15 Manfaat Buah Bisbul untuk Kesehatan

buah bisbul

Buah bisbul mungkin masih terdengar sangat asing di telinga sebagian besar orang Indonesia. Buah yang memiliki nama lain buah mentega, marit, buah lemak, kamagong, atau velvet apple ini masih satu keluarga dengan buah kesemek. Bentuk dan warnanya pun mirip, yang membedakan adalah tekstur daging buahnya. Kesemek memiliki tekstur daging buah seperti pepaya muda, manis dan renyah. Sementara buah bisbul daging buahnya lunak dan lembut hingga mudah melekat di gigi, rasanya manis dan baunya pun harum.

Buah yang cukup langka di Indonesia ini memiliki kandungan nutrisi-nutrisi penting bagi tubuh seperti lemak, vitamin C, vitamin A, protein, karbohidrat, zat besi, kalsium, kalium, fosfor, riboflavin, dan tiamin. Dengan semua kandungan baiknya mengonsumsi buah bisbul dapat mendatangkan banyak manfaat diantaranya:

  1. Menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh

    Rutinitas sehari-hari yang padat dan gaya hidup yang kurang sehat dapat menyebabkan daya tahan tubuh menurun sehingga tubuh mudah terserang penyakit. Untuk itu kita mesti menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh salah satunya dengan mengonsumsi buah bisbul yang mengandung vitamin C dan vitamin A serta mineral-mineral yang diperlukan tubuh. (Baca juga: manfaat berenang – manfaat madu)

  2. Sebagai sumber energi

    Buah bisbul sangat cocok disantap sehari-hari untuk menambah energi apalagi bagi anda yang sibuk dengan berbagai aktivitas. Dengan kandungan protein, karbohidrat, serta lemak yang dimiliki buah bisbul tubuh kita dapat memperoleh tambahan kalori yang bermanfaat sebagai sumber energi bagi tubuh. (Baca juga: manfaat lemak – 8 manfaat matahari bagi kehidupan manusia)

  3. Baik bagi pencernaan

    Tidak diragukan lagi pentingnya serat bagi kesehatan dan kelancaran pencernaan kita. Untuk itu sangat disarankan mengonsumsi bahan makanan yang mengandung serat. Salah satunya buah bisbul. Dengan rajin mengonsumsi buah bisbul tubuh kita akan mendapat asupan serat yang mencukupi sehingga pencernaan menjadi lancar dan tubuh dapat menyerap sari makanan dengan baik serta terhindar dari berbagai macam ganggun pencernaan. (Baca juga: manfaat yakult – 42 manfaat kulit manggis bagi kesehatan)

  4. Mencegah penyakit anemia

    Manfaat buah bisbul juga dapat menghindarkan kita dari penyakit anemia atau kekurangan darah merah. Karena zat besi yang terkandung di dalamnya merupakan nutrisi penting yang diperlukan dalam produksi sel darah merah. (Baca juga: manfaat telur untuk anemia – manfaat jambu biji untuk anemia)

  5. Melancarkan peredaran darah

    Sebagai pembawa oksigen dan sari makanan ke seluruh tubuh maka peredaran darah harus dijaga kelancarannya. Jika terjadi penyumbatan sedikit saja yang dapat menghambat peredaran darah maka akan muncul gangguan-gangguan dalam tubuh. Untuk itu kita dianjurkan mengonsumsi makanan-makanan yang dapat melancarkan peredaran darah, salah satunya adalah buah bisbul. (Baca juga: manfaat remayung – manfaat badan diurut)

  6. Memelihara kesehatan mata

    Sebagai salah satu panca indra mata merupakan organ penting yang mesti dijaga kesehatannya. Berbagai kuman penyakit di sekitar kita dapat menyebabkan gangguan pada mata. Untuk menjaga kesehatan mata kita dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang kaya vitamin A seperti buah bisbul sehingga mata sehat dan terhindar dari berbagai penyakit. (Baca juga: manfaat wortel)

  7. Menjaga kesehatan dan pertumbuhan tulang

    Tulang yang menyangga tubuh kita mesti dijaga kesehatannya. Apalagi pada anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan. Agar tulang mereka dapat tumbuh dan berkembang dengan maksimal sangat dianjurkan untuk mengonsumsi makanan-makanan yang kaya akan kasium dan fosfor seperti buah bisbul. Demikian juga pada orang tua yang kondisi kesehatan tulangnya semakin menurun, juga dianjurkan untuk mengonsumsi buah bisbul yang mengandung fosfor dan kalsium sehingga tulang tidak mudah keropos dan terkena penyakit-penyakit seperti osteoporosis. (Baca juga: manfaat lembayung)

  8. Baik untuk kesehatan kulit

    Kulit cantik, sehat, lembab, cerah, serta terhindar dari kerutan atau tanda-tanda penuaan merupakan dambaan semua orang. Untuk mendapatkan itu semua tidaklah sulit, dengan gaya hidup sehat dan mengonsumsi makanan-makaanan kaya vitamin maka kulit sehat dan awet muda akan menjadi milik anda. Salah satu makanan yang direkomendasikan untuk kesehatan kulit adalah buah bisbul yang mengandung vitamin A, C, tiamin, serta riboflavin. (Baca juga: 11 manfaat lemon untuk kesehatan dan perawatan kecantikan)

  9. Membantu regenerasi sel

    Sel-sel dalam tubuh kita mengalami siklus mulai dari kelahiran, pertumbuhan, hingga akhirnya mati. Sel-sel yang telah mati ini perlu digantikan tugasnya oleh sel-sel baru sehingga penting sekali yang namanya regenerasi sel. Untuk mendukung regenerasi sel kita membutuhkan asupan protein dari makanan yang kita makan salah satunya melalui manfaat buah bisbul ini. (Baca juga: manfaat teladak)

  10. Baik bagi kesehatan jantung

    Kesehatan jantung erat kaitannya dengan kesehatan dan kelancaran pembuluh darah. Jika peredaran darah di dalam pembuluh darah lancar tanpa hambatan maka jantung tidak perlu bekerja keras untuk memompa darah. Untuk mendapatkan manfaat tersebut kita dapat mengonsumsi buah bisbul yang mengandung kalium yang juga sangat baik untuk mengurangi stres pada sistem kardiovaskular sehingga kesehatan jantung tetap terjaga dan terhindar dari berbagai penyakit jantung. (Baca juga: manfaat buah naga)

  11. Menurunkan tekanan darah

    Tekanan darah merupakan salah satu indikator kondisi kesehatan seseorang. Tekanan darah yang terlalu tinggi atau terlalu rendah menandakan kondisi kesehatan yang tidak baik. Tekanan darah yang tinggi bahkan bisa berpengaruh pada kondisi jantung sehingga harus diturunkan agar normal kembali. Salah satu caranya dengan mengonsumsi buah bisbul. (Baca juga: manfaat buah okra)

  12. Menurunkan kolesterol

    Selain tekanan darah buah bisbul juga sangat baik dikonsumsi untuk menurunkan kadar kolesterol dalam darah. Meskipun kolesterol dibutuhkan agar tubuh tetap sehat namun kadarnya yang terlalu tinggi dalam darah juga tidak baik bagi kesehatan. (Baca juga: manfaat buncis untuk kolesterol)

  13. Mengurangi aterosklerosis

    Kolesterol atau zat lemak lain yang sudah terlanjur menumpuk di dalam pembuluh darah dapat mengendap dan mengeras sehingga menjadi plak yang menyebabkan pembuluh darah mengalami penyempitan yang berakibat tidak lancarnya peredaran darah. Ditambah lagi plak ini sangat rapuh dan mudah pecah yang jika pecah dapat melukai dinding pembuluh darah. Untuk mengurangi plak atau aterosklerosis ini kita dapat memanfaatkan buah bisbul. (Baca juga: manfaat kunyit)

  14. Baik untuk kesehatan pernapasan

    Kandungan vitamin dan mineral pada buah bisbul juga banyak dimanfaatkan sebagai obat bagi berbagai macam penyakit pernapasan seperti asma, batuk, dan sesak di dada. Penggunaannya sebagai obat pernapasan terutama sekali di daerah Filipina. (Baca juga: manfaat olahraga)

  15. Bahan baku kerajinan

    Jika di Indonesia jenis kayu yang kerap digunakan sebagai bahan kerajinan adalah kayu jati dan rotan maka di Filipina kayu tumbuhan bisbul lah yang kerap diolah menjadi berbagai kerajinan. Hal ini disebabkan kayu bisbul memiliki kualitas yang baik, keras, kuat, berwarna coklat kemerahan hinga hitam, sera bertekstur halus. Penggunaannya bahkan dilindungi oleh undang-undang negara Filipina. (Baca juga: manfaat pohon kelapa)

Sangat bermanfaat sekali ya? Untuk itu tidak ada salahnya mulai membudidayakan tumbuhan ini mulai dari lingkungan sekitar sehingga setelah berbuah kita dapat memetik manfaatnya yang sangat baik bagi kesehatan. Apalagi bisbul tergolong tumbuhan yang mudah ditanam di berbagai macam jenis tanah serta tidak membutuhkan perawatan yang berlebihan.