15 Manfaat Gurita untuk Kesehatan Tubuh

Makanan laut seperti udang dan cumi-cumi sangat digemari karena rasanya yang enak dan bergizi tinggi. Mengonsumi makanan laut dalam porsi cukup dan tidak berlebihan sangat baik karena akan mendatangkan banyak manfaat makanan laut bagi kesehatan tubuh. Satu lagi jenis makanan laut yang enak dan mengandung banyak nutrisi yaitu gurita. Meskipun di Indonesia hewan laut ini tidak begitu populer seperti cumi-cumi dan udang namun di beberapa negara seperti Jepang dan Meksiko gurita adalah hewan yang umum dikonsumsi. Makanan Jepang seperti takoyaki kerap menggunakan gurita sebagai bahan isiannya.

Tidak hanya enak gurita juga mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh seperti protein, taurin, vitamin B12, lemak, zat besi, selenium, kalsium, kalium, fosfor, vitamin C, vitamin A, dan asam lemak omega 3. Dengan berbagai kandungan nutrisi ini tidak heran jika konsumsi daging gurita akan mendatangkan manfaat bagi kesehatan tubuh. Berikut manfaat gurita bagi kesehatan:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Daya tahan tubuh yang baik amat diperlukan agar tubuh tidak mudah terserang penyakit. Untuk itu dianjurkan mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi seperti daging gurita sehingga daya tahan tubuh meningkat. Selain itu anda juga bisa mendapatkan daya tubuh yang baik dengan manfaat jeruk sunkist dan manfaat madu.

2. Mencegah anemia

Kandungan zat besi pada daging gurita juga baik untuk mencegah penyakit anemia sehingga produksi sel darah merah berjalan lancar. Anemia juga dapat dicegah dengan rajin mengonsumsi buah-buahan seperti manfaat kurma untuk anemia dan manfaat buah bit untuk anemia.

3. Baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak

Anak-anak memerlukan beragam nutrisi dalam jumlah cukup untuk menunjang pertumbuhan dan perkembangannya, Salah satunya yang diperlukan adalah zat besi seperti yang terkandung pada daging gurita. Jika tidak sempat mengonsumsi makanan laut ini anda juga dapat memberi asupan berupa susu. Ada banyak jenis susu yang tersedia di pasaran yang baik untuk pertumbuhan dan perkembangan anak seperti manfaat susu zee dan manfaat susu bebelac 3. Tinggal pilih sesuai usia dan kebutuhan anak.

4. Sebagai menu diet

Daging gurita juga baik dikonsumsi oleh orang yang sedang diet karena kandungan kalori dan lemaknya yang rendah sementara kandungan proteinnya sangat tinggi. Namun perlu diperhatikan cara pengolahan dan penyajian daging gurita untuk keberhasilan program diet. Jangan menambahkan bahan-bahan seperti mayonaise yang justru dapat meningkatkan kadar kalori pada gurita. Diet umumnya juga diikuti dengan konsumsi buah-buahan seperti manfaat bengkoang untuk diet dan manfaat buah semangka untuk diet.

5. Menambah massa otot

Konsumsi daging gurita diketahui juga bemanfaat menambah massa otot sehingga tubuh sehat berisi dapat menjadi milik anda sekaligus meningkatkan kepercayaan diri. Tidak cukup hanya dengan memilih jenis makanan otot sehat berisi juga bisa diraih dengan rajin berolahraga dan melatih otot. Diantaranya ada 15 manfaat push up secara rutin dan 14 manfaat sit up untuk kesehatan tubuh. Makanan yang tepat plus rajin latihan akan membuat otot anda lebih sehat berisi.


6. Mencegah flu

Manfaat gurita lainnya yang jarang diketahui adalah dapat mencegah flu. Meskipun tidak berat namun gejala penyakit ini cukup mengganggu kenyamanan dan kelancaran beraktivitas. Flu juga bisa dicegah dengan manfaat gizidat sebagai suplemen kesehatan dan manfaat jahe saat flu.

7. Menangkal radikal bebas

Kandungan selenium pada daging gurita dapat berperan sebagai antioksidan yang dikenal mampu menangkal serangan radikal bebas sehingga sel-sel tubuh tetap normal dan tubuh terhindar dari berbagai penyakit berbahaya. Selain daging gurita anda juga bisa mendapatkan manfaat antioksidan dari bahan makanan lain seperti manfaat jeruk bali dan manfaat buah cupuacu.

8. Mencegah penuaan dini

Antioksidan pada daging gurita juga dapat mencegah terjadinya penuaan dini sehingga anda akan terlihat awet muda tanpa kerutan di wajah. Penuaan dini juga bisa dicegah dengan manfaat teh barley dan manfaat olahraga untuk awet muda.

9. Baik untuk metabolisme

Metabolisme yang baik penting agar seluruh fungsi dan proses tubuh dapat berjalan dengan lancar. Salah satu cara mendapatkannya adalah dengan mengonsumsi daging gurita yang mengandung vitamin B12. Metabolisme yang baik juga bisa anda dapatkan dari manfaat sari agegard yang berupa suplemen kesehatan.

10. Mencegah stres

Dengan adanya kandungan taurin pada daging gurita menjadikan konsumsi daging ini bermanfaat untuk mencegah terjadinya stres. Selain melalui makanan stres juga dapat dicegah dengan melakukan kegiatan berupa fitness atau mandi sauna. Tidak hanya mengatasi stres ada beragam manfaat sauna dan 13 manfaat fitness bagi kesehatan.

11. Baik untuk kesehatan jantung

Kandungan taurin yang terkandung pada daging gurita juga dikenal baik untuk mendukung dan melindungi kesehatan jantung. Tentunya daging gurita yang dikonsumsi sebelumnya harus diolah dengan cara yang benar serta tidak menambahkan bahan-bahan yang justru dapat mengganggu kesehatan.

12. Meminimalisir risiko kanker

Daging gurita juga mengandung omega-3 yang sangat bermanfaat bagi tubuh. Salah satunya dapat meminimalisir risiko kanker yang merupakan penyakit mematikan. Cara lain untuk meminimalisir risiko kanker adalah dengan manfaat teh bawang dayak yang dikonsumi secara rutin.

13. Baik untuk perkembangan otak anak

Jika anda menginginkan anak anda menjadi cerdas maka salah satu caranya adalah dengan memberi asupan makanan bergizi seperti daging gurita. Kandungan omega-3 nya dikenal sangat baik untuk membantu perkembangan otak anak. Perkembangan otak anak yang baik juga bisa didapat dari manfaat ikan dori dan 15 manfaat minyak ikan untuk anak dan balita.

14. Baik untuk kesehatan hati

Sebagai organ vital hati harus dijaga kesehatannya. Salah satu caranya adalah dengan mengonsumsi daging gurita. Kandungan taurinnya bermanfaat untuk meningkatkan fungsi hati serta mencegah penumpukan lemak pada hati akibat sering mengonsumsi alkohol.

15. Menurunkan hipertensi

Selain obat-obatan dokter ada banyak makanan alami yang baik untuk menurunkan kadar tekanan darah seperti daging ikan gurita dan manfaat mengkudu untuk hipertensi.

Berbagai manfaat gurita di atas bisa anda rasakan asalkan diproses dengan cara yang benar. Seperti dengan menghindari proses penggorengan yang menggunakan terlalu banyak minyak atau menggunakan saus mayonaise yang tinggi lemak. Selain itu konsumsi daging gurita sebaiknya diiringi juga dengan sayur-sayuran sehingga lebih sehat dan bermanfaat.

Video Manfaat Gurit bagi Tubuh

, , , ,
Oleh :
Kategori : Hewan