35 Manfaat Wortel Untuk Kulit Wajah dan Tubuh

Wortel, salah satu jenis sayur yang juga sangat disukai kelinci ini merupakan jenis sayuran berwarna orange yang sangat dikenal dengan kandungan vitamin A di dalamnya. Sayuran dengan nama latin Daucus carota L. memiliki berbagai manfaat selain untuk menjaga kesehatan mata. Wortel dikenal memiliki berbagai kandungan yang tidak hanya menjaga kesehatan mata, tubuh dan beberapa organ tubuh lainnya. Salah satunya, wortel sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit.

artikel terkait:

Kandungan Gizi Wortel

Kandungan gizi dalam wortel tidak hanya vitamin A saja. Wortel memiliki berbagai kandungan gizi yang sangat beragam, diantaranya yakni vitamin B, vitamin C, betakaroten, kalsium, zat besi, magnesium, fosfor, kalium dan juga sodium. Beberapa kandungan dalam wortel tersebut tidak hanya dapat menyehatkan mata dan memberikan nutrisi serat sebagai sayuran, akan tetapi juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit.

artikel terkait: manfaat sendok

Manfaat Wortel Untuk Kulit

Meskipun wortel sangat dikenal baik untuk menjaga kesehatan mata, namun wortel memiliki berbagai manfaat lain, yakni wortel sangat baik untuk kulit. Dan beberapa manfaat wortel untuk kesehatan kulit diantaranya:

  1. Membantu Proses Regenerasi Sel Kulit

Vitamin A pada wortel tidak hanya dapat membantu menjaga kesehatan mata. Vitamin A juga mampu membantu proses regenerasi kulit. Sehingga sel kulit selalu dapat melakukan regenerasi sel kulit. Sel kulit mati akan cepat tergantikan dengan sel kulit yang baru, sehingga kesehatan kulit tetap terjaga.

artikel terkait: manfaat buah matoa

  1. Melindungi Kulit Dari Sinar UV

Ketika bepergian diluar ruangan, kulit akan melakukan kontak langsung dengan lingkungan di sekitarnya, dan juga sinar matahari. Sinar ultraviolet dari sengatan cahaya matahari dapat menjadikan kulit kusam. Kandungan antioksidan dalam wortel dapat melinduni kulit dari ultraviolet yang disebabkan karena paparan sinar matahari.

artikel terkait: manfaat mewarnai rambut

  1. Menjaga Kelembapan Wajah

Wajah yang kering juga dapat menyebabkan kulit terlihat kusam dan tidak sehat. Wortel dapat membantu mencegah kulit kering dengan menjaga kelembapan wajah. Menggunakan wortel parut sebagai masker dengan menambahkan madu didalamnya, dapat membantu menjaga kelembapan wajah, sehingga wajah dapat terlihat cerah dan terhindar dari kulit kering.

artikel terkait: manfaat minyak lavender

  1. Mengatasi Jerawat

Memiliki wajah dengan noda jerawat, atau sedang mengalami jerawat pada kulit wajah dapat merusak penampilan. Selain itu, jerawat juga sakit ketika tersentuh. Untuk mengatasi jerawat, biasanya beberapa orang akan mengoleskan krim obat jerawat agar jerawat cepat kempes. Selain menggunakan obat jerawat, mengatasi jerawat juga dapat dilakukan dengan mengoleskna parutan wortel pada jerawat. Jerawat akan kempes dan juga tidak akan berbekas.

artikel terkait: manfaat buah gorek

  1. Menghilangkan Noda Akibat Pigmentasi

Mengkonsumsi wortel menjadi salah satu cara untuk membantu menjaga kulit agar terhindar dari adanya noda akibat pigmentasi yang terjadi pada kulit. Bagi beberapa orang yang tidak suka mengkonsumsi wortel, wortel dapat digunakan sebagai masker untuk menghilangkan noda pada kulit, baik kulit wajah maupun beberapa bagian kulit yang lain.

artikel terkait: manfaat buah yuzu

  1. Mencerahkan Kulit

Apabila proses regenerasi sel kulit dapat berjalan dengan normal, maka kulit mati yang menyebabkan kekusaman dapat tergantikan dengan kulit baru. Mengkonsumsi jus wortel, atau wortel mentah secara rutin, dapat membantu mempercepat regenerasi sel mati, sehingga kulit akan terlihat lebih cerah karena kulit kusam tergantikan dengan kulit baru.

  1. Menyembuhkan Luka Kulit

Wortel memiliki kandungan yang bersifat antiinflamasi. Selain vitamin A, B, dan C, wortel juga diketahui memiliki kandungan vitamin E. Vitamin E dan sifat antiinflamasi pada wortel membantu untuk mempercepat penyembuhan luka yang terjadi pada kulit.

artikel terkait: manfaat ganitri

  1. Membantu Mengurangi Keloid

Kulit yang mengalami luka, biasanya akan berbekas dan muncul keloid pada kulit. Untuk mengurangi keloid pada kulit setelah adanya luka, memanfaatkan wortel dapat dilakukan agar risiko munculnya keloid padabekas luka dapat dikurangi.

artikel terkait: manfaat salad sayur

  1. Menjaga Elastisitas Kulit

Wortel memiliki kandungan vitamin C yang dapat menjaga elastisitas kulit. Vitamin C pada wortel ini akan membantu produksi kolagen, sehingga kulit dapat menjadi lebih elastis dan terhindar dari kekriputan dan juga kulit rusak akibat kurangnya kandungan kolagen untuk kulit.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit Kepala

Kulit tidak hanya kulit tubuh dan kulit wajah saja. Akan tetapi, kesehatan kulit kepala juga harus dijaga, karena berkaitan dengan kesehatan rambut. Kulit kepala yang terjaga dapat mencegah rambut rontok dan juga mencegah ketombe pada kulit kepala. Membantu menjaga kesehatan kulit kepala dapat dilakukan dengan mengkonsumsi wortel. Selain menjaga kesehatan kulit kepala, wortel juga dapat membantu pertumbuhan rambut sebagai pengganti rambut yang sudah rontok.

artikel terkait: manfaat buah naga putih

Menjaga kesehatan kulit tidak hanya dapat dilakukan dengan krim lotion tubuh mapun krim pencerah wajah. Menjaga kesehatan kulit juga dapat dilakukan dengan bahan alami seperti wortel. Tidak hanya kulit tubuh dan kulit wajah, bahkan wortel juga dapat membantu menjaga kesehatan kulit kepala. Dengan bahan yang alami, kulit dapat terjaga kesehatannya dan kulit tetap cantik sehingga dapat meningkatkan rasa percaya diri.

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 20th, May 2017 / 03:46 Oleh :
Kategori : Sayuran