6 Manfaat Tidak Sarapan Pada Tubuh

Sebelum melakukan aktivitas setiap harinya, setiap orang akan mempersiapkan segalanya termasuk sarapan atau makan pagi sebelum beraktivitas. Beberapa orang mengatakan bahwa sarapan sangatlah penting untuk mengawali hari sebelum melakukan berbagai macam kegiatan. Ketika terjadi masalah pada aktivitas yang dilakukan, pasti disangkutpautkan dengan menu sarapan yang tidak sehat. Orang yang tidak sarapan sering dikatakan sebagai orang yang tidak memiliki pola hidup sehat. Namun bagi Anda yang jarang melakukan sarapan, jangan khawatir dengan hal tersebut. Menurut penelitian yang dilakukan oleh Dr. John Berardi, sarapan sebenarnya bukan hal yang penting untuk dilakukan.

artikel terkait:

Selain itu, sarapan dianggap tidak perlu dilakukan dan tidak mengganggu aktivitas orang yang tidak melakukan sarapan terlebih dahulu. Tidak melakukan sarapan di pagi hari justru memiliki beberapa manfaat, diantaranya:

  1. Porsi Makan Lebih Tertata

Menjaga untuk tidak sarapan di pagi hari dapat mengatur pola makan menjadi lebih baik. Tidak melakukan sarapan dapat membantu mengurangi kenyang yang berlebih serta dapat mengurangi porsi makan. Dengan menjaga agar tidak sarapan pada pagi hari, berat badan juga dapat dijaga dengan baik.

artikel terkait: manfaat makan telur rebus

  1. Meningkatkan Hormon Pertumbuhan

Menghindari sarapan memberikan dampak baik untuk produksi hormon pertumbuhan tubuh. Tidak melakukan sarapan pada pagi hari dapat mengurangi kadar insulin di dalam darah. Hal tersebut melatih insulin agar memiliki sensitivitas yang lebih baik untuk mengendalikan gula darah dalam tubuh dan meningkatkan hormon pertumbuhan.

artikel terkait: manfaat susu appeton

  1. Menurunkan Kadar Karbohidrat Berlebih Dalam Tubuh

Terbiasa sarapan akan menyebabkan karbohidrat dan kadar kalori yang masuk di dalam tubuh menjadi lebih banyak. Sedangkan dengan tidak sarapan, karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh menjadi lebih terkontrol. Kelebihan karbohidrat melebihi batas kebutuhan akan berdampat buruk bagi kesehatan.

artikel terkait: manfaat madu untuk paru-paru

  1. Menjaga Kadar Gula Darah

Sarapan dapat meningkatkan kadar gula darah dalam tubuh. Makanan yang dikonsumsi banyak mengandung kadar gula darah yang dapat menjadi penyebab awal timbulnya penyakit diabetes. Dengan tidak melakukan sarapan, kadar gula darah dalam tubuh akan lebih terjaga dan tidak berlebih di dalam darah.

Selain itu, menghindari sarapan juga dapat megurangi tingkat insulin. Berkurangnya tingkat insulin ini dapat meningkatkan sensitivitas insulin itu sendiri. Dan hal ini sangatlah penting untuk menjaga agar tidak banyak lemak yang tersimpan di dalamnya.

artikel terkait: manfaat telur untuk anemiamanfaat kacang tanah untuk diet


  1. Menjaga Untuk Tidak Mudah lapar

Orang yang telah melakukan sarapan tetap akan merasa lapar pada siang hari. Hal ini sama dengan orang yang tidak melakukan sarapan sebelumnya. Kadar makan siang antara orang yang telah melakukan sarapan dan belum sarapan juga sama. Orang yang cenderung tersbiasa sarapan akan mudah merasa lapar. Sarapan dapat menimbulkan semacam adiktif atau pengaruh untuk meningkatkan rasa ingin makan secepatnya.

artikel terkait: manfaat gandum hitam

  1. Konsentrasi Lebih terjaga

Sarapan yang dipercaya sangat penting oleh beberapa orang sebenarnya tidak memiliki pengaruh yang negatif terhadap kognitif seseorang. Banyak mahasiswa yang tidak sempat sarapan pada pagi hari dan tetap memiliki konsentrasi yang baik saat melakukan perkuliahan. Sarapan terlebih dahulu malah akan mengganggu aktivitas dan produktivitas pada pagi hari. Sarapan akan menimbulkan rasa kenyang, yang bagi sebagian besar orang efek yang ditimbulkan dari sarapan terlebih dahulu yakni akan merasa kantuk pada saat beraktivitas.

artikel terkait: manfaat seledri untuk asam uratmanfaat madu dan kayu manis

Sarapan yang dikatakan baik dan sangat penting, ternyata memiliki berbagai manfaat ketika dihindari. Sebenarnya melakukan sarapan hanya kebiasaan, bukan sepenuhnya kebutuhan. Karena sarapan juga terkadang malah membuat timbulnya rasa mual dan tidak nyaman sehingga dapat mengganggu aktivitas dan produktivitas.

, ,
Post Date: Friday 13th, January 2017 / 01:03 Oleh :
Kategori : Kesehatan