9 Manfaat Ubi Jalar Ungu Bagi Kesehatan

Apakah Anda pernah makan ubi ungu? Ya ini termasuk jenis ubi yang memiliki rasa manis yang kuat dibandingkan dengan jenis ubi kuning atau ubi putih. Meskipun banyak orang tidak terlalu suka karena rasa daging buahnya yang terlalu lembek. Namun ternyata kandungan nutrisi dan senyawa yang ditemukan dalam ubi ungu melebihi dari jenis ubi yang lain. Ubi ungu sangat baik untuk mendukung kesehatan Anda.

Berikut ini beberapa manfaat ubi jalar ungu yang bisa didapatkan :

1. Mencegah Penyakit Jantung

Jika Anda rajin makan ubi ungu maka bisa mendapatkan manfaat berupa pencegahan terhadap penyakit jantung. Kandungan senyawa yang disebut antosianin sangat tinggi dalam ubi ungu. Dalam sebuah penelitian terbukti jika antosianin yang ditemukan ini sangat penting untuk menjaga aliran darah, mencegah pembekuan darah dan membuat jantung menjadi lebih sehat. Hal inilah yang bisa membuat konsumsi ubi ungu memang penuh dengan khasiat.

2. Menjaga Kesehatan Mata

Ubi ungu juga bisa membantu menjaga kesehatan mata. Ubi ungu mengandung beberapa unsur yang sangat penting untuk mata seperti manfaat vitamin A, antosianin, lutein dan zea-xanthin. Semua senyawa ini bisa membantu kesehatan mata dengan melindungi lensa mata dari radikal bebas. Selain itu juga bisa membantu mencegah kerusakan bagian lapisan makula mata. Ini sangat penting untuk melindungi mata Anda dari katarak, penurunan fungsi lensa dan rabun.

3. Sumber Antioksidan yang Tinggi

Kebiasaan mengkonsumsi ubi ungu sangat penting untuk menjaga agar tubuh Anda bisa melawan berbagai jenis radikal bebas. Ubi ungu mengandung manfaat vitamin E dan senyawa antosianin yang menjadi antioksidan alami dalam tubuh. Manfaat antioksidan sangat penting untuk menjaga tubuh dari berbagai jenis penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung, diabetes dan jenis penyakit yang lain.

4. Membantu Mengendalikan Kadar Gula Darah

Bagi penderita diabetes maka ubi ungu sangat baik untuk membantu mengendalikan kadar gula dalam darah. Ubi ungu mengandung karbohidrat yang sangat lembut dan bisa mengendalikan kadar gula darah secara alami. Meskipun ubi ungu memiliki rasa yang sangat manis namun sama sekali tidak membuat efek meningkatkan kadar gula darah. Kandungan rasa manis alami ini masih dianggap sangat normal. Konsumsi ubi ungu juga bisa menggantikan nasi yang bisa membuat kadar gula darah menjadi lebih tinggi.

5. Membantu Proses Pencernaan

Ubi ungu juga sangat baik untuk membantu tubuh ketika melawan berbagai efek pencernaan yang buruk. Kandungan serat dalam ubi ungu sangat baik untuk menjaga gerakan usus terutama usus besar. Serat larut dalam ubi ungu memang tidak terlihat jelas tapi bisa membantu tubuh Anda melawan sembelit, buang air besar yang tidak lancar dan gas berlebihan. Ketika Anda mengalami masalah ini maka disarankan untuk makan ubi ungu yang sudah direbus atau dikukus.

6. Membantu Kepadatan Tulang

Ubi ungu mengandung kalsium yang cukup tinggi. Dengan cara ini maka ubi ungu sangat penting untuk menjaga sistem kepadatan tulang dan mencegah berbagai penyakit yang menyerang tulang. Kalsium ini sangat penting untuk menjaga struktur tulang sehingga bisa melindungi tubuh dari osteoporosis. Ubi ungu sangat baik dikonsumsi wanita yang akan memasuki masa menopause atau usia dewasa. Dan ubi ungu juga bisa dikonsumsi oleh siapa saja.

7. Makanan Terbaik Saat Diet

Ubi ungu bisa menjadi makanan pengganti untuk Anda yang sedang diet. Anda bisa menghindari nasi,kentang atau jenis makanan lain. Manfaat ubi jalar ungu mengandung nutrisi yang sangat lengkap seperti karbohidrat, vitamin, mineral dan senyawa alami yang sangat sehat. Selain itu ubi ungu juga tidak mengandung lemak atau hanya dalam jumlah yang sedikit saja sehingga bisa membantu menurunkan berat badan. Anda bisa mengkonsumsi ubi ungu ketika sedang menjalani diet.

8. Menurunkan Resiko Kanker

Ubi ungu mengandung antosianin yang sangat tinggi. Kadar antosianin ini sangat baik untuk membantu mengatasi menurunkan resiko kanker. Warna ungu yang didapatkan berupa pigmen warna seperti dalam buah blueberry sangat penting untuk mencegah kanker. Aktivitas antosianin tidak hanya untuk melawan radikal bebas tapi juga menurunkan potensi serangan bakteri dan kuman.

9. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Ubi ungu mengandung sumber antioksidan yang sangat tinggi seperti manfaat vitamin E, senyawa antosianin, serta vitamin C. Semua sumber nutrisi ini sangat penting untuk memelihara kesehatan tubuh. Bahkan bisa mengaktifkan tubuh untuk mendapatkan sel yang bermanfaat. Secara keseluruhan makan ubi ungu sangat baik untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Tips Memilih dan Mengkonsumsi Ubi Ungu

  • Jika Anda mencari ubi ungu yang masih mentah dan segar perhatikan beberapa tanda ubi ungu yang masih sehat seperti tidak memiliki bekas luka, kulit berwana ungu tua atau kemerahan, tidak berlubang pada badan dan berbau netral.
  • Hindari memilih ubi ungu yang sudah terluka, memiliki lubang-lubang kecil atau sudah terpotong.
  • Hindari memilih ubi ungu yang memiliki akar atau sudah tumbuh beberapa kunci akar pada permukaan badannya.
  • Cara terbaik untuk mengkonsumsi ubi ungu adalah dengan merebus atau mengukus. Anda juga bisa membuat kreasi lain seperti ubi ungu yang dibuat menjadi kue.

Ubi ungu banyak dilihat sebagai makanan orang desa. Namun ternyata khasiat ubi ungu untuk kesehatan memang sangat besar. Mulai sekarang Anda bisa makan ubi ungu demi mendapatkan manfaat ubi ungu untuk kesehatan.

, ,
Oleh :
Kategori : Makanan
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.