5 Manfaat Ilmu Sosial dalam Kehidupan Bermasyarakat

Ilmu sosial adalah disiplin ilmu yang mempelajari mengenai aspek sosial dalam berhubungan dengan masyarakat secara lebih luas. Dalam interaksi sesama makhluk sosial manusia tentu memerlukan bantuan dari orang lain. Ini karena hakikat manusia sebagai makhluk sosial. Dalam prakteknya ilmu sosial banyak membantu untuk mengembangkan kepribadian sehingga menjadi lebih baik. Praktek yang diajarkanpun bermacam-macam dan sangat menguntungkan sekali dalam melakukan interaksi

Ilmu sosial selain membahas bagaimana cara berinteraksi sebagai sesama makhluk sosial, juga turut membahas mengenai cara sepat untuk beradaptasi dengan lingkungan sehari-hari. Yang mana setiap orang pasti tumbuh dan besar di lingkungan-lingkungan yang berbeda. Disinilah terasa pentingnya ilmu sosial sebagai bentuk dari penerapan yang baik bagi orang yang baru tinggal di tempat tertentu. Sehingga setiap orang dapat cepat menyesuaikan diri dengan lingkungannya yang baru.

Artikel terkait :

Pembelajaran tentang ilmu sosial ini sudah ada sejak memasuki sekolah menengah pertama. Di bangku kuliah ilmu sosial ini juga menjadi ilmu kajian khusus sehingga penjelasannya menjadi lebih rinci dan fokus. Begitu pentingnya manfaat ilmu sosial berikut ini ulasannya untuk Anda :

1.Mengerti masalah 

Dalam setiap hubungan interaksi antara sesama makhluk sosial akan ada timbulnya masalah. Masalah adalah perbedaan yang terjadi antara dua orang atau lebih yang saling bertentangan. Dengan adanya ilmu sosial penjelasan mengenai bagaimana memahami masalah yang ada lebih jelas. Sehingga tidak menimbulkan kerugian bagi pihak manapun. Dan dengan mempelajari ilmu sosial memberikan manfaat memahami masalah sosial yang terjadi di masyarakat yang majemuk.

Artikel terkait :

2. Menyelesaikan masalah

Permasalahan yang ada wajib untuk diselesaikan secara baik-baik dengan masyarakat yang mengalami perselisihan. Karena setiap masalah yang ada jika dibiarkan begitu saja justru menjadi lebih parah.Untuk itu menyelesaikan masalah juga memerlukan orang yang mengerti kedudukan masalah yang ada. Dan mencari jalan tengah dari kedua belah pihak yang bertikai dengan seimbang. Sehingga masalah ini nantinya tidak mengakibatkan masalah yang baru lagi.

(Baca juga : Manfaat musyawarah untuk kehidupan sehari-hari)

3. Memahami pribadi setiap masyarakat

Manfaat selanjutnya dari ilmu sosial adalah untuk memahami setiap kepribadian orang. Kepribadian berhubungan dengan sikap dan tingkah laku seseorang dalam kehidupan sehari-hari. Kepribadian awal dibentuk dari keluarga dimana seseorang dibesarkan. Namun seiring dengan pertambahan usia maka faktor lingkungan juga ikut mempegaruhi kepribadian. Itu gunanya pengawasan dari orang tua tetap diperlukan. Kepribadian seseorang berbeda-beda, itu sebabnya banyak terdengar berbagai komentar mengenai seseorang anak yang baik dan seseorang anak yang sikapnya tidak baik. Dengan mengerti kepribadian masing-masing orang kita jadi tahu bagaiman bersikap dengannya secara bijak.

Artikel terkait :

4. Mempererat silaturahim

Selanjutnya manfaat dari ilmu sosial adalah untuk mempererat tali silaturahim. Silaturahim memiliki tujuan untuk memperat hubungan dan menjalin kembali hubungan yang sempat terputus. Silaturahim didalam agama islam memiliki manfaat untuk memperluas rezeki dan memperpanjang usia. Silaturahim memang bisa memperluas rezeki karena saat kita kembali membuka jalan pertemanan baik dengan orang yang lama atau orang yang baru otomatis dapat mengundang rezeki. Dimana kadang seseorang yang baru kita kenal tertarik untuk mengajak kita berbisnis dalam usaha yang tengah dijalankannya.

Artikel terkait :

5. Menghilangkan kesenjangan sosial

Perbedaan dalam setiap kehidupan pasti akan selalu ada dan tidak dapat untuk dipungkiri. Namun kenyataannya perbedaan bisa dihilangkan dengan cara berbaur yang ramah dan akrab antar sesama. Jangan pernah memicu api perbedaan jika tidak ingin terbakar karenanya. Menghilangkan perbedaan termasuk salah satu manfaat dari ilmu sosial bermasyarakat.

Artikel terkait :

Nah, itulah beberapa manfaat dari ilmu sosial dalam hidup bermasyarakat dan bernegara yang dapat di praktekkan sehari-hari.