11 Manfaat Minum Susu Setiap Hari

Susu merupakan salah satu jenis minuman yang diambil dari kelenjar susu mamalia. Susu sudah tidak asing lagi bagi kebanyakan orang di dunia ini, mulai dari susu ibu maupun susu dari hewan mamalia lainnya. susu yang paling populer dari hewan mamalia adalah susu sapi. Jenis susu lainnya antara lain seperti susu kambing, susu kuda, susu unta, dan susu domba. Susu menjadi minuman yang banyak digemari oleh orang karena khasiatnya yang sangat baik bagi tubuh.

artikel terkait manfaat susu:

Zat yang berada di dalam susu sangatlah dibutuhkan untuk perkembangan dan keoptimalan kinerja tubuh. susu mengandung kalsium tinggi dan merupakan minuman yang menjadi sumber kalsium. Oleh karena itu anak-anak sangat penting mengonsumsi susu untuk membantu mengoptimalkan perkembangan dan pertumbuhan mereka. Saat ini sudah sangat banyak beredar aneka jenis merek susu formula yang biasanya dari susu sapi dengan berbagai kemasan dan rasa. Rasa cokelat, plain dan buah-buahan membuat susu menjadi lebih disenangi.

Manfaat minum susu bagi tubuh

susu bisa dikonsumsi dengan cara meminum susu segar atau dengan produk turunannya. Hasil produk turunan dari susu antara lain adalah susu bubuk, susu kental manis, susu UHT, yogurt, keju, susu pasteurisasi dan susu skim. Anda bisa memilih berbagai jenis produk olahan susu dengan mudah karena produk tersebut sudah banyak dijual dipasaran dengan berbaga varian harga sehingga anda yang dalam ekonomi cukup pun mampu membelinya. Nah, berikut ini adalah beberapa manfaat dari susu untuk kesehatan yang perlu anda ketahui:

  1. Menetralisir racun dalam tubuh

Racun seringkali masuk dalam tubuh tanpa kita sadari entah itu dari lingkungan yang tidak sehat atau dari makanan yang juga tidak sehat. manfaat dari susu yang pertama adalah mampu menetralisir racun yang ada di dalam tubuh. racun yang masuk dalam tubuh sangatlah berbahaya karena bisa menganggu kesehatan. Oleh karena itu untuk menghilangkan racun ini anda bisa meminta solusi dari susu ya.

artikel terkait: manfaat susu sapi murni

  1. Membuat tulang dan gigi kuat

Tulang dan gigi adalah dua organ yang sangatlah penting bagi tubuh. tulang membantu manusia melakukan berbagai aktivitas bergerak dan juga menopang tubuh sedangkan gigi berfungsi untuk menghancurkan makanan sehingga pencernaan menjadi lebih sehat dan vitamin serta gizi dalam makanan bisa diserap baik oleh tubuh. namun sayangnya semakin bertambahnya usia kepadatan dan kekuatan tulang dan gigi ini semakin menurun karena kalsium juga tiap harinya mengalami pengikisan dan terbuang melalui urin.

Oleh karena manfaat dari susu adalah membantu menguatkan tulang dan gigi dan menjaga kepadatannya sehingga terhindar dari berbagai jenis masalah kesehatan tulang dan gigi. Dengan meminum susu atau produk turunannya akan membantu anda memenuhi kebutuhan kalsium harian anda. Lebih bagusnya lagi susu ini sangat aman dan sehat dikonsumsi tanpa menimbulkan efek samping.

artikel terkait: manfaat soda susu

  1. Membantu mengoptimalkan pertumbuhan anak

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya bahwa manfaat dari susu adalah untuk mengoptimalkan pertumbuhan tulang dan gigi terutama pada anak-anak dan remaja karena pada masa itulah masa perkembangan tubuh sangat baik. dengan minum susu secara rutin, kebutuhan kalsium akan senantiasa terpenuhhi sehingga pertumbuhan anak pun menjadi lebih optimal. Anak-anak yang mengalami kekurangan kalsium biasanya memiliki bentuk tubuh yang tidak proporsional dan mengalami kelambatan pertumbuhan. Susu juga baik untuk menambah daya ingat sehingga anak-anak sangat cocok dan sehat mengonsumsi susu.

artikel terkait: manfaat susu beruang

  1. Memberikan energi untuk tubuh

Selain kalsium kandungan lainnya yang ada di dalam susu adalah kalori. Kalori ini meskipun tak jarang dihindari karena membuat gendut ternyata sangat dibutuhkan oleh tubuh sebagai salah satu sumber energi. Namun konsumsi kalori dalam susu ini harus diperhatikan dengan baik karena terlalu banyak kalori dalam tubuh juga tidak baik dan ya memang bisa menyebabkan kegemukan atau obesitas.

artikel terkait: manfaat susu almond

  1. Baik untuk kecantikan

Bagi anda yang mengalami masalah kulit terutama masalah kulit kering juga bisa dibantu solusinya dengan menggunakan susu. Kandungan asam laktat yang ada di dalam susu mampu membuat kulit menjadi lebih terhidrasi dan juga lebih halus serta lebih cerah merona. Maka tidak heran banyak spa atau lulur yang menggunakan susu murni karena memang sangat baik untuk kecantikan kulit. Di dalam susu juga terdapat antioksidan yang mampu membuat kulit lebih sehat dan lebih tahan dari berbagai jenis radikal bebas. Radikal bebas di dalam kulit memang cukup banyak karena kulitlah media pertama yang akan dimasuki oleh radikal bebas. Jadi, jika anda ingin tetap awet muda maka anda tidak perlu bermahal-mahal membeli produk kecantikan anti aging ya namun cukup mengonsumsi susu setiap hari atau mandi susu juga bisa menjadi pilihan anda.

artikel terkait: manfaat susu kedelai

  1. Mengendalikan tekanan darah

Manfaat lainnya yang akan di dapatkan oleh tubuh saat mengonsumsi susu adalah mampu mengendalikan tekanan darah terutama bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi atau tekanan darah rendah. Hasil ini diperoleh melalui penelitian yang dilakukan di spanyol dan menggunakan sampel sebanyak 5000 orang. mereka yang mengonsumsi susu secara rutin setiap harinya memiliki resiko 54 persen lebih kecil untuk mengalami hipertensi dibandingkan dengan mereka yang tidak mengonsumsi susu.

artikel terkait: manfaat susu

  1. Menjaga tingkat kesuburan

Jika anda saat ini sedang berusaha mendapatkan keturunan dan sedang dalam program kehamilan maka minum susu secara rutin adalah hal yang harus anda lakukan. hal ini seperti hasil penelitian yang dilakukan oleh universitas Harvard amerika dimana hasilnya adalah mereka yang mengonsumsi susu tinggi lemak sekitar 25 persen akan lebih kecil resikonya mengalami gangguan kesuburan atau masalah pada ovulasi dibandingkan dengan mereka yang hanya mengonsumsi susu dalam waktu seminggu sekali.

artikel terkait: manfaat susu bubuk

  1. Membantu menurunkan berat badan

Orang yang minum susu membuatnya menjadi gemuk? Jika anda masih berpikiran demikian maka anda salah besar. Hal ini sudah dilakukan penelitian bahwa orang yang rajin minum susu justru akan lebih mudah dalam menurunkan berat badan. Hal ini tentu saja karena susu mengandung banyak kandungan zat gizi dan bisa memberikan efek lebih kenyang sehingga anda tidak mau lagi makan terus menerus. Jadi dengan manfaat minum susu anda bisa menghindari kebiasaan ngemil camilan yang tidak sehat dan membuat gendut. Kalori di dalam segelas susu sama dengan nasi satu piring dan itu sudah cukup untuk menjadi sumber energi bagi tubuh kita.

artikel terkait: manfaat CDR

  1. Mengurangi stress dan depresi

Jika anda saat ini sedang dalam tekanan batin karena masalah pekerjaan yang menumpuk, bos yang galak, berseteru dengan rekan kerja atau ada masalah dalam hubungan rumah tangga sehingga anda menjadi stress dan depresi, jika iya maka segeralah pergi ke dapur dan buat segelas susu hangat. Kandungan protein dan lactium yang ada di dalam susu sudah terbukti mampu merilekskan tekanan darah dan membuat hormone penyebab stress dan depresi mengendur sehingga otak menjadi lebih rileks dan tidak tegang. Ketika anda minum susu kualitas tidur anda juga akan menjadi lebih baik sehingga anda bisa istirahat dengan nyaman dan keesokan harinya anda bisa lebih segar dan fit dalam menjalani kehidupan anda yang penuh dengan kejutan.

artikel terkait: manfat getah damar

  1. Menjaga dan membentuk otot

Protein di dalam susu termasuk tinggi dan sangat baik untuk membentuk massa otot supaya lebih sehat dan kuat. Oleh karena itu tidaklah heran ketika banyak atlet olahraga yang selalu rutin mengonsumsi susu. Protein yang terkandung dalam segelas susu sebesar 8,1 mg dan jumlah ini sangatlah cukup untuk memenuhi kebutuhan asupan protein harian anda. Jadi jika anda ingin memiliki bentuk tubuh yang ideal dan sehat seperti para atlet maka jangan sungkan untuk mengonsumsi susu ya.

artikel terkait: manfaat ikan kutuk

Itulah sepuluh manfaat susu yang bisa anda dapatkan dari mengonsumsi susu ataupun produk turunannnya yang juga mengandung banyak susu. Untuk orang dewasa konsumsi susu sangatlah mudah yaitu dengan menyeduhnya saja di dalam segelas air hangat dan minum saat itu juga. Namun untuk pemberian susu pada balita perlu diperhatikan beberapa hal berikut ini:

  • Berilah bayi susu saat bayi dalam keadaan duduk atau disangga saja dengan botol susu. Jangan memberi susu pada posisi tidur karena memungkinkan menyebabkan infeksi telinga.
  • Tetap pegang botol sampai bayi sudah tidak mau minum lagi dan jangan biarkan botol tidak dipegangi karena bisa menyebabkan bayi tersedak.
  • Membiarkan botol susu tetap berada di mulut bayi saat tidur bisa menyebabkan lubang pada gigi sehingga ini sangatlah tidak baik. oleh karena itu ketika bayi sudah tidur cobalah untuk mengangkat botol bayi perlahan saja.
  • Hindari menggunakan tambahan gula atau cokelat pada susu bayi karena bisa membuat gigi berlubang dan sakit. Jika perlu sebelum tidur usahakan untuk membersihkan gigi bayi terlebih dahulu untuk membersihkan lemak di dalam mulut bayi.
  • Tahukah anda bahwa selalu menuruti bayi minum susu sebelum tidur bisa menjadikan kebiasaan dan bayi akan sangat sulit tidur jika tidak minum susu. Oleh karena itu sebaiknya setelah bayi berusia lebih dari 6 bulan untuk dipisahkan dari susu secara perlahan terutama saat hendak tidur.

artikel terkait: manfaat perencanaan pembelajaran

Demikianlah informasi mengenai manfaat susu yang perlu anda ketahui. Ternyata manfaatnya ini sangatlah baik dan dahsyat bagi kesehatan tubuh bukan? Terima kasih dan semoga bermanfaat bagi anda semua.

, , , ,
Post Date: Saturday 20th, August 2016 / 04:01 Oleh :
Kategori : Minuman