9 Manfaat Tanah Laterit yang Harus Kamu Ketahui

Banyak sekali jenis tanah yang harus kita ketahui, mulai dari yang pernah di bahas dahulu seperti manfaat tanah latasol, manfaat tanah kapur dan manfaat tanah yang lainnya. Tentu setiap jenis tanah memiliki manfaatnya masing-masing. Tak terkecuali dengan tanah yang satu ini. Tanah laterit. Sebelum mengenal manfaatnya, kenali dahulu apa sih tanah laterit itu ? simak penjelasan berikut ini.

Tanah Laterit

Tanah laterit merupakan jenis tanah yang memiliki warna agak kemerah-merahan, seperti merah bata. Sehingga tanah laterit sangat sering disebut dengan tanah merah. Karena memang warna tanah ini berwarna merah dan agak kecoklat-coklatan. Jenis tanah ini biasanya terbentuk akibat adanya lingkungan yang lembab dan juga lingkungan yang dingin, selain itu lingkungan yang mungkin karena adanya genangan-genangan air pada tanah ini, sehingga menyebabkan tanah berwarna merah agak kecoklat-coklatan. Pada dasarnya tanah ini memang berwarna merah karena banyaknya air atau pun kandungan organik yang ada di dalamnya. Karena tanah ini biasanya merupakan salah satu tanah yang mudah digunakan untuk meyerap air, sehingga tumbuhan yang di tanam di sini akan lebih mudah tumbuhnya, itu artinya tanah ini adalah tanah yang dapat dibilang tergolong tanah yang subur. (Baca Juga: Manfaat Tanah Organosol , Manfaat Tanah Subur)

Tanah Laterit ini memiliki berbagai manfaat bagi kehidupan sehari-hari, saking banyaknya manfaat tanah laterit, maka harus benar-benar pandai dalam memanfaatkannya. Apabila pada artikel kemarin banyak mengulas mengenai manfaat tanah kapur, kali ini akan mengulas mengenai banyak manfaat tanah laterit. adapun beberapa manfaat tanah laterit diantaranya meliputi:

Manfaat Tanah Laterit

Manfaat tanah laterit dapat disimak pada keterangan berikut ini, ada 9 manfaat tanah laterit yang harus kamu ketahui, baik untuk tumbuhan, untuk pembangunan atau pun untuk kehidupan sehari-hari

  1. PH tanah Normal

Setiap tanah memiliki Ph masing-masing, bahkan Ph pada tanah antara tanah yang satu dengan tanah yang lainnya berbeda, semua tergantung jenis tanah. Untuk itu pada jenis tanah ini termasuk tanah yang memiliki Ph normal, sehingga tanah tidak terlalu asam. Meskipun tanah ini tidak terlalu subur karenanya, tetapi tanah ini pun cocok ditanami dengan beberapa tumbuhan yang dapat hidup tanpa membutuhkan tanah yang subur. (Baca Juga: Manfaat Ilmu Sosial , Manfaat Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui)

  1. Dapat Menyerap air dengan baik

Tanah laterit merupukan salah satu tanah yang dapat menyerap air dengan daya serap yang baik. Pada dasarnya setiap tanah memang memiliki daya serap masing-masing, namun tanah laterit ini termasuk tanah yang bagus dalam daya serap airnya, sehingga tanah ini cenderung tampak padat dan kokoh. (Baca Juga: Manfaat Air Dalam Bidang Pertanian , Manfaat Air Hujan Bagi Kehidupan Manusia)

  1. Untuk Mendirikan Bangunan

Karakteristik dari tanah laterit adalah kokoh dan juga padat, sehingga dengan memilikinya tanah laterit ini selain baik dalam penyerapan airnya, ia pun baik untuk mendirikan bangunan di atasnya. Kekokohan pada tanah dalam membuat bangunan pun harus diperhitungkan, agar bangunan tidak mudah goyah dan bangunan dapat kokoh pula. (Baca Juga: Manfaat Pembangunan Ekonomi , Manfaat Rumah Kaca)

  1. Sebagai Lahan Perkebunan

Tanah laterit sangat memiliki manfaat yang banyak, meskipun tidak terlalu subur, tetapi tanah ini memiliki manfaat yang baik bagi beberapa tumbuhan, diantaranya adalah, tanah ini memiliki manfaat sebagai lahan perkebunan, adapun beberapa tumbuhan yang dapat ditanam pada perkebunan di atas tanah laterit adalah tanaman jagung, tanaman kelapa sawit, tanaman karet, tanaman cengkeh dan juga tanaman kopi. Cek juga beberapa manfaat dari tanaman tersebut mulai dari manfaat kelapa sawit, manfaat jagung, manfaat karet, manfaat cengkeh dan manfaat kopi

  1. Sebagai Bahan campuran untuk membuat suatu kompenen

Ciri dari tanah ini adalah keras dan kokoh, sehingga tanah ini memiliki fungsi yang banyak, bahakan tanah ini biasan digunakan untuk membuat benteng pertahanan ketika akan digunakan untuk peperangan atau dalam peperangan, dengan adanya benteng menggunakan tanah laterit, maka benteng akan kokoh dan kuat. Itulah mengapa benteng di Eropa lebih memanfaatkan tanah laterit sebagai bahan untuk bentengnya. Selain itu tidak hanya di Eropa saja yang memanfaatkannya sebagai benteng, di beberapa negara lain pun memanfaatkan tanah ini untuk bahan campuran dalam membuat komponen pada bangunan, sehingga bangunan yang akan berdiri akan menjadi kokoh. (Baca Juga: Manfaat Rumah Panggung , Manfaat Bunga Flamboyan)

  1. Untuk bahan kerajinan

Tanah ini selain kuat dan kokoh juga sangat cocok bila akan digunakan untuk membuat beberapa kerajinan, seperti contohnya adalah kerajinan genting, vas, kendi, dan kerajinan yang lainnya. Tanah laterit dengan karakteristik yang kuat ini mampu dengan baik dimanfaatkan untuk membentuk beberapa kerajinan yang membutuhkan bentuk dan pertahanan yang kokoh. (Baca Juga: Manfaat Membuat Kerajinan Tangan , Manfaat Telur Hias)

  1. Untuk Cadangan air

Sifat atau karakteristik lain dari tanah laterit adalah bahwa ia mampu untuk menyerap air lebih baik, sehingga dengan adanya tanah ini tentu baik dimanfaatkan untuk menyimpan air bagi tumbuhan dan digunakan untuk cadangan kebutuhan air ketika musim kemarau nanti. (Baca Juga: Manfaat Sumber Daya Air , Manfaat Mandi Air Dingin)

  1. Untuk Mengelola air buangan sampah

Berdasarkan beberapa penelitian bahwa air buangan in idapat di atasi dengan adanya tanah laterit, tentu tidak hanya tanah laterit saja yang berpengharuh disini, tetapi juga harus ada atau dibantu oleh curah hujan, sehingga akan membantu membuang fosfor serta logam berat yang ada pada air buangan sampah atau sering disebut dengan lindi. (Baca Juga: Manfaat Tidak Membuang Sampah Sembarangan , Manfaat Sampah Organik )

  1. Salah satu bahan yang digunakan untuk membuat bangunan ataupun jalan

Tanah merah atau tanah laterit memang sangat baik untuk menyerap air, sehingga sangat cocok untuk ditambahkan sebagai campuran dalam membuat adonan untuk pembangunan. Pasalnya, tanah ini jika dicampurkan pada campuran untuk membuat adonan bangunan akan menyebabkan bangunan menjadi lebih kokoh dan lebih tahan lama. (Baca Juga: Manfaat Jalan Tol Bagi Masyarakat , Manfaat Jalan Cepat Untuk Diet Bagi Kesehatan)

Dengan beberapa manfaat dari tanah laterit ini tentu anda dapat lebih bijak dalam memilih beberapa jenis tanah yang akan dimanfaatkan untuk keperluan, jika memang akan menanam kelapa sawit, maka dapat menggunakan tanah ini untuk dijadikan ladang atau tempat menanam kelapa sawit, begitu pula seterusnya. Bila yang diinginkana adalah untuk membuat kerajinan dari kapur, maka yang harus dimanfaatkan adalah tanah kapur. Begitulah manfaat tanah sesuai fungsinya. Sebelum memanfaatkan beberapa manfaat tanah, akan lebih baik apabila mengetahui beberapa karakteristik tanah sehingga tanah yang akan dimanfaatkan benar-benar cocok dalam pemanfaatannya, jangan asal memilih tanah, karena selain itu mubazir, jika itu tidak tepat pun dapat merusak tanah atau apa yang diharapkan tidak akan sesuai dengan harapannya.