20 Manfaat Ubi Jalar Kuning Bagi Kesehatan

Ubi jalar atau ketela rambat ada banyak varietasnya. Salah satunya adalah varietas ubi jalar kuning. Ubi jalar kuning memiliki kandungan zat tinggi yang baik untuk kesehatan seperti membantu mengatasi penyakit jantung, obesitas dan diabetes serta masih banyak manfaat lainnya. untuk mengonsumsi ubi jalar ini bisa dengan cara direbus, di oven, di panggang atau cara alinnya sesuai dengan selera anda. Anda juga tidak perlu menambahkan gula karena ubi jalar kuning sudah manis tanpa gula.

artikel terkait manfaat ubi:

Kandungan nutrisi pada ubi jalar kuning

Kandungan yang cukup tinggi dalam ubi jalar kuning adalah vitamin A atau beta karoten yang cukup untuk memenuhi kebutuhan vitamin A harian tubuh. selain itu kandungan vitamin C di dalamnya juga cukup untuk memenuhi 37% kebutuhan vitamin C harian tubuh. bagi anda yang sedang melakukan program penurunan berat badan juga bisa mengonsumsi ubi jalar kuning karena hanya mengandung 105 kalori saja pada ubi jalar kuning yang dibakar.

Seain itu kandugan nutrisi lainnya yang tak kalah penting di dalam ubi jalar ini seperti vitamin B6 sebanyak 16 persen, mangan sebanyak 28 persen, dan 15 persen potassium. Kandungan kolin dalam ubi jalar kuning juga sangat baik karena memabntu penyerapan lemak dan menyehatkan sel saraf otak sehingga menambah daya ingat. Dengan banyaknya kandungan nutrisi di dalam ubi jalar ini, maka sangat baik bagi anda jika menambahkan ubi jalar dalam menu sehat anda setiap harinya.

artikel terkait:

Manfaat ubi jalar kuning

Mengonsumsi ubi jalar kuning sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh jika dikonsumsi secara teratur, diantara manfaatnya adalah sebagai berikut:

  1. Mencegah kanker

Di dalam ubi jalar mengandung zat beta karoten yang sangat baik untuk membantu mencegah penyakit kanker. Penyakit kanker sendiri sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kematian. Menurut penelitian, beta karoten mampu mencegah perkembangan berbagai kanker seperti kanker prostat dan kanker usus besar.

artikel terkait: manfaat vitamin A

  1. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh

Adanya beta karoten dan vitamin C dalam ubi jalar kuning juga akan memberikan manfaat yang hebat pada tubuh. kombinasi dari kedua zat tersebut akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mudah sakit dan sehat selalu.

artikel terkait: manfaat vitamin C untuk kulitmanfaat vitamin A untuk kulit

  1. Melancarkan pencernaan

Jika anda berfikiran bahwa dengan mengonsumsi ubi-ubian akan membuat sembelit maka itu adalah mitos belaka. Ubi jalar mengandung serat tinggi yang sangat baik dalam membantu sistem pencernaan menjadi lebih lancar dan lebih sehat. justru ubi jalar kuning mampu mengatasi sembelit.

artikel terkait: manfaat you C 1000manfaat vitamin K

  1. Mengatasi diabetes

Manfaat lain dari ubi jalar kuning adalah mampu membantu mencegah dan mengatasi penyakit diabetes. Hal ini sudah dilakuka penelitian dan mendapatkan hasil bahwa ubi jalar kuning mampu menurunkan kadar gula dalam darah. ubi jalar memiliki skala indeks glikemik yang rendah sehingga juga mampu meredakan resistensi pada hormone insulin dan membuatnya bekerja normal kembali.

artikel terkait: manfaat vitamin C

  1. Mengendalikan tekanan darah

Dengan mengonsumsi ubi jalar secara tidak langsung juga akan menurunkan tingkat kalium dalam darah sehingga bagi anda yang memiliki tekanan darah tinggi dapat dikendalikan dengan ubi jalar ini.

artikel terkait: manfaat vitamin Emanfaat suntik vitamin C di tubuh kesehatan

Kandungan Manfaat Ubi Jalar Kuning

Ubi Jalar Kuning yang diteliti (Food Weight) = 100 gr

Bagian yang dapat dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 85 %

  • Energi Ubi Jalar Kuning = 114 kkal
  • Protein Ubi Jalar Kuning = 0,8 gr
  • Lemak Ubi Jalar Kuning = 0,5 gr
  • Karbohidrat Ubi Jalar Kuning = 26,7 gr
  • Kalsium Ubi Jalar Kuning = 51 mg
  • Fosfor Ubi Jalar Kuning = 47 mg
  • Zat Besi Ubi Jalar Kuning = 0,9 mg
  • Vitamin A Ubi Jalar Kuning = 0 IU
  • Vitamin B1 Ubi Jalar Kuning = 0,06 mg
  • Vitamin C Ubi Jalar Kuning = 22 mg

Sumber Informasi Gizi : Berbagai publikasi Kementerian Kesehatan Republik Indonesia serta sumber lainnya.

Demikian ulasan mengenai manfaat dari ubi jalar kuning. Jadikan ubi jalar kuning sebagai makanan camilan atau makan besar anda sehari-hari. Meskipun dianggap sebagai bahan makanan tradisional namun jangan remehkan nutrisi yang ada di dalamnya. jadi cobalah untuk mengonsums ubi jalar kuning ini secara rutin dengan berbagai jenis olahan yang anda sukai.