesehatan Tubuh

Dalam tinta cumi yang mengandung banyak vitamin dan mineral penting, maka secara otomatis akan menjaga kesehatan tubuh untuk melawan berbagai penyakit berbahaya yang dibawa oleh bakteri dan virus dari luar tubuh anda.

Artikel terkait:

Manfaat Lain Tinta Cumi

Selain beberapa manfaat diatas, tinta cumi juga mengandung banyak kegunaan lainnya seperti:

  • Menyembuhkan jerawat
  • Terhindar dari gagal ginjal
  • Mengatasi aterosklerosis
  • Mengobati jantung koroner
  • Mencegah terjadinya demensia
  • Mencerdaskan otak khususnya anak-anak
  • Mengurangi resiko terserang alzheimer
  • Menguatkan gigi
  • Meningkatkan vitalitas pria
  • Melancarkan saluran pencernaan
  • Memperbaiki fungsi liver dan sebagainya.

Dengan begitu banyak manfaat tinta cumi yang bisa anda peroleh, maka bisa dikatakan tinta cumi ini sangat baik untuk dikonsumsi semua usia baik pria dan wanita tidak hanya untuk menjaga kesehatan, namun juga menyembuhkan penyakit kronis atau ringan sampai menyehatkan kulit anda.