Manfaat Sumber Daya Alam yang Tidak Dapat Diperbaharui dan Macamnya

Pada artikel sebelumnya kita telah membahas tentang manfaat sumber daya alam. Sumber daya alam mengacu pada semua hal yang berasal dari alam dan digunakan manusia untuk mencukupi kebutuhan hidupnya. Indonesia sendiri yang dikenal sebagai negara megabiodiversitas memiliki sumber daya alam yang berlimpah. Baik sumber daya alam yang dapat diperbaharui maupun yang tidak dapat diperbaharui. Seperti sebutannya, sumber daya alam yang dapat diperbaharui merupakan sumber daya alam yang jumlahnya banyak dan selalu ada jika penggunaannya tidak berlebihan. Sebaliknya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui adalah sumber daya alam yang jumlahnya terbatas dan akan habis jika terus menerus digunakan.

Artikel terkait:

Macam Macam SDA yang Tidak Dapat Diperbaharui

Pada dasarnya, sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui meliputi semua hasil tambang yang diambil dari dalam bumi. Proses pembentukan beberapa hasil tambang ini sangat lama, bahkan membutuhkan waktu hingga ribuan tahun. Oleh karena itu eksploitasinya secara terus menerus dapat membuat hasil tambang ini habis. Dilain pihak, karena kelangkaannya ini harga jual barang hasil tambang juga cukup tinggi. Inilah yang menyebabkan banyaknya eksploitasi demi mendapatkan keuntungan yang melimpah.

Beberapa hasil tambang yang merupakan SDA yang tidak dapat diperbaharui lagi antara lain:

1. Minyak Bumi

Minyak bumi merupakan hasil penguraian materi organik, baik dari hewan maupun tumbuhan, yang tertimbun selama bertahun tahun. Minyak bumi banyak disebut sebagai emas hitam, karena warnanya yang gelap namun bernilai tinggi layaknya emas. Minyak bumi utamanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar. Berdasarkan titik didihnya bahan bakar ini bisa dibedakan menjadi elpiji, minyak tanah, bensin, diesel dan lain sebagainya. Selain itu produk minyak bumi juga menjadi bahan pembuatan aspal dan tar. Untuk informasi lebih lengkap, baca artikel manfaat minyak bumi bagi manusia

2. Batu Bara

Batu bara adalah batuan hasil sedimentasi tumbuhan yang dapat terbakar. Indonesia merupakan salah satu negara dengan cadangan batu bara terbesar di dunia. Daerah dengan cadangan batu bara terbesar berada di pulau Kalimantan dan Sumatera. Batu bara ini kebanyakan digunakan sebagai bahan bakar serta diubah menjadi energi listrik.

3. Gas Alam

Hasil tambang tidak hanya berupa benda padat seperti batubara dan batuan mineral maupun cairan seperti minyak bumi. Ada juga yang berbentuk gas, yaitu gas bumi atau gas alam. Gas ini khususnya berupa metana, adalah gas yang mudah terbakar. Oleh karena itu gas alam dapat dimanfaatkan menjadi bahan bakar.

4. Mineral

Ada banyak jenis mineral yang dapat ditambang dari dalam bumi. Beberapa diantaranya bernilai jual tinggi seperti emas dan perak. Ada juga bijih besi dan tembaga yang harus diolah terlebih dahulu untuk dimanfaatkan kemudian. Besi dan tembaga dapat ditempa dan dibentuk menjadi berbagai macam kebutuhan rumah tangga, elektronik, dan bangunan.


Hasil tambang lainnya seperti:

  • bauksit
  • marmer
  • nikel
  • mangan
  • grafit
  • belerang
  • sulfur

Demikian uraian manfaat sumber daya alam yang tidak dapat diperbaharui dan beberapa contohnya. Perlu diketahui bahwa jumlah sumber daya alam ini semakin hari semakin menipis. Oleh karena itu sebaiknya kita mulai melirik sumber daya alam yang dapat diperbaharui yang jumlahnya melimpah untuk dimanfaatkan sebagai sumber energi alternatif. Salah satunya sinar matahari dan udara.

, , ,
Oleh :
Kategori : Alam
Doctors Talks

Gigi berlubang bagian atas bisa menyebabkan Penyakit meningitis, Gigi berlubang bagian bawah bisa menyebabkan penyakit yang menyebabkan kematian mendadak, apa itu ? Simak penjelasan Drg. Albertus Andika berikut ini.