11 Manfaat Teh Basi Untuk Kesehatan Rambut dan Kecantikan

Manfaat teh sangatlah banyak apalagi teh basi dia sangat berperan untuk kesehatan dan kecantikan ternyata masih banyak belum diketahui. Teh merupakan jenis minuman yang paling sering dikonsumsi oleh masyarakat di berbagai belahan dunia. Teh sangat nikmat dikonsumsi dengan roti ataupun biskuit, sebagai pengganti kopi. Teh sendiri memiliki banyak manfaat jika dikonsumsi dalam batas-batas tertentu. Akan tetapi, tahukan anda bahwa sisa teh konsumsi (atau teh basi) memiliki manfaat yang sangat banyak untuk kesehatan dan kecantikan?

Teh basi merupakan sisa teh yang dikonsumsi. Teh ini bisa berupa ampas dari bubuk teh, atau pun kantong-kantong teh celup yang berisi bubuk teh yang telah diseduh. Apapun macam bentuknya, ternyata sisa dari seduhan teh dapat anda gunakan untuk dimanfaatkan sebagai solusi permasalahan anda. Khususnya, manfaat dari teh basi ini sangat populer dalam hal perawatan kecantikan.

Manfaat Dari Teh Basi untuk Kecantikan Wajah dan Rambut

Teh basi mulai sekarang jangan lagi anda langsung buang, karena ternyata anda mampu mengatasi beberapa masalah kulit wajah dan kesehatan rambut dengan menggunakan sisa teh ini. Tentu anda ingin mengetahui apa saja manfaat dari teh basi bukan? Berikut ini beberapa manfaat teh basi yang dapat anda pelajari untuk kecantikan wajah dan rambut anda:

  1. Menghilangkan Jerawat

Jerawat merupakan permasalahan kulit wajah yang paling umum terjadi. Akan tetapi, jerawat juga merupakan permasalahan kulit wajah yang paling menjengkelkan. Hal ini dilatarbelakangi oleh kulit wajah yang akan sangat mengganggu penampilan secara keseluruhan. Penggunaan teh basi untuk menghilangkan jerawat dapat dilakukan dengan menempelkan sisa kantung teh celup. Akan tetapi, kantung teh celup ini terlebih dahulu harus direndam semalaman sebelum digunakan. Keesokan harinya, gunakanlah kantung teh celup tersebut dengan menempelkannya di atas jerawat selama 10 menit, angkat, dan kemudian bilas dengan air hangat.

Artikel lainnya:

  1. Menghilangkan Kantung Mata Hitam

Kantung mata yang menghitam dapat disebabkan oleh kelelahan dan waktu tidur yang sangat kurang. Keadaan kantung mata hitam ini sama seperti jerawat juga dapat mengganggu penampilan secara keseluruhan. Akan tetapi, kantung mata hitam ternyata dapat dihilangkan dengan efektif menggunakan teh basi. Anda cukup merendam seluruh wajah ke dalam teh basi. Pastikan teh basi menutup seluruh bagian wajah anda. Bukalah mata selama melakukan perendaman untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (baca juga: Manfaat Teh)

  1. Mencerahkan Kulit Wajah

Kandungan dalam bubuk teh sangat kaya akan vitamin E. Hal inilah yang menjadi alasan mengonsumsi teh akan sangat bermanfaat untuk kulit. Jika teh sudah terlanjur basi, tidak berarti kandungan vitamin E tersebut akan menghilang. Kandungan vitamin tetap ada dan dapat anda manfaatkan untuk mencerahkan kulit wajah anda. Gunakan ampas bubuk teh menjadi masker alami yang anda olah sendiri. Anda cukup mengeluarkan/ menyaring bubuk teh basi dan diamkan selama satu malaman, setelahnya oleskan seluruh bubuk teh ke permukaan wajah anda. Diamkan beberapa saat lalu bilas menggunakan air hangat.

  1. Mengencangkan Kulit Wajah

Kulit wajah yang kendor merupakan salah satu tanda penuaan dini. Masalah ini harus segera diatasi. Cara mengatasi kulit wajah dapat anda lakukan dengan perawatan secara alami ataupun menggunakan produk-produk kecantikan yang sudah cukup populer. Akan tetapi, anda juga dapat mengencangkan kulit wajah dengan manfaat dari teh basi. Anda cukup melakukan cuci muka secara rutin dengan menggunakan teh yang telah disimpan selama semalaman. Perawatan ini akan menjaga kulit wajah anda tetap kencang dan tidak kendor. (baca juga: Manfaat Teh Ashitaba)

  1. Melembutkan dan Melembabkan Kulit Wajah

Mencuci muka dengan rutin menggunakan teh basi juga memiliki manfaat lain, selain mengencangkan kulit wajah. Kulit wajah yang lembut dan lembab dapat anda miliki dengan melakukan pencucian muka menggunakan teh basi. Lakukan hal ini secara rutin, khususnya setelah bangun tidur di pagi hari. Jangan lupa untuk membilasnya dengan air hangat. Kulit anda akan terasa lebih lembut dan tentunya lebih lembab menggunakan manfaat teh basi ini.

  1. Menghitamkan Rambut Uban secara Alami

Uban di kepala saat ini tidak hanya dimiliki oleh para lansia, melainkan juga oleh para muda-mudi. Uban pada usia muda dapat disebabkan oleh stress dan faktor lainnya. Tentunya akan mengganggu penampilan anda, jika uban sudah bermunculan di usia anda yang masih muda. Salah satu cara mengatasi permasalahan uban adalah dengan menghitamkannya secara alami menggunakan teh basi. Gunakanlah teh basi yang telah didiamkan semalaman seperti menggunakan masker rambut. Gunakan teh basi setelah anda berkeramas sebelumnya. Siramkan seluruh teh basi ke sela-sela rambut secara merata. Tutup selama beberapa saat dan bilaslah menggunakan shampo dan air bersih.

  1. Mengatasi Permasalahan Rambut Rontok

Rambut rontok merupakan permasalahan pada rambut yang sangat berbahaya. Jika tidak segera dilakukan penanganan, maka anda akan segera mengalami kebotakan di usia muda. Salah satu cara untuk mengatasi permasalahan rambut ini dapat anda gunakan khasiat dari teh basi. Usapkan teh basi secukupnya ke seluruh bagian rambut anda, khususnya di beberapa bagian yang paling mudah rontok menurut pengalaman anda. Diamkan teh basi di kepala anda selama beberapa menit. Jika sudah menyerap dan mengering di kepala anda, maka bilaslah dengan ait hangat. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal. (baca juga: Manfaat Teh Campur Madu)

  1. Menghilangkan Ketombe dari Kulit Kepala

Satu lagi permasalahan kulit yang dapat diatasi oleh khasiat teh basi adalah masalah ketombe. Ketombe sangat sering muncul pada kulit kepala yang kering dan tidak memiliki asupan nutrisi yang baik. Oleh karena itu, nutrisi bagi kulit kepala dapat didapatkan melalui teh basi. Teh basi memiliki kandungan vitamin yang mampu membantu pemulihan kulit kepala dari ketombe. Anda dapat melakukannya dengan menyiram teh basi ke kulit kepala dan meratakannya dengan memijat kulit kepala hingga air teh basi dapat meresap. Jika sudah bilaslah dengan menggunakan shampoo dan air bersih.

  1. Melembabkan Rambut

Rambut yang lembab merupakan rambut idaman setiap orang. Hal ini dapat anda miliki dengan menggunakan khasiat dari teh basi. Anda cukup menggunakannya pada rambut seperti anda menggunakan masker rambut. Misalnya anda telah mengoleskan air teh basi dengan merata di seluruh permukaan kepala, maka anda dapat melakukan pembilasan untuk mendapatkan rambut yang kembali bersih. Rambut yang lembab juga membuat rambut lebih mudah diatur dan tidak gampang kusut.

  1. Melembutkan Rambut

Kelembutan rambut dapat didapatkan jika rambut memiliki nutrisi yang cukup dari akarnya. Nutrisi untuk akar rambut dapat anda miliki dengan memanfaatkan teh basi atau teh yang telah didiamkan semalaman. Oles seluruh bagian kepala anda dengan menggunakan teh basi. Jika sudah bilaslah hingga bersih menggunakan air bersih.

Artikel lainnya:

  1. Mengatasi Jamur pada Kuku

Jamur kuku merupakan keadaan yang disebabkan oleh infeksi jamur di sekitar kuku. Hal ini dapat dialami oleh kuku jemari tangan ataupun kuku jemari kaki. Anda dapat membunuh jamur-jamur pada kuku dengan menggunakan salah satu manfaat dari teh basi ini. Anda dapat menggunakan kantung teh celup yang telah didiamkan selama beberapa jam dan tempatkan pada kuku kaki yang berjamur. Diamkan selama 15 menit dan lakukan berulang kali. (baca juga: Manfaat Teh Manis)


Resiko Penggunaan Teh Basi Tanpa Petunjuk Khusus

Penggunaan teh basi memang banyak manfaatnya. Akan tetapi, jika tidak digunakan secara hati-hati dan sesuai petunjuk akan ada resiko dalam penggunaannya. Berikut ini beberapa resiko penggunaan teh basi:

  • Menjadi sarang bakteri di beberapa bagian tubuh yang terkena teh basi
  • Membahayakan tubuh karena teh telah teroksidasi
  • Jika teh basi terminum dapat membahayakan tubuh anda akibat sel darah merah yang rusak
  • Teh basi yang tidak sengaja terminum juga dapat menyebabkan koma
  • Teh basi dapat mencuri zat-zat simultan dalam tubuh
  • Zat besi tidak dapat terserap oleh tubuh yang tidak sengaja meminum teh basi

Itulah tadi beberapa informasi mengenai 11 manfaat teh basi untuk kesehatan dan kecantikan. Akan tetapi perlu diperhatikan juga bahwa penggunaan yang tidak tepat dapat menimbulkan resiko yang cukup besar. Oleh karena itu, manfaatkanlah teh basi sesuai kebutuhan anda dan hati-hati dalam penggunaannya. Sehingga anda pun dapat memiliki wajah yang cantik, rambut yang indah, serta tubuh yang sehat secara alami.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 12th, July 2017 / 07:39 Oleh :
Kategori : Minuman