6 Manfaat Tanah Subur bagi Manusia dan Lingkungan

Tanah subur merupakan salah satu unsur di dalam kehidupan yang sangat vital. Manusia, hewan dan tumbuhan sangat memerlukan tanah yang subur. Coba bayangkan apabila di bumi ini tidak ada tanah subur, tanaman tidak akan tumbuh, tidak ada tanaman otomatis tidak ada oksigen yang dihasilkan, tidak ada oksigen tentu saja tidak akan ada kehidupan di bumi ini karena semua makhluk hidup memerlukan oksigen. Selain oksigen, tanah subur juga mempengaruhi air, tanah sangat mempengaruhi suplai air di kehidupan manusia karena tanah merupakan penyimpan air utama di bumi ini. Apabila tidak ada air bisa dipastikan kelangsungan kehidupan kita tidak akan lama. Oleh karena itu mari kita saling menjaga kelestarian dan kesuburan tanah.

Perlu diketahui bahwa tanah ada yang subur ada yang tandus. Yang dimaksut tanah subur disini adalah kemampuan tanah dengan berbagai unsur hara di dalamnya dalam mendukung pertumbuhan tanaman atau panen sepanjang tahun. Jadi apabila tanah itu hanya bisa ditanami tanaman satu kali maka tanah tersebut tidak bisa dikatakan subur. Banyak sekali manfaat tanah subur bagi kehidupan kita, antara lain akan di jelaskan di penjelasan berikut ini.

Artikel tentang tanah lainnya :

Manfaat Tanah Subur

1.Tumbuhan menjadi sehat dan subur

Tanah subur menyediakan unsur unsur hara yang penting bagi tumbuhan. Dengan tanah yang kaya unsur hara tersebut tumbuhan yang ditanam akan tumbuh dengan sehat dan baik. Dengan tanaman yang sehat maka bisa melindungi lingkungan dari pencemaran udara. Selain itu tanaman, buah dan sayuran yang ditanam di tanah yang subur akan menghasilkan sayuran atau buah yang berkualitas juga.

artikel terkait : manfaat unsur hara

2. Mengurai organisme yang telah mati

Tanah yang subur akan lebih cepat dalam mengurai organisme yang telah mati dibanding tanah tandus. Hal ini terjadi karena tanah subur mengandung unsur – unsur yang mampu mempercepat penguraian organisme tersebut. Organisme yang terurai tersebut juga akan menambah subur tanah sehingga bisa menambah manfaat organisme lain dan juga kelestarian alam akan terjaga.

3. Sebagai penyimpan air tanah

Tanah yang subur akan lebih bisa cepat menyerap air dibanding tanah yang tidak subur. Hal ini terjadi karena di tanah yang subur terdapat humus. Dengan adanya humus ini drainase menjadi baik. Hal ini karena sifat dari humus  yang berongga sehingga air yang terserap masuk ke dalam tanah akan lebih banyak dan lebih cepat. Dengan kemampuan penyerapan yang baik ini akan memberikan suplai air yang memadai bagi manusia dan makhluk hidup lainnya.

Namun sayangnya saat ini kesadaran masyarakat semakin kurang. Tanah  lapang terbuka banyak yang di semen sehingga sekarang sudah tidak heran lagi apabila setiap hujan tiba banyak genangan air sehingga yang menyebabkan banjir, hal ini salah satunya dikarenakan drainase yang buruk.

artikel terkait : manfaat terbentuknya humus

4. Menanggulangi erosi

Salah satu usaha untuk menanggulangi erosi adalah dengan reboisasi atau penghijauan. Syarat utama suksesnya reboisasi tidak lain adalah harus ditanam di tanah yang subur, karena kalau ditanam di tanah yang tidak subur tanaman tidak akan tumbuh maksimal. Dengan adanya reboisasi akan mampu mencegah erosi, selain itu tanah juga akan semakin subur dan mampu menyerap debu dan polusi di udara. Oleh karena itu tanah yang subur akan sangat bermanfaat untuk menanggulangi erosi.

artikel terkait :  manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia

5. Berdampak pada perekonomian

Dengan tanah yang subur maka akan memperngaruhi perekonomian khususnya para petani dan peternak. Dengan adanya tanah yang subur sayur, buah dan hasil perkebunan lainnya akan tumbuh dan menghasilkan sayur dan buah berkualitas tinggi dan otomatis akan mengangkat perkonomian para petani. Bagi peternak, ternak mereka akan menghasilkan daging  yang berkualitas karena makanan mereka juga diambil dari tanaman yang berkualitas.

6. Terbebas dari bencana

Dengan tanah yang subur maka pohon kuat dan kokoh akan tumbuh subur. Dengan tumbuhnya pohon tersebut longsor tidak akan terjadi karena pohon tersebut mengikat tanah. Air lebih mudah menyerap sehingga tidak terjadi banjir.

artikel terkait : manfaat hutan lindung

Demikian beberapa manfaat dari tanah subur. Jadi mulai sekarang kita harus mulai menjaga kesuburan tanah dimulai dari lingkungan kita sendiri terlebih dahulu salah satunya dengan cara memberi pupuk dan menanam tanaman untuk penghijauan karena saat ini lahan terbuka hijau semakin berkurang.