10 Manfaat Sinar Matahari Pagi Untuk Kesehatan

Sinar matahari pagi yang muncul dipermukaan memang terang benderang. Dibalik sinarnya yang memukau mata sinar matahari memiliki segudang manfaat bagi kesehatan tubuh sehari – hari. Sinar matahari pagi terjadi pada waktu matahari terbit hingga jam delapan pagi. Setelah itu sebaiknya hindari untuk mendapatkan sinar dari matahari karena sudah mengandung sinar ultraviolet yang tidak baik untuk kulit. Karena terlalu lama berada dibawah sinar matahari diatas jam delapan pagi dapat menyebabkan penyakit kulit seperti kanker kulit. Berikut ini manfaat sinar matahari pagi bagi kesehatan :

1. Kesehatan tulang pada tubuh

Sinar matahari memngandung vitamin D didalamnya sehingga baik untuk tulang. Vitamin D dipercaya mampu menguatkan otot dan tulang didalam tubuh untuk mencegah penyakit osteoporosis. Penyakit osteoporosis ini banyak menyerang usia tua namun tidak menutup kemungkinan diderita oleh orang dewasa karena gaya hidup yang tidak sehat. Jadi untuk menjaga kesehatan tulang luangkanlah waktu sekitar 30 menit untuk bejemur dibawah sinar matahari pagi dan rasakan sinarnya menembus kulit Anda. Jika sinar matahari terlalu menyilaukan mata saat berjemur dibawahnya maka gunakanlah kacamata hitam.

Artikel terkait :

2. Mencegah diabetes

Diabetes merupakan lonjakan kadar gula didalam darah yang melebihi batas normal akibat kinerja dari hormon insulin yang terganggu. Diabetes umumnya terjadi karena gaya hidup yang salah dan jarang beraktifitas. Terlebih biasanya penderita diabetes tidak dianjurkan sama sekali untuk mengonsumsi makanan dan minuman yang manis. Ini karena lonjakan kadar gula dalam darah bisa mengakibatkan komplikasi terhadap penyakit lainnya. Sinar matahari pagi dipercaya mampu menurunkan kadar gula dalam darah dengan berjemur dibawah sinarnya selama 30 menit saja. Anda dapat melakukannya sebagai rutinitas sehat setiap hari. Dengan ini dapat membantu mencegah penyakit diabetes menghantui anda.

Artikel terkait :

3. Kanker

Kandungan vitamin d yang terdapat pada sinar matahari juga dapat menurunkan resiko kanker. Kanker dalam jenis ini adalah kanker prostat dan kanker payudara. Cahaya matahari pagi yang sehat tersebut meminimalkan kanker dan menjaga kesehatan tubuh untuk jangka waktu yang panjang. Kanker merupakan pertumbuhan sel pada tubuh yang tak terkendali. Beberapa jenis kanker kadang diketahui setelah memasuki stadium lanjut. Jika sudah begini pengobatannya akan jauh lebih sulit untuk disembuhkan dan harapan hidup semakin hari kian menipis saja. Sebenarnya kanker dapat dicegah dengan melakukan kebiasaan sehari – hari yang sehat. Mulai peduli dengan kesehatan dan berolahraga dapat menurunkan resiko terkena kanker.

Artikel terkait :

4. Melancarkan sirkulasi darah

Cara sinar matahari membantu melancarkan sirkulasi darah adalah dengan membantu melebarkan pembulu kapiler didalam tubuh sehingga kesehatan menjadi lebih baik. Oksigen dan nutrisi bisa sampai kejantung dengan lebih maksimal. Lancarnya sirkulasi darah juga membantu tubuh terlihat lebih segar dan prima dalam menjalankan aktifitas sehari – hari. Jadi jangan ragu untuk berjemur dibawah sinar matahari pagi sebentar saja untuk mendapatkan kesehatan jangka panjang selamanya.

Artikel terkait :

5. Depresi

Depresi merupakan salah satu gangguan yang berhubungan dengan kejiwaan seseorang. Orang yang megalami depresi cenderung menjadi mudah marah, sensitif dan senang menyendiri. Depresi kadang membuat seseorang kehilangan arah dan tujuan hidup, tidak lagi berminat terhadap sesuatu serta mengancam jiwa jika dibiarkan terus menerus. Untuk mengobati depresi selain membawanya ke psikiater juga lakukan terapi alami ini dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi. Sinar matahari dapat meransang kelenajr endorfin dalam tubuh yang membuat seseorang merasa lebih tenang dan bahagia. Ini serupa dengan semacam rasa jatuh cinta pada seseorang dan terbukti mampu mangatasi depresi yang dialami.

Artikel terkait :

6. Meningkatkan sistem imunitas tubuh

Sinar matahari yang mengenai tubuh secara langsung memberikan dampak dengan meningkatnya sistem imunitas didalam tubuh dalam mencegah penyakit dari luar. Imunitas tubuh kadang memang sering menurun dan ini berkaitan dengan faktor kelelahan dengan banyaknya aktifitas yang harus Anda kerjakan untuk menyelesaikannya sebelum terburu oleh deadline yang sudah di tetapkan. Cobalah meningkatkan sistem imunitas dalam tubuh dengan cara yang alami menggunakan bantuan sinar matahari pagi. Ini karena sinar matahari membuat sel darah putih didalam tubuh menjadi lebih banyak dari sebelumnya. Sel darah putih berfungsi untuk melawan bakteri dari luar dan menjaga kesehatan tubuh. Tidak ada salahnya untuk sering berjemur sampai jam delapan pagi agar tubuh Anda sehat selalu.

Artikel terkait :

7. Tidur menjadi lebih nyenyak

Tidur penting bagi tubuh untuk mengistirahatkan diri setelah bekerja seharian penuh. Tidur yang baik mampu menjaga kesehatan tubuh dalam jangka panjang. Itulah kenapa tidur nyenyak sangat penting. Namun tidak smeua orang dapat melakukan tidur dengan nyenyak. Tidur nyenyak sebenarnya dapat diatasi dengan mudah. Salah satunya untuk menjadikan tidur lebih nyenyak adalah dengan berjemur dibawah sinar matahari pagi setiap harinya. Sinar matahari dapat mengaktifkan senyawa bernama melatonin didalam tubuh. Melatonin adalah hormon yang mengatur tidur dan terletak didasar otak.

Artikel terkait :

8. Sistem pencernaan lancar

Sistem pencernaan yang lancar membantu tubuh untuk menyerap nutrisi dari makanan dan minuman secara sempurna. Ini membuat tubuh menjadi lebih sehat dan segar setiap harinya. Pencernaan yang tidak lancar membuat banyaknya zat sisa makanan yang tidak diperlukan oleh tubuh menumpuk didalam tubuh dan menyebabkan kesehatan menjadi terganggu. Jika Anda ingin membuat sistem pencernaan didalam tubuh menjadi lancar ada baiknya untuk berjemus dibawah sinar matahari pagi. Anda dapat melakukannya setiap hari selama 15 menit saja. Sistem pencernaan yang sehat dapat meningkatkan metabolisme didalam tubuh sehingga lemak yang tersimpan didalam tubuh dapat dibakar menjadi energi. Tubuh Anda juga terlihat lebih ramping dan langsing.

Artikel terkait :

9. Mengeluarkan racun dari dalam tubuh

Racun didalam tubuh bisa berasal dari makanan dan minuman yang Anda konsumsi sehari – hari. Mengkonsumsi makanan dan minuman yang banyak mengandung bahan pengawet dan pewarna memungkin banyaknya racun dari bahan kimia yang bersarang didalam tubuh. Jika sudah begini beberapa penyakit akan muncul pada tubuh Anda dan ini membuat kesehatan terganggu. Salah satu langkah yang paling penting untuk mengeluarkan racun itu melalui proses yang disebut detoksifikasi. Pengeluaran racun didalam tubuh ini menggunakan bantuan sinar matahari pagi yang mengenai paparan kulit Anda saat berjemur dibawahnya. Cara kerja sinar matahari pagi ini adalah dengan meningkatkan fungsi hati yang bertugas untuk mengeluarkan racun didalam tubuh yang dibuang bersama dengan urine.

Artikel terkait :

10. Menjadi lebih bahagia

Sinar matahari pagi ternyata juga membuat Anda jauh merasa lebih bahagian dalam menjalankan aktifitas hari itu. Contonhya hari ini Anda merasa malas untuk berangkat kekantor karena sejumlah pekerjaan yang belum sempat terselesaikan. Namun disisi lain Anda mencoba terapi dengan sinar matahari yang ada malah sebaliknya. Anda tampak sangat bersemangat sekali dalam menjalankan aktifitas harian dan menyelesaikan tugas pekerjaan dengan lebih cepat. Ini karena sinar matahari yan mengenai kulit dapat meransang senyawa bernama serotonin didalam tubuh yang dapat membuat pikiran menjadi lebih rileks dan perasaan Anda menjadi lebih bahagia.

Itulah beberapa cara untuk menjaga kesehatan dengan menggunakan bantuan dari sinar matahari pagi. Dengan berjemur dibawahnya maka kesehatan Anda menjadi lebih terjaga. Selain itu berjemur dibawah sinar matahari tidak hanya bisa dilakukan oleh para lansia, orang dewasa namun anak bayi juga bisa diletakan dibawah sinar matahari pagi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuhnya. Biasanya ini dilakukan sesudah bayi sembuh dari demam panas yang dialaminya. Untuk bayi baiknya dijemur sekitar 10 menit saja dan usahakan jangan terlalu lama berjemurnya.