9 Manfaat Anggur Laut Bagi Kesehatan dan Kecantikan

manfaat anggur lautAnggur laut yang memiliki nama Latin Caulerpa Racemosa merupakan sejenis rumput laut yang memiliki nilai ekonomis tinggi yakni bisa digunakan sebagai bahan makanan, obat dan juga pangan yang fungsional. Anggur laut memiliki nilai nutrisi yang sangat tinggi dan menjadi makanan lezat yang populer di negara Filipina dan juga Jepang. Bentuk dari tanaman ini kecil dengan cabang yang tegak serta struktur yang menyerupai anggur. Sedangkan tekstur dari anggur laut ini renyah, berair dan agak berlendir namun tetap lembut untuk dikonsumsi. Warna anggur laut adalah hijau terang sampai agak kebiruan dengan rasa seperti ganggang yang agak asin. Untuk mengetahui manfaat anggur laut selengkapnya, silahkan simak ulasan dari kami berikut ini.

Artikel terkait:

  1. Memperkuat Tulang dan Sendi

Dalam anggur laut mengandung protein, kalsium dan juga asam lemak tak jenuh yakni omega 3 yang sangat ampuh untuk mengatasi radang dan juga mengurangi gejala pengeroposan tulang seperti osteoporosis.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung dan Mata

Anggur laut juga mengandung asam lemak tak jenuh yakni AA, LA, DHA, EPA dan juga ALA. Semua jenis asam lemak tak jenuh ini berguna untuk meningkatkan kinerja penglihatan, menurunkan kadar kolesterol, meningkatkan fluiditas pembuluh darah, menjaga struktur kolagen, mencegah oksidasi dan juga mencegah penyakit kardiovaskular seperti infark miokard, stroke dan juga aterosklerosis.

  1. Mengatasi Diabetes dan Hipertensi

Tanaman laut ini juga kaya akan kandungan kalsium, vitamin C serta potasium yang baik untuk menurunkan tekanan darah karena kemampuan ekskresinya. Selain itu, anggur laut juga bisa mengatur kadar gula sekaligus menghambat penyebaran radikal bebas, mengurangi penumpukkan sorbitol intrasel serta mencegah pengikatan protein serta glukosa serta menurunkan komplikasi diabetes.

Artikel terkait:

  1. Mengatasi Sembelit

Kandungan kalori dan juga gula dalam anggur terbilang rendah sehingga bisa membantu bakteri baik dalam mencerna makanan sekaligus mengeluarkan limbah dengan lebih cepat sehingga lebih efisien dalam mencegah terjadinya sembelit.

  1. Mencegah Pembesaran Kelenjar Tiroid

Pembesaran abnormal kelenjar tiroid atau dikenal dengan nama goiter serta gondok juga bisa diatasi dengan mengkonsumsi anggur laut setiap hari. Hal ini bisa terjadi karena kandungan yodium tinggi yang terdapat dalam anggur laut sangat dibutuhkan untuk mencegah sakit gondok tersebut.

  1. Menjaga Kecantikan Rambut dan Kulit

Tidak hanya bermanfaat untuk mencegah penyakit, namun kandungan vitamin, antioksidan dan juga kolagen yang terdapat di dalam anggur laut juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit dan juga rambut. Kandungan nutrisi yang ada di dalam anggur laut ini akan meningkatkan rezim kulit tubuh, wajah dan juga kepala lewat selaput seluler. Sedangkan kandungan lemak yang ada dalam anggur laut berguna untuk meningkatkan fluiditas sekaligus mengurangi pori besar serta kulit yang kering.

Artikel terkait:

  1. Mencegah Obesitas

Karena kandungan gula dalam anggur laut sangat rendah namun tinggi akan protein nabati, vitamin C, seng, kalsium dan juga asam lemak tak jenuh, maka makanan ini tidak hanya menjadi santapan lezat namun juga mencegah terjadinya obesitas atau kelebihan berat badan.

  1. Anti Kanker

Dalam anggur laut mengandung zat alami bernama fucoidan yang sangat berguna sebagai zat anti kanker sehingga sangat baik digunakan untuk mencegah kanker dan menjaga kesehatan tubuh.

  1. Mengurangi Depresi

Anggur laut juga terbilang ampuh untuk mengatasi stres serta depresi karena kandungan vitamin B peridoksin atau lebih dikenal dengan nama B6 serta asam pantotenat atau vitamin B5. Beberapa jenis vitamin B ini akan berfungsi sebagai pengatur kelenjar adrenal supaya tidak cepat kehabisan tenaga dan terhindar dari rasa lelah dan juga depresi.

Artikel terkait:

Anggur laut yang termasuk dalam jenis rumput laut ini merupakan tanaman layak konsumsi yang memiliki nilai nutrisi tinggi sehingga manfaat anggur laut sangat komplit mulai dari mengatasi banyak penyakit sekaligus menjaga kecantikan kulit dan rambut anda.