12 Manfaat Kincir Angin Bagi Manusia dalam Kehidupan

manfaat kincir anginKincir angin, pasti anda semua sudah tahu sedikit tentang benda yang satu ini. Kincir angin merupakan sebuah alat yang meliputi baling-baling besar ataupu kecil, tergantung dari kegunaannya. Dimana baling-baling kincir angin akan berputar dan bergerak ketika ada energi angin yang mendorongnya. Singkatnya adalah, kincir angin merupakan salah satu pemanfaatan energi angin yang memang mempunyai banyak kegunaan.

Kincir angin sendiri di Indonesia sepertinya kurang populer, karena memang kurang sosialisasi dan peran serta dari Pemerintah dalam mengaplikasikan kincir angin. Salah satu Negara yang kita ketahui terkenal dengan kincir anginnya adalah Negara Belanda, yang dijuluki sebagai negeri kincir angin.Kincir angin  meskipun kurang begitu familiar di Indonesia, memiliki banyak sekali manfaat.

Apa saja manfaat kincir angin ini? Berikut beberapa manfaatnya yang perlu diketahui :

1. Pembangkit listrik

Manfaat utama dari kincir angin yang tentunya sudah anda ketahui adalah sebagai sumber energy. Kincir angin utamanya dimanfaatkan sebagai salah satu sumber pembangkit listrik. Di Negara Belanda, kincir angin sudah dimaksimalkan fungsinya sebagai salah satu pembangkit listrik, yang dapat menyalakan generator listrik kepada kota-kota di negeri tersebut. Namun demikian, ada beberapa kelemahan dari kincir angin sebagai pembangkit listrik, yaitu :

  • Membutuhkan lebih dari satu kincir angin untuk membangkitkan listrik satu kota
  • Proses pembangunan kincir angin yang cukup rumit

2. Alternative penggunaan bahan bakar fosil

Kincir angin juga merupakan salah satu alternative yang baik sebagai pengganti bahan bakar fosil, seperti gas alam dan bahan bakar minyak. Dengan manfaat kincir angin bagi manusia sebagai sumber energi, maka cadangan bahan bakar fosil yang semakin menipis dapat berkurang penggunaannya.

3. Pemanfaatan energi yang ramah lingkungan

Selain itu, kincir angin juga memiliki kegunaan penting lainnya. Manfaat tersebut adalah mampu menjaga kebersihan lingkungan, karena kincir angin merupakan sumber energi yang ramah lingkungan dan tidak menimbulkan polusi udara sama sekali. Hal ini tentu saja jauh berbeda dengan kondisi bahan bakar lainnya yang dapat menyebabkan munculnya polusi udara yang sangat berbahaya bagi kelangsungan lapisan ozon bumi kita ini.

4. Membantu penyaluran air dalam irigasi

Kincir angin juga sering dimanfaatkan untuk membantu proses irigasi. Berbeda dengan kincir air, kincir angin ini menggunakan energi angin untuk dapat berputar. Namun manfaat kincir angin ini bisa mengalihkan aliran air dari satu parit atau saluran irigasi menuju saluran irigasi lainnya. Jadi anda tidak perlu repot membuat dan menggali saluran irigasi baru.

5. Membantu proses pemotongan kayu

Beberapa pabrik pemotongan kayu atau saw mill juga memanfaatkan kincir angin untuk membantu proses pemotongan kayu. Dengan menggunakan kincir angin, maka generator yang menjalankan fungsi gergaji yang digunakan untuk memotong kayu pun akan menyala, tanpa butuh bahan bakar minyak. Keunggulan dari metode ini adalah :

  • Ekonomis, dapat menekan biaya produksi
  • tidak menimbulkan polusi udara
  • ramah lingkungan

6. Mengeringkan hasil panen

Manfaat kincir angin dalam kehidupan sehari-hari juga sering digunakan untuk mengeringkan hasil panen sebelum ditumbuk atau di olah lebih lanjut. Caranya? Cukup dengan meletakan sejumlah hasil panen pada bilah-bilah kincir angin, lalu biarkan kincir angin berputar. Proses ini akan membantu meniriskan air yang masih tersisa dari hasil panen tersebut, dan dapat mengeringkan hasil panen tersebut.

7. Sebagai objek wisata

Ini merupakan manfaat sampingan yang diperoleh dari kincir angin. Dengan memanfaatkan kincir angin dalam jumlah yang banyak, maka hal ini dapat menjadi daya tarik tersendiri bagi suatu daerah. Seperti manfaat kincir angin di belanda, yang dapat menjadi daya tarik bagi turis dan wisatawan asing, sehingga dapat meningkatkan potensi pariwisata pada daerah tersebut.

8. Membantu proses penggilingan padi

Kincir angin pun juga sering dimanfaatkan pada industri penggilingan padi sederhana. Biasanya dengan menggunakan kincir angin, industri penggilingan padi dapat memanfaatkannya untuk menyalakan generator, yang kemudian akan menyuplai listrik untukmenyalakan alat penggiling padi. Tentu saja hal ini akan sangat efektif dan sangat baik, karena :

  • Ramah lingkungan
  • Ekonomis
  • Dapat meningkatkan jumlah produksi

9. Membantu mengalihkan arah angin

Kincir angin juga sering dimanfaatkan untuk mengalihkan arah angin. Hal ini biasanya digunakan ketika sedang terjadi angin kencang, sehingga energy angin yang muncul menjadi tersalurkan pada kincir angin dan dapat mereduksi dan mengecilkan resiko dari munculnya angin besar bagi rumah dan perkebunan warga.

10. Sebagai pompa air dan penyalur air

Selain itu, kincir angin juga sering dimanfaatkan sebagai pompa air, atau alat yang dapat menyalurkan air ke tempat tertentu. prinsip kerjanya mirip seperti prinsip kerja kincir angin pada saluran irigasi, hanya saja kincir angin ini akan membawa air ke penampungan sehingga dapat berfungsi seperti pompa air. Dengan menggunakan ini, maka anda tidak perlu repot-repot menimba air.

11. Sebagai hiasan dan ornament

Ada beberapa wilayah yang menggunakan kincir angin tidak hanya sebagai pembangkit listrik ataupun pemanfaatan dalam saluran irigasi, namun juga untuk dekorasi dan hiasan pada rumah. Bentuk kincir angin yang unik dan menarik banyak membuat orang senang dan akhirnya sering memanfaatkan kincir angin sebagai suatu hiasan rumah dan ornament.

12. Sebagai sarang dan tempat tinggal burung

Biasanya bangunan kincir angin memiliki tinggi yang mencapai lebih dar 5 meter. Dan biasanya juga kincir angin memiliki tinggi yang hampir sama dengan beberapa jenis pohon berkayu. Hal ini sering dimanfaatkan oleh burung untuk membuat sarangnya pada kincir angin. Biasanya, karena kincir angin juga banyak berada di daerah peternakan dan perkebunan, jenis-jenis burung yang bersarang pada kincir angin tidak jauh dari burung gagak, merpati, dan burung gereja.

Itulah beberapa manfaat dari kincir angin. Anda pun dapat membuat kincir angin anda sendiri secara sederhana dengan menggunakan bambu dan kayu yang ringan, meskipun hanya akan menghasilkan daya yang tidak terlalu besar, namun bisa digunakan untuk menghemat energi dari rumah anda. semoga bermanfaat.