Manfaat Cahaya Matahari

Apakah Anda takut atau merasa tidak nyaman dengan cahaya matahari? Ya, cahaya matahari memang sering dihindari karena dianggap bisa membuat kulit menjadi hitam, rasa tidak nyaman, panas dan bisa membuat tubuh menjadi sakit atau kelelahan. Dengan berbagai macam alasan ini maka beberapa orang merasa tidak bisa berlama-lama di bawah paparan cahaya matahari.

Fakta Manfaat Cahaya Matahari

manfaat cahaya matahariTerkena paparan cahaya matahari secara langsung memang masih dianggap sebagai hal yang terlarang. Beberapa ahli mengatakan bahwa cahaya matahari bisa menimbulkan potensi terkena kanker kulit. Hal ini disebabkan karena cahaya matahari mengandung sinar UV yang bisa merusak sel-sel kulit. Tapi, apakah semua itu benar?

Berikut ini adalah beberapa fakta manfaat cahaya matahari dari berbagai bidang :

1. Mencegah Penyebaran Kanker

Dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Dr Zane , terbukti bahwa berjemur di bawah sinar matahari selama kurang dari jam 10 pagi secara efektif berhasil mencegah metastasis sel kanker. Salah satunya adalah jenis kanker payudara. Penderita dapat melakukan terapi ini sesuai dengan kemampuan dan jika sudah lelah sebaiknya berhenti. Manfaat vitamin D alami yang berasal dari sinar matahari memiliki efek yang sangat baik untuk menghentikan penyebaran sel kanker.

2. Menyembuhkan Luka

Sebuah bukti bahwa manfaat cahaya matahari bisa menyembuhkan luka dimulai ketika terjadi Perang Dunia I. Saat itu banyak tentara yang menderita luka dan ketika berada dalam tenda, tentara yang mengalami luka dijemur di bawah sinar matahari sebelum jam 9 pagi. Saat itu secara mengejutkan banyak luka-luka yang dialami oleh tentara menjadi lebih cepat sembuh dibandingkan tentara terluka yang tidak dijemur.

Penemuan ini pernah dibukukan oleh Niels Finsen dan pernah mendapatkan hadiah nobel. Cahaya matahari ternyata bisa membersihkan luka, membunuh bakteri dan mencegah infeksi.

3. Menjaga Kelembutan Kulit

Cahaya matahari mengandung manfaat sinar ultra violet alami yang jika diterima kulit dengan baik maka bisa menyebabkan kulit menjadi lebih lembut. Cahaya matahari mengatasi beberapa jenis penyakit yang menyebabkan kulit kasar, jamur pada kulit dan juga menyembuhkan jerawat. Manfaat cahaya matahari bisa membunuh bakteri dan jamur penyebab masalah pada kulit.

4. Menurunkan Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol dalam darah adalah musuh utama yang sangat besar. Kolesterol bisa menyebabkan stroke, serangan jantung, diabetes dan berbagai penyakit lain. Untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah cobalah untuk terapi berjemur di bawah cahaya matahari. Cahaya matahari bisa membantu tubuh dalam proses metabolisme sehingga bisa merubah kadar kolesterol menjadi hormon reproduksi. Terapi ini bisa dilakukan oleh semua umur terutama untuk penderita stroke dan manula.

Untuk menurunkan kadar kolesterol lainnya juga didapatkan dari :

5. Menurunkan Tekanan Darah

Masalah tekanan darah berhubungan dengan sistem tekanan pompa dalam jantung, kondisi tekanan darah dalam pembuluh darah dan sistem metabolisme. Banyak manula yang bisa mendapatkan masalah tekanan darah tinggi karena sistem metabolisme yang bermasalah atau keturunan. Manfaat cahaya matahari yang menembus kulit secara langsung , ernyata bisa membantu pembuluh darah dan meningkatkan sistem metabolisme. Metode ini secara aktif bisa menurunkan tekanan darah sehingga tubuh menjadi lebih sehat.

6. Mengatasi Penyakit Pengerasan Pembuluh Darah

Semua jenis penyakit yang berhubungan dengan jantung dan pembuluh darah akan meningkatkan resiko pengerasan pembuluh darah. Penyakit ini juga bisa membuat pengerasan dalam pembuluh darah menjadi lebih cepat. Untuk mengatasi masalah ini maka bisa melakukan terapi berjemur dibawah matahari terutama saat pagi hari. Paparan manfaat matahari secara langsung bisa meningkatkan fungsi pembuluh darah.

7. Melancarkan Sirkulasi Darah

Darah dalam tubuh manusia sangat penting untuk membuat sistem tubuh berjalan dengan baik. Darah akan membantu manusia dalam menyerap nutrisi dari makanan dan minuman. Selain itu darah akan mengangkut berbagai jenis enzim dan hormon yang digunakan tubuh untuk menormalkan sistem metabolisme. Paparan matahari secara langsung bisa membantu tubuh dalam meningkatkan sirkulasi darah dan membuat jaringan tubuh menjadi lebih baik.

8. Menjaga kekebalan Tubuh

Salah satu cara untuk mendapatkan kesehatan tubuh adalah sering terkena manfaat cahaya matahari. Sinar matahari akan diserap kulit dan disalurkan ke sel-sel tubuh sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Bahkan orang yang sering berjemur di bawah sinar matahari akan memiliki kandungan sel darah putih yang memenuhi sehingga membuat tubuh bisa melawan kuman dan memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Untuk menjaga kesehatan tubuh lainnya didapat dari :

9. Meningkatkan Pertumbuhan pada Bayi

Bayi yang baru lahir beberapa hari sangat disarankan untuk sering dijemur dibawah matahari saat pagi hari. Sinar matahari bisa membuat tubuh dan perkembangan sel pada bayi tumbuh lebih cepat. Hal ini berhubungan dengan kandungan vitamin D yang diserap oleh kulit dan digunakan untuk pertumbuhan tulang.

10. Menekan Depresi

Orang yang mengalami depresi akan terlihat mengalami gangguan yang terjadi pada fisik maupun mental. Kondisi kesehatan mental dan fisik yang kurang baik bisa disebabkan oleh kekurangan sinar matahari. Sinar matahari bisa menjadi salah satu cara untuk menyembuhkan depresi. Orang yang terkena depresi lebih bahagia setelah melakukan terapi di bawah sinar matahari.

11. Meningkatkan Kualitas Tidur

Kualitas tidur bisa dipengaruhi oleh beberapa hal, salah satunya adalah keseimbangan hormon dalam tubuh. Paparan sinar matahari secara langsung bisa meningkatkan kualitas tidur menjadi lebih baik. Hal ini disebabkan karena paparan sinar matahari secara langsung bisa mengatur kadar hormon melatonin. Hormon ini mengatur tubuh dalam reaksi tidur dengan kondisi kebutuhan tubuh.

Kualitas tidur juga bisa ditingkatkan dengan :

12. Meningkatkan Pertumbuhan Tulang

Paparan sinar matahari juga mengandung vitamin D. vitamin D adalah salah satu jenis vitamin yang sudah bisa diserap secara langsung oleh tubuh lewat kulit. Sel-sel akan menyerap vitamin D yang akan diteruskan ke bagian tulang. Dengan cara ini maka tulang akan menyerap kalsium dan vitamin D. Peranan sinar matahari sangat besar untuk meningkatkan pertumbuhan dan penyerapan vitamin D oleh tulang.

13. Mengatasi Gangguan Memori

Orang lanjut usia maupun orang yang menderita gangguan memori seperti pikun atau Alzheimer. Hal ini sangat disarankan untuk sering berjemur di bawah matahari pada manfaat bangun pagi hari. Sinar matahari memang tidak bisa meningkatkan memori tapi bisa memelihara memori, namun dapat memicu pertumbuhan sel-sel yang sehat. Hal ini akan meningkatkan kualitas hidup sehingga sangat baik untuk penderitanya.

14. Mengurangi Resiko Penyakit Kelainan Tulang

Penyakit kelainan tulang dapat disebabkan karena tubuh terlalu lemah dalam menyerap vitamin D dan manfaat kalsium. Kondisi ini sering terjadi pada negara yang tidak memiki banyak paparan sinar matahari. Penyakit ini bisa diatasi dengan sering berjemur dibawah sinar matahari. Tubuh akan menyerap vitamin D dan kalsium yang berasal dari makanan. Jadi terapi ini akan mengurangi resiko penyakit kelainan tulang.

untuk mencegah kelainan tulang bisa didapatkan juga dari :

15. Sinat Matahari Sebagai Sumber Energi

Manfaat cahaya  matahari tidak hanya baik untuk kesehatan tubuh manusia. Sinar matahari adalah bagian dari alam yang tidak bisa dipisahkan. Tumbuhan dan hewan membutuhkan sinar matahari untuk mendapatkan kehidupan yang lebih baik. Selain itu sinar matahari juga penting untuk mencukupi kebutuhan energi bagi mahluk hidup.

Berikut ini adalah beberapa peranan sinar matahari dalam bidang energi  :

  • Sinar matahari bisa dirubah menjadi tenaga listrik – Panas matahari bisa ditangkap oleh panel-panel khusus yang mengolah energi panas matahari menjadi manfaat energi listrik. Hal ini sering kita lihat sebagai sumber listrik tenaga surya. Pemakaiannya bisa untuk lampu, mesin pendingin dan mesin pengolahan air.
  • Cahaya matahari selalu dibutuhkan oleh tumbuhan sebagai sumber energi – Matahari bisa membantu tumbuhan dalam mengolah makanan lewat proses fotosintesis. Tanpa sinar matahari maka tumbuhan tidak bisa berkembang dan manusia juga tidak bisa memanfaatkan tumbuhan sebagai sumber makanan.

Tips Agar Mendapat Sinat Matahari Secara Langsung

Sinar matahari memang memiliki manfaat yang sangat besar. Bahkan sinar matahari membuat kehidupan menjadi lebih baik. Bayangkan jika tidak ada sinar matahari selama satu hari saja. Tapi untuk mendapatkan manfaat terbaik dari sinar matahari maka kita harus melakukan beberapa hal.

Dibawah ini adalah beberapa tips ketika terkena sinar matahari secara langsung :

  • Hindari terkena sinar matahari tanpa pelindung selepas pagi. Matahari siang mungkin mengandung beberapa jenis sinar UV yang bisa meningkatkan resiko kanker kulit.
  • Lindungi mata dengan kacamata khusus saat berada dibawah sinar matahari lebih dari jam 10 pagi. Hal ini penting untuk melindungi kornea dan lensa mata.
  • Hindari memakai berbagai jenis tabir surya atau pelindung kulit yang mengandung bahan kimia. Bahkan kimia pada produk ini justru akan meningkatkan resiko kanker dan penyakit lain.

Dalam sebuah kebudayaan kuno pada jaman dahulu, semua orang menyukai terkena cahaya matahari. Mereka menganggap bahwa cahaya matahari bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat, mengeluarkan keringat dan membuat tubuh kebal terhadap berbagai jenis penyakit. Begitu pula dengan kegunaan cahaya matahari yang disebutkan diatas, yang mampu mendukung kesehatan seseorang.