9 Manfaat Mandi Air Dingin Untuk Tubuh

Mandi merupakan salah satu acara untuk membersihkan tubuh dari kotoran yang menempel pada badan setelah seharian beraktifitas. Mandi wajib dilakukan untuk menghindarkan tubuh dari bau badan yang tentu akan sangat menganggu jika anda sedang berada di tempat yang ramai. Bisa – bisa semua orang justru menutup hidung bahkan sampai tidak ada yang mau berdekatan dengan anda. Jangan biarkan hal seperti ini terjadi. Biasakanlah untuk selalu mandi agar badan tetap segar dan harum selalu setiap hari. Biasanya mandi dilakukan sebanyak dua kali sehari pada waktu pagi dan malam hari. Ada juga yang memilih untuk mandi sebanyak tiga kali tergantung aktifitas yang anda lakukan. Adapun air yang digunakan pada umumnya air biasa yang tidak bersifat panas ataupun dingin. Namun tahukah anda bahwa mandi dengan air yang dingin memiliki manfaat tertentu bagi kesehatan untuk tubuh. Berikut ini manfaat dari mandi air dingin yaitu :

1.Meningkatkan daya tahan tubuh

Salah satu manfaat dari mandi air dingin terutama pada pagi hari bermanfaat untuk meransang tubuh agar dapat memproduksi sel darah putih lebih banyak dari biasanya. Sel darah putih berperan untuk menangkal serangan dari virus yang dapat melemahkan sistem daya tahan tubuh. Jika daya tahan tubuh lemah maka tubuh akan mudah terserang sakit. Umumnya sakit  bisa disebabkan oleh virus dan bakteri yang bisa menjadi masalah serius jika tidak ditangani dengan baik. Jadi manfaat mandi air dingin bisa dirasakan untuk menyegarkan tubuh dan membuat tubuh lebih rileks dalam melakukan kegiatan anda sehari – hari. Jadi mulai sekarang jangan pernah abaikan untuk mandi pada pagi hari.

Artikel terkait :

2. Sirkulasi darah menjadi lancar

Peredaran darah di dalam tubuh bisa jadi tidak lancar karena berbagai macam sebab salah satunya adalah lemak yang menghambat jalan aliran darah dalam tubuh. Jika darah tidak lancar maka tubuh akan mudah terserang sakit. Karena manfaat dari lancarnya aliran darah bagi setiap organ tubuh bisa menjaga kesehatan dan mempercepat proses penyembuhan. Oleh sebab itu jika anda sering mandi dengan air yang dingin maka dapat melancarkan sirkulasi peredaran darah. Dengan sirkulasi yang lancar ini badan akan selalu terasa sehat dan segar setiap pagi hari untuk menjalankan aktifitas harian anda.

Artikel terkait :

3. Mengurangi stres

Stres bisa disebabkan oleh tubuh yang terlalu banyak melakukan aktifitas. Jika tubuh kurang beristirahat maka tubuh akan mudah terkena stres. Dampak dari stres yang terlalu lama juga tidak baik untuk tubuh dan kesehatan dalam jangka waktu yang panjang. Untuk segi penampilan stres juga tidak baik bagi kulit anda. Stres membuat kulit mudah keriput dan terlihat kusam karena kerja sistem metabolisme yang terganggu dan tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Dan salah satu cara untuk mengurangi stres adalah dengan memastikan pasokan oksigen di dalam tubuh lancar untuk dapat meredakan stres. Itulah manfaat dari mandi air dingin yang dilakukan pada pagi hari. Air yang menyentuh kulit secara perlahan dapat membantu meredakan stres anda. Terutama juga bahwa udara pada pagi hari masih terasa segar dan tenang sehingga badan anda akan lebih nyaman.

Artikel terkait :

4. Kesuburan pria

Manfaat berikutnya dari mandi air dingin adalah untuk memicu produksi salah satu hormon pria yaitu testoteron. Sama seperti meningkatkan daya tahan tubuh testoteron pada pria berfungsi untuk kesuburan dalam proses pembuahan. Jadi manfaat air dingin ini juga memberikan dampak positif bagi kesehatan organ reproduksi. Dengan meningkatkan hormon testoteron bagi pria bisa jadi proses memiliki keturunan setelah menikah menjadi lebih cepat dan peran dari seorang suami bisa segera berubah menjadi seorang ayah yang menyayangi anaknya. Bagaimananpun sikap seorang pria bisa saja berubah menjadi lebih baik atau telah menemukan jati dirinya setelah mempunyai keturunan

Artikel terkait :

5. Kesehatan rambut

Mandi air dingin juga bisa menjadikan rambut tumbuh subur karena memperkuat akar rambut sehingga tidak mudah rontok dan kusam. Inilah manfaat mandi air dingin yang dilakukan setiap hari pada pagi hari. Rambut yang sehat terlihat dari warnanya yang hitam dan juga akar dari rambut yang tertanam dan tidak mudah untuk rontok. Pada saat sekarang sangat sulit sekali memiliki rambut yang sehat. Ini karena kesehatan rambut sangat berkaitan tidak hanya dari perawatan di luar tubuh namun juga karena faktor makanan. Makanan yang sehat tentu memberikan kesehatan tidak hanya bagi tubuh namun juga kesehatan untuk rambut secara keseluruhan.

Artikel terkait :

6. Mengatasi Insomnia

Percaya atau tidak ternyata insomnia yang anda alami pada malam hari bisa disembuhkan dengan cara mandi. Tapi disini adalah mandi dengan menggunakan air dingin dan sangat dianjurkan pada waktu pagi hari. Dengan mandi pada pagi hari membuat badan anda menjadi lebih nyaman saat akan tidur di malam hari. Bantuan dari air dingin yang meresap di kulit membuka seluruh pori – pori anda secara lebih terbuka sehingga penyakit insomnia bisa diatasi dengan sangat baik. (Baca juga : Manfaat tidur siang)

7. Menurunkan berat badan

Anda memiliki masalah dengan berat badan yang sudah tidak ideal karena tumpukkan lemak yang ada di perut, paha dan pinggang ? Ada cara mudah untuk mengusir lemak tersebut selain dengan melakukan olahraga yaitu dengan mandi menggunakan air yang dingin. Mandi air dingin membuat tubuh menggigil karena tubuh sedang memproduksi jaringan lemak coklat dari dalam tubuh. Jaringan lemak coklat berfungsi untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh dan melancarkan proses metabolisme dalam tubuh agar berat badan kembali ideal seperti biasanya. Karena bagaimanapun juga berat badan bisa jadi menganggu penampilan anda di luar untuk tampil lebih percaya diri. Adapun cara untuk menurunkan berat badan ini memerlukan kosistensi yang berkelanjutan untuk bisa menurunkan berat badan sehingga hasil menjadi memuaskan.

Artikel terkait :

8. Suhu tubuh

Suhu tubuh berfungsi untuk mengetahui kesehatan anda pada hari itu. Jika anda memiliki banyak aktifitas maka secara langsung suhu tubuh akan meningkat. Jadi untuk menurunkan suhu tubuh diperlukan air dingin untuk menormalkan kembali suhu tubuh yang ada di dalam tubuh.

Artikel terkait :

9. Menambah energi

Manfaat berikutnya yang di dapat dari rutin mandi dengan air yang dingin dapat menambah energi tubuh. Ini karena air dingin membuat sirkulasi dalam darah menjadi lancar. Sehingga organ dapat berjalan sesuai dengan fungsinya sehingga membantu anda bisa menyelesaikan pekerjaan lebih cepat. Menambah energi dapat membuat anda lebih cepat untuk bekerja sehingga nyaman dan santai. Energi juga perlu di dapatkan dari makanan yang kaya akan karbonhidrat sebagai cadangan makanan.

Artikel terkait :

Jadi itulah manfaat yang di dapat untuk kesehatan tubuh dan mental dengan menggunakan air dingin. Pada umumnya air dingin memang selalu ada pada pagi hari karena cuaca pada pagi hari memang dingin. Namun jika air untuk mandi di toilet anda belum dingin anda dapat menambahkan beberapa gayung air dingin yang sebelumnya sudah didinginkan di dalam kulkas. Jadi cadangkan beberapa air untuk didinginkan ataupun menggunakan es batu. Mandi pagi dengan air dingin ini tidak dianjurkan jika kesehatan anda kurang baik karena takut akan membuat anda menjadi tambah sakit. Ingatlah jika air dingin memang dapat membantu anda meningkatkan kesehatan untuk tetap sehat selalu sepanjang hari.

, , , ,
Oleh :
Kategori : Kesehatan