9 Manfaat Pare Rebus Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Pare dikenal sebagai salah satu jenis sayuran dengan rasa pahit. Meski memiliki rasa yang pahit masih banyak orang yang suka memakan pare sebab bila diolah dengan tepat pare yang awalnya pahit bisa terasa sedap dan enak.Pengelolaan pare bisa sangat beragam mulai dari jus pare yang merupakan ramuan detox terbaik akan tetapi terasa sangat pahit, pare sebagai campuran makanan seperti gado-gado, ataupun pare dimakan hanya dengan direbus atau pare rebus. Pare rebus akan lembek dan cocok bila dikonsumsi dengan sambal.

Selain rasanya yang enak pare juga dipercaya memiliki banyak manfaat seperti menurunkan kadar gula darah yang baik untuk penderita diabetes. Selain itu masih banyak lagi manfaat mnegkonsumsi pare berikut penjelasannya.

  1. Mengurangi Kadar Kolestrol

Kadar kolestrol atau kandungan lemak dalam darah bila terdapat berlebih dalam tubuh dapat mengakibatkan masalah yang serius seperti penyempitan pembuluh darah akibat lemak yang menumpuk di dalam pembuluh darah. konsumsi pare rebus secara teratur dalam campuran masakan dapat membantu menurunkan kadar kolestrol secara signifikan  dalam tubuh sehingga dapat meminimalisir  gangguan kesehatan seperti stroke dan serangan jantung.

2. Mengurangi kadar gula darah

Kelebihan kadar gula darah dalam tubuh juga tidak baik untuk kesehatan. Hal ini akan memicu penyakit diabetes melitus. Pare dipercaya dapat mempercepat proses metabolisme glukosa sehingga dapat menurunkan kadar gula darah. Kandungan saponin dalam pare dapat membantu proses penguraian gula sehingga dapat melawan diabetes. Rajin mengkonsumsi pare rebus akan mengoptimalkan manfaat ini disertai pola makan yang dijaga dan tidak memakan makanan yang menjadi pantangan bagi penderita diabetes.

Rasa pahit mungkin akan menganggu saat mengonsumsi pare akan tetapi rasa pahitnya sebanding dengan manfaat yang ditawarkan sebagai sayuran yang dapat mengurangi kadar gula darah, serta pare

      3. Antioksidan

Pare merupakan sayuran yang kaya akan antioksidan. Antioksidan dalam makanan dapat membantu tubuh untuk mengeluarkan racun yang ada dalam tubuh. Pare rebus mengandung Folat dan vitamin C keduanya merupakan kombinasi sebagai antioksidan. Selain Pare masih banyak lagi makanan sumber antioksidan seperti buah beet, teh hijau, jambu biji dan lain sebagainya.

 

4. Mengurangi Sembelit

Sembelit merupakan gangguan pencernaan di mana seseorang akan mengalami kesulitan dalam buang air besar, buang air besar tidak teratur, dan feces betekstur keras sehingga sulit dikeluarkan. Gangguan pencernaan umumnya diakibatkan karena kurangnya asupan serat dalam tubuh. Pare sebagai sayuran sehat memiliki kandungan serat yang tinggi sehingga konsumsi pare akan membantu mengurangi sembelit dan menjaga kesehatan sistem pencernaan. Pare rebus yang memiliki tekstur lunak bisa dikonsumsi secukupnya secara teratur untuk dapat mengurangi sembelit serta meminum air yang banyak agar tubuh tidak dehidrasi akan membantu sistem pencernaan bekerja dengan optimal.

     5. Menurunkan Berat Badan

Proses diet untuk menurunkan berat badan tidak semata – mata dilakukan hanya dengan olahraga tetapi juga dengan mengatur pola makan. Makanan yang tinggi kalori adalah pantangan, maka sebaiknya makanlah makanan yang sesuai dengan kebutuhan kalori hingga level rendah kalori. Selain itu konsumsi junk food juga tidak baik pada tubuh sebab kandungan nutrisinyya kurang. Seorang yang melakukan diet sebaiknya mengonsumsi makanan yang kaya antioksidan dan kaya kandungan serat contohnya Pare rebus.

Pare rebus yang kaya antioksidan dan kaya serat sangat cocok untuk menemani program diet sebab kandungan serat akan memudahkan proses pencernaan serta kandungan antioksidan akan menjaga tubuh tetap sehat. Pare rebus juga dipercaya dapat membantu melancarkan pemrosesan lemak hal ini memiliki hubungan dengan manfaat pare dalam mengatasi kolestrol di poin sebelumnya. Cara kerja pare dalam menurunkan berat badan yaitu pare rebus yang dikonsumsi secara rutin memiliki kemampuan dalam meningkatkan oksidasi asam lemak dalam pencernaan sehingga  akhirnya bisa membuat penurunan berat badan.

   6. Menjaga Kesehatan Kulit

Pare memiliki kandungan vitamin C yang tinggi, vitamin C selain berguna sebagai antioksidan juga baik untuk kulit sebab pare termasuk dalam sayuran anti inflamasi sehingga dapat membuang racun melalui pori-pori kulit. Selain dalam bentuk pare rebus, pare untuk menjaga kesehatan kulit dapat digunakan sebagai masker wajah yang dibuat dari bahan pare blender dengan yogurt serta campuran telur. Hal ini tidak jauh dari Manfaat Serum Vitamin C untuk kesehatan kulit, anda hanya perlu mengonsumsi pare rebus dengan jumlah tertentu secara teratur dan dapatkan manfaatnya untuk kulit lebih sehat.

    7. Mengobati Jerawat

Jerawat sebagai gangguan kesehatan kulit yang dapat disebabkan karena beberapa faktor seperti pori-pori yang tersumbat kotoran, infeksi bakteri dalam kulit, kelenjar minyak yang memproduksi minyak berlebih dan hormon disertai beberapa hal lain. Hal ini bisa dibersihkan dengan mengonsumsi pare rebus. Salaha satu alasanya yaitu kandungan antioksidan dalam pare memiliki banyak manfaat salah satunya dalam menangani masalah kulit seperti jerawat, noda hitam (flek), dan infeksi kulit. Air rebusan pare pahit berguna untuk mengobati masalah kulit yang disebabkan karena darah kotor, seperti bisul, kudis, gatal, dan kurap. Dengan ini sangat jelas bahwa kandungan antioksidan tinggi dalam pare sangat baik untuk kesehatan tubuh terutama kulit.

   8. Menjaga imunitas

Manfaat vitamin C yang terkandung dalam dalam Pare rebus untuk tubuh yaitu sebagai penjaga imunitas. Sistem imun yang baik akan membuat kesehatan lebih baik dan membuat tubuh tidak gampang terserang penyakit. Selain itu
Kecukupan asupan vitamin C berperan penting dalam kesehatan mulut sehingga terhindar dari potensi sariawan, bibir pecah-pecah, maupun gusi berdarah.

9. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker

Zat – zat yang ada dalam pare diyakini dapat menghambat perkembangan sel kanker. Rajin mengkonsumsi pare rebus maupun jus pare bisa menjadi perawatan rutin pencegahan sel kanker agar tidak bertambah parah ataupun sebagai jalan alternatif disamping pengobatan dokter. Kandungan pare yang pahit adalah kuncinya. Serta banyaknya nutrisi yang dikandung membuat salah satu jenis sayuran yang mudah ditemui di pasar ini menjadi primadona hingga menjadi salah satu bahan pembuatan jamu ‘pahit’ hingga produksi jus zaman sekarang memasukkan pare kedalam kategori jus antioksidan tinggi.

    10. Sumber Vitamin K
Pare memiliki kandungan vitamin K didalamanya. Manfaat Vitamin K memiliki peran penting dalam menjaga kesehatan tulang, Vitamin K akan bekerja membantu proses pembekuan darah serta sebagai anti-radang. Kebutuhan tubuh akan vitamin k harus di penuhi agar tubuh tidak terkena gangguan kesehatan akibat kekurangan vitamin K.

Demikian Manfaat pare rebus. Dari penjelasan diatas dapat diketahui bahwa sayuran seperti pare yang mudah ditemui dan bisa didapatkna dengan harga terjangaku dipercaya memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh, meski rasanya pahit akan tetapi mengandung banyak kebaikan.

Pare rebus bisa menjadi alternatif masakan untuk orang dengan terapi kesehatan tertentu seperti  alternatif pengobatan kanker dan tumor maupun untuk orang dengan pantangan kolestrol serta diabetes. Selain dalam bentuk pare rebus, pare yang diolah menajdi jus dengan tambahan bahan lain tak kalah memberikan efek yang baik untuk tubuh.

 

, , , ,
Oleh :
Kategori : Makanan, Sayuran