Manfaat Udara Bersih dalam Kehidupan Sehari – Hari

Udara adalah salah satu unsur kehidupan yang ada di bumi. Udara di perlukan oleh setiap makhluk hidup untuk bernafas. Udara yang di hirup berupa oksigen dan di keluarkan dalam bentuk karbon dioksida. Udara bisa saja tercemar akibat beberap hal salah satunya adalah yang dikenal dengan polusi udara. Polusi udara disebabkan karena pencemaran yang disebabkan oleh tangan manusia yang tidak bertanggung jawab. Contohnya pembakaran hutan yang tidak di kontrol dapat mengakibatkan asap yang mencemari udara. Akibatnya pasokan oksigen untuk bernafas berkurang karena lingkungan sekitar lebih banyak karbon dioksida hasil pembakaran hutan. Biasanya pelaku pembakaran hutan akan diberikan sanksi tegas oleh pemerintah setempat agar tidak mengulangin lagi kegiatan yang merugikan tersebut.

Artikel terkait :

Akibat polusi udara banyak masalah yang akan ditemui contohnya masalah saluran pernafasan.Yang mana hal ini tentu akan sangat menganggu sekali pada anak balita. Bahkan jika tidak segera mendapatkan pertolongan bisa menyebabkan penderita meninggal dunia. Kasus ini sudah sering terjadi dan di liput seperti terakhir terjadi di pulau sumatera khususnya Riau pada akhir tahun 2015 lalu. Udara yang merupakan elemen penting ini sangatlah bermanfaat di tubuh manusia. Apalagi udara bersih, yaitu udara yang sering kita jumpai padapagi hari. Suasana yang tenang dan embun pagi membuat suasana hati membaik ditambah dengan udara yang belum tercemar knalpot motor.

Berikut ini ulasan untuk manfaat udara bersih bagi makhluk hidup :

1.Untuk bernafas

Udara bagi kehidupan seluruh makhluk hidup di manfaatkan sebagai pernafasan untuk mendapatkan oksigen demi keberlansungan hidup seluruh makhluk yang ada di bumi. Elemen udara ini menjadi elemen terpenting dan di butuhkan. Bayangkan saja jika kehidupan tanpa ada udara terutama udara bersih tentu semua makhluk akan mati dan tidak ada kehidupan lagi di atas bumi ini.

Artikel terkait :

2. Penyerbukan tanaman

Manfat udara bersih berikutnya bagi tanaman adalah untuk membantu penyerbukan. Penyerbukan pada tanaman ditandai dengan jatuhnya serbuk sari ke kepala putih hinga nanti menghasilkan buah – buahan. Peristiwa penting ini memerlukan bantuan udara bersih.

Artikel terkait :

3. Pembangkit listrik tenaga angin

Selanjutnya pembangkit listrik tenaga angin termasuk salah satu buatan tradisional yang sampai saat ini masih dimanfaatkan terutama di desa – desa. Udara yang digunakan disini adalah udara bersih yang berfungsi untuk mengalirkan listrik ke rumah – rumah saat malam menjelang. Pembangkit tenaga listrik dari udara ini termasuk salah satu bentuk pengetahuan yang harus dilestarikan agar tidak hilang. Karena bisa jadi sewaktu – waktu akan sangat diperlukan.

Artikel terkait :

4. Melayarkan perahu

Perahu merupakan alat transportasi untuk menghubungkan suatu tempat dengan tempat lainnya menggunakan bantuan udara ataupun mesin. Sebelum ada perahu yang bisa berjalan menggunakan mesin pada saat dahulu perahu kadang juga memerlukan bantuan angin untuk mengetahui kondisi pasang surut air di suatu tempat. Kadang air yang pasang atau surut bisa menjadi prediksi bagi nelayan yang ingin menangkap ikan.

Artikel terkait :

5. Meradiasi sinar matahari

Manfaat udara bersih selanjutnya bagi kehidupan di bumi adalah untuk meradiasai sinar matahari. Sinar matahari mengandung ultraviolet yang berbahaya bagi kulit jika terpapar lama saat jam 10 pagi hingga jam 3 sore. Itu sebabnya dianjurkan untuk menggunakan pelindung kulit dari radiasi sinar matahari. Namun radiasi sinar matahari yang menyinari bumi belumlah seberapa karena telah diradiasikan oleh udara. Sehinga paparannya tidak begitu kuat. Bayangkan jika tidak ada udara tentu sinar matahari akan penuh meradiasi dan ini berbahaya untuk kesehatan kulit.

Artikel terkait :

Itulah beberapa manfaat yang didapatkan dari manfaat udara bersih dalam kehidupan sehari – hari. Mari menjaga udara agar tetap bersih.