8 Manfaat Daun Bakung untuk Kesehatan

manfaat daun bakungDaun bakung atau yang memiliki nama latin Crinum Asiaticum L ini merupakan salah satu tanaman yang paling banyak kita temui. Anda bisa membeli daun bakung ini di banyak tempat, seperti di pasar tradisional ataupun di pasar modern saat ini. Daun bakung sendiri banyak dimanfaatkan sebagai bahan masakan, dimana biasanya menjadi bagian dari makanan yang berkuah, seperti soto, sop ataupun gulai, dan juga seringkali menjadi campuran pada berbagai masakan khas nusantara, seperti martabak telor dan berbagai masakan lainnya. Saat ini kita memang banyak mengetahui bahwa daun bakung adalah salah satu jenis bahan masakan yang umum dan menjadi andalan para ibu rumah tangga dalam menciptakan masakan yang lezat dan juga nikmat. Namun bagaimana manfaatnya??

Selain sering dimanfaatkan sebagai bahan pembuatan masakan alias bumbu dapur dan sayuran, tanaman bakung dan daun bakung memiliki banyak sekali manfaat, terutama dalam hal kesehatan dan juga farmakologi. Hal ini berarti, bunga bakung dan tanaman bakung dapat menjadi obat herbal yang sangat baik. Ada beberapa efek farmakoloogi yang bisa diperoleh dengan memanfaatkan bunga bakung dan tanaman bakung ini. Berikut ini adalah manfaat dan efek farmakologis dari penggunaan daun bakung dan tanaman bakung :

  1. Peluruh air seni

Bagi anda yang mengalami gejala susah melakukan buang air kecil, maka anda bisa mencoba untuk memperbanyak konsumsi bakung ini. ya, bakung, memiliki beberapa manfaat yang penting, salah satunya adalah peluruh air seni. Hal ini tentu saja akan sangat membantu anda yang sering mengalami masalah kesulitan buang air kecil, baik karena penyakit ataupun karena kelainan tertentu. Kesulitan buang air kecil apabila tidak ditangani dengan cepat dan juga tepat akan menyebabkan munculnya berbagai gangguan kesehatan yang berbahaya, seperti batu ginjal dan juga gagal ginjal yang akan sangat mengganggu kesehatan tubuh..

  1. Anti inflamasi

Anti inflamasi merupakan manfaat daun bakung dan tanaman bakung berikutnya. Anti inflamasi berarti tanaman dan daun bakung ini memiliki manfaat yang sanagat baik untuk membantu mencegah terjadinya epradangan di dalam tubuh, misalnya saja adalah radang tenggorokan. Ketika anda mulai merasakan gejala radang tenggorokan, maka anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi daun dan tanaman bakung ini, sehingga membantu anda dalam mencegah terjadinya inflamasi. Inflamasi juga bisa saja terjadi di dalam tubuh anda, seperti peradangan pada lambung, usus, paru-paru, dan organ lainnya. Penggunaan atau konsumsi dari tanaman bakung dan daun bakung akan membantu anda dalam mencegah munculnya peradangan tersebut, dan membantu mempercepat penyembuhan dari peradangan yang anda alami.

  1. Mencegah terjadinya pendarahan

Ternyata efek farmakologis lainnya dari tanaman bakung dan daun bakung adalah mencegah terjadinya pendarahan. Ya, pendarahan merupakan salah satu gejala yang sering terjadi, terutama ketika anda mengalami luka, ataupun ketika anda memiliki kelainan genetik yang membuat anda mudah mengalami pendarahan. Untuk mencegah terjadinya pendarahan ini dan mengobati pendarahan serta mempercepat agar pendarahan tidak bertambah parah, anda dapat mencoba untuk mengkonsumsi bakung. Tanaman bakung ini mampu untuk membantu mencegah terjadinya pendarahan dan membantu menghentikan pendarahan pada pasien.

  1. Mengobati luka

Selain membantu mencegah pendarahan, tanaman bakung dan daun bakung juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu mengobati luka. Luka yang muncul, misalnya luka karena terjatuh dan karena kecelakaan bisa dibantu dipercepat penyembuhannya dengan menggunakan tanaman dan daun bakung ini. Hal ini juga dilakukan untuk membantu mencegah terjadinya infeksi, yang dapat terjadi ketika luka terlalu lama didiamkan tanpa penanganan khusus.

Manfaat Pengobatan dari Daun Bakung

Selain efek farmakologis yang sudah dibahas sebelumnya dari tanaman dan daun bakung. Berikut ini adalah beberapa penyakit atau kondisi kesehatan tubuh yang bisa anda sembuhkan dengan menggunakan bantuan herbal dari tanaman dan juga daun bakung. Berikut ini adalah beberapa penyakitnya :

  1. Bengkak pada tangan dan kaki

Untuk mengobati bengkak pada tangan dan kaki, adna bisa mengikuti cara – cara di bawah ini :

  • Cuci daun bakung hingga bersih
  • Layukan daun bakung tersebut dengan menggunakan bantuan api
  • Tempelkan daun bakung yang sudah layu tersebut pada bagian yang mengalami pembengkakan
  1. Luka terkena racun

Anda mungkin pernah mengalami hal ini. anda terluka karan sesuatu yang beracun, misalnya adalah panah beracun, ataupun luka gigitan bisa ular. Adna bisa menggunakan bakung sebagai pertolongan pertama bagi diri anda, carany aadalah :

  • Gunakan akar dari tanaman bakung, cuci bersih
  • Haluskan akar bakung tersebut
  • Tempelkan akar bakung yang sudah dihaliskan pada bagian yang terkena racun tersebut.
  1. Pembengkakan kelenjar limpa

Pembengkakan pada kelenjar limpa biasanya menimbulkan efek yang sakit pada bagian lipatan-lipatan tubuh. untuk mengurangi rasa sakit ini, dan untuk mencegah pembengkakan limpa, anda bisa menggunakan daun bakung, caranya adalah seperti ini :

  • Ambil beberapa helai daun bakung, lalu cuci hingga bersih
  • Ambil 2 siung bawang merah, dan juga gula merah, haluskan
  • Tempelkan pada bagian lipatan tubuh yang terasa sakit.
  1. Meredakan rematik pada persendian

Untuk meredakan penyakit rematik di persendian anda, menggunakan manfaat daun bakung ini caranya sangatlah mudah. Anda hanya perlu untuk melayukan daun bakung di atas api, lalu kemudian oleskan daun bakung tersebut dengan minyak wijen. Setelah itu, kompres bagian persendian anda yang sakit dengan menggunakan bahan tersebut.

Sejumlah jenis daun yang bermanfaat lainnya :