Manfaat Tanah Vulkanik di Bidang Pertanian

Tanah vulkanik banyak dijumpai disekitar kaki gunung merapi. Di Indonesia sendiri terdapat banyak gunung merapi baik yang masih bersatus aktif dan tidak aktif. Keunggulan dari tanah vulkanik ini adalah kandungan unsur haranya yang sangat tinggi. Pengertian dari tanah vulkanik sendiri merupakan tanah yang terbentuk dari luapan lahar dan abu vulkanik yang berasal dari letusan gunung merapi. Saat gunung merapi meletus berbagai material yang ada didalamnya menyembur keluar. Itu sebabnya saat gunung merapi bersatus awas dilarang untuk mendekat karena dapat membahayakan keselamatan jiwa.

Artikel terkait :

Namun dibalik bencana alam yang mengerikan tersebut terdapat manfaat yang banyak diberbagai bidang. Terbukti tanah vulkanik bermanfaat sekali untuk bidang pertanian. Berdasarkan penelitian sebelumnya tanah vulkanik dianggap tidak memiliki manfaat sama sekali. Setelah adanya penelitian tentang tanah vulkanik baru kemudian diketahui manfaatnya. Berikut ulasan manfaat tanah vulkanik bagi bidang pertanian :

1.Menyuburkan tanah

Tanah merupakan salah satu wadah untuk melakukan penanaman berbagai jenis tanaman untuk hasilnya dimanfaatkan sebagai konsumsi sehari-hari. Tanah yang dijadikan sebagai wadah penanaman haruslah tanah yang kaya akan nutrisi yang diperlukan tanaman untuk tumbuh yaitu unsur hara. Unsur hara merupakan makanan pokon bagi tanaman untuk tumbuh subur. Kandungan unsur hara ditanah bermacam-macam kadarnya dan ini ikut mempengaruhi tingkat kesuburan tanah disuatu tempat. Berbeda dengan tanah vulkanik yang sudah pasti kaya akan kandungan unsur hara didalamnya. Tanah yang mengandung unsur hara sudah pasti subur. Nah, agar tidak kesulitan membedakan mana tanah yang subur dan tidak subur berikut ini ciri-ciri dari tanah yang subur :

  • Memiliki ph yang netral, ph netral untuk tanah berkisar antara 6.5 hinggs 7.5 dengan tingkat ph yang nertal ini maka adanya keseimbangan unsur didalam tanah.
  • Unsur hara yang banyak didalam tanah menjadikan tanah berwarna hitam dan subur. (Baca juga : Manfaat unsur hara)
  • Tanah yang subur juga memungkinkan berbagai jenis tanaman dapat tumbuh disana dengan baik.(Baca juga : Manfaat tanah subur)

Jadi manfaat tanah vulkani bagi bidang pertanian adalah membantu menyuburkan tanah terutama tanah yang berada disekat gunung merapi. Sehingga jika Anda ingin melakukan cocok tanam maka tanah yang berada di sekitar lereng dan kaki gunung merapi sangat baik untuk dijadikan sebagai pilihan.

2. Hasil pertanian meningkat

Saat melakukna kegiatan bercocok tanah dibidang pertanian tentu hasil pertanian menjadi salah satu harapan. Terutama bagi para petani yang mencari nafkah dengan cara bercocok tanam. Dalam pelaksanaannya kegiatan bercocok tanam tentu memerlukan tanah yang baik dan subur agar hasil pertanian meningkat dan memuaskan. Ini bertujuan untuk menghindari yang namanya gagal panen akibat tanaman yang ditanam kekurangan nutrisi. Selain gagal panen yang menjadi penyebab petani merugi sehingga berimbas bagi hasil pertanian adalah :


  • Bencana alam dimana akibatnya tidak bisa dihindarkan dan kerugian bisa mencapai ratusan hektar ladang yang gagal panen. Sehingga harga dipasaran menjadi melambung tinggi berkali-kali lipat.
  • Perawatan yang salah, dalam bidang pertanian menanam tanaman juga memerlukan ilmunya. Agar hasil pertanian meningkat diperlukan pelajaran yang harus dimengerti dan di praktekan secara langsung.
  • Tempat menanam yang tidak subur, setiap tanah memiliki kandungan yang berbeda-beda. Tidak semua tanah dikatakan subur dan dapat menjadi tempat untuk dilakukannya kegiatan bercocok tanam.

Jadi pemilihan untuk meningkatkan hasil pertanian yang tepat adalah tanah vulkanik yang kaya akan unsur hara dan menyuburkan pertumbuhan tanaman.Hasilnya panenpun menjadi meningkat.(Baca juga :Manfaat air dalam bidang pertanian)

Itulah beberapa manfaat tanah vulkanik yang dimanfaatkan untuk bidang pertanian.

Artikel terkait :

Jenis Tanah Vulkanik

Berdasarkan jenisnya sendiri tanah vulkanik juga dibedakan menjadi dua macam yaitu:

  • Tanah vulkanik regosol merupakan tanah yang memiliki warna abu-abu. Tanah ini cocok ditanami buah-buahan dengan segala macam jenis serta tembakau. Karena struktur dari tanah vulkanik ini cenderung kasar dan sedikit mengandung bahan organik.
  • Tanah vulkanik latosol cocok untuk ditanami padi, karet, kelapa dan kopi. Tanah ini bersifat asam dan berwarna merah.

Itulah jenis-jenis dari tanah vulkanik dimana jenis tanah vulkanik ini memiliki tingkat kecocokan yang berbeda-beda untuk dilakukan penanaman.

, ,
Oleh :
Kategori : Alam