7 Manfaat Tabung Oksigen Portable : Fungsi dan Kegunaan

Manfaat oksigen bagi manusia tentu adalah faktor utama penentu kesehatan. Namun selain itu oksigen juga berperan untuk dalam berbagai hal kesehatan. Seseorang yang di vonis menderita gangguan pernafasan seperti asma memiliki sistem pernafasan yang sangat sensitif, dimana pada saat penyakitnya kambuh, si penderita dapat mengalami kesulitan dalam hal bernafas.

Kenapa? Karena terjadinya penyempitan saluran pernafasan yang menyebabkannya harus bekerja ekstra keras dalam mendapatkan  atau menghirup oksigen ke dalam organ paru-paru. Pada saat seperti itu, penggunaan alat bantu pernafasan akan sangat membantu untuk meringankan penderitaan pasien. Adapun alat bantu pernafasan yang dimaksud bisa berupa inhaler, suction pump, nebulizer, masker, serta terapi oksigen dengan menggunakan tabung oksigen.

Manfaat Tabung Oksigen Portable

oksigen portableTabung oksigen adalah salah satu alat bantu bagi mereka yang mengalami gangguan pernafasan. Kita sering menjumpai penggunaan alat ini seperti di rumah sakit maupun pusat-pusat pelayanan kesehatan lainnya seperti puskesmas, poliklinik desa, dan lain sebagainya. Biasanya tabung-tabung oksigen yang berada di pusat pelayanan kesehatan kebanyakan memiliki ukuran yang besar dengan berat mencapai 60 kg dan tinggi mencapai 6 m3. Hal tersebut dilakukan karena tabung oksigen yang berukuran besar memiliki kapasitas isi yang lebih banyak sehingga akan lebih tahan lama dalam masa penggunaannya.

Akan tetapi tabung oksigen yang berukuran besar tidak praktis untuk dibawa ke mana-mana. Lalu bagaimana jika seseorang mengalami gangguan pernafasan saat ia sedang dalam perjalanan? Sekarang tak perlu khawatir lagi jika Anda, keluarga, maupun teman Anda mengalami gangguan pernafasan saat sedang dalam perjalanan, karena saat ini telah banyak kita jumpai suatu alat bantu pernafasan berupa tabung oksigen yang berukuran kecil sehingga lebih praktis untuk dibawa kemanapun serta lebih efisien untuk dipergunakan. Tabung oksigen tersebut dinamakan tabung oksigen portable, yaitu tabung oksigen yang ringan dan tidak memakan tempat.

Spesifikasi dan Kegunaan Alat

Tabung oksigen portabel memiliki ukuran mencapai 500 ml dengan tekanan 1.0 Mpa. Alat bantu pernafasan ini bisa dipergunakan kapanpun dan di manapun, terutama bagi mereka yang memerlukan bantuan oksigen untuk pernafasan, termasuk bagi mereka :

  1. Yang mengalami gangguan pernafasan
  2. Kelelahan akibat beban pekerjaan yang terlalu berat
  3. Sedang dalam kondisi mengantuk
  4. Selesai melakukan aktivitas berolah raga
  5. Sedang mendaki gunung
  6. Sedang berkendara dalam jangka waktu yang lama
  7. Dan lain sebagainya

Cara Penggunaan

Tabung oksigen portable merupakan alat bantu pernafasan yang penggunaannya sangat mudah dan juga praktis. Adalah merupakan hal yang sangat penting untuk mengetahui cara penggunaan yang aman pada tabung gas yang bertekanan seperti tabung oksigen portable ini agar terhindar dari kecelakaan maupun bahaya lain akibat kesalahan dalam penanganannya.

Berikut ini adalah cara penggunaannya adalah :

  • Buka tutup atas pada tabung oksigen portable
  • Letakkan tutup tabung tersebut pada kepala kaleng dan pergunakanlah sebagai masker
  • Tutup hidung dengan menggunakan tutup kaleng tersebut
  • Tekanlah kepala kaleng lalu kemudian hiruplah dalam-dalam selama +/- 2 detik
  • Ulangi hal tersebut 5 hingga 10 kali sesuai dengan kebutuhan Anda.

Tabung oksigen portable adalah alat bantu pernafasan, khususnya bagi Anda yang membutuhkan oksigen. Alat ini adalah pilihan yang tepat terutama pada saat Anda sedang berada di lingkungan terbuka atau lingkungan umum, karena sangat praktis dan ringan. Akan tetapi, ada hal-hal yang wajib Anda perhatikan dalam menggunakan alat tersebut, diantaranya adalah :

  • Tabung oksigen portable hanya digunakan sekali pakai saja, sehingga tidak dapat diisi ulang
  • Hindarilah menyimpan ataupun meletakkan tabung oksigen portable pada tempat-tempat yang dapat terkena sinar matahari secara langsung maupun dari sumber-sumber api
  • Jangan menempatkan tabung oksigen portable pada udara panas, karena hal itu dapat meningkatkan tekanan dalam tabung
  • Jauhkan tabung oksigen portable dari jangkauan anak-anak
  • Jangan memukulkan tabung oksigen portable pada benda-benda yang keras ataupun melubanginya karena tabung bisa meledak
  • Hindari menyemprotkan isi tabung ke api maupun pakaian secara langsung
  • Jauhkan tabung oksigen portabel dari olie maupun minyak.

Baik untuk jantung

  1. Manfaat kulit manggis
  2. Manfaat susu kedelai
  3. Manfaat buah mengkudu
  4. Manfaat semut jepang
  5. Manfaat kacang mete
  6. Manfaat buah naga
  7. Manfaat oatmeal
  8. Manfaat ikan
  9. Manfaat sari kurma
  10. Manfaat teh manis
  11. Manfaat donor darah
  12. Manfaat labu siam
  13. Manfaat wortel
  14. Manfaat jalan kaki
  15. Manfaat bersepeda

Tabung oksigen portable adalah alat bantu pernafasan tanpa menggunakan selang dan regulator, sehingga sangat praktis untuk dibawa kemanapun. Selamat mencoba 🙂