10 Manfaat Es Dawet Bagi Kesehatan

Es dawet adalah menu minuman yang sangat menyegarkan. Semangkuk es dawet biasanya disajikan dengan berbagai campuran seperti santan, gula merah, tape, mutiara, agar-agar maupun janggelan. Minuman ini menjadi beberapa ciri khas menu daerah seperti es dawet khas Banjarnegara, Purworejo hingga Solo. Bahkan sebenarnya beberapa daerah juga mengenal es dawet karena ada banyak perantau dari daerah asal yang menjual es dawet. Tapi es dawet tidak hanya menyegarkan saat musim panas, ternyata es dawet juga menjadi minuman yang sehat dan memiliki banyak manfaat.

Kandungan Gizi Es Dawet

Bahan dawet yang digunakan untuk membuat es dawet biasanya terbuat dari beberapa campuran tepung. Ada beberapa daerah yang menggunakan tepung sagu dan tepung beras. Dawet memiliki karakteristik rasa kenyal, lembut dan mengenyangkan. Es dawet bisa disajikan dengan beberapa campuran yang menyegarkan maupun hanya dawet murni saja. Kandungan gizi es dawet adalah sebagai berikut:

  • Kandungan /100 gram Jumlah
    Protein : 11,35 gram
    Lemak : 13,9 gram
    Karbohidrat : 175 gram
    Fosfor : 220 mg
    Kalsium : 160 mg
    Zat Besi : 2 mg
    Vitamin C : 1,9 mg

Es dawet ternyata tidak hanya menyegarkan diminum saat musim panas. Es dawet yang memiliki rasa manis dan gurih dari campuran santan ternyata juga mengandung berbagai manfaat untuk tubuh dan kesehatan tubuh. dibawah ini adalah beberapa daftar manfaat es dawet.

1. Es Dawet Membantu Pencernaan
es dawetDawet yang dibuat dari bahan tepung sagu memiliki manfaat yang sangat baik untuk membantu pencernaan. Perut kembung dan kurang nafsu makan juga bisa diatasi dengan es dawet. Bahkan dawet mengandung serat yang baik untuk membantu proses penyerapakan zat gizi di dalam usus halus.

2. Efek Mendinginkan Tubuh
Es dawet yang diolah dari sagu ternyata memiliki kandungan karbohidrat yang bisa membuat tubuh menjadi lebih dingin. Efek makan dawet ini ternyata tidak hanya untuk mendinginkan tubuh tapi juga mengatasi beberapa gangguan pada empedu. Karena itulah minum es dawet saat musim kemarau bisa mengatasi dahaga dan membuat perut menjadi lebih nyaman.

3. Meningkatkan Nilai Gizi
Es dawet memang memiliki kandungan protein yang rendah, namun juga memiliki banyak kandungan mineral dan sumber vitamin. Kombinasi es dawet dengan beberapa bahan lain ternyata sangat baik untuk meningkatkan nilai gizi. Selain itu efek dari minum es dawet juga bisa membuat badan menjadi lebih segar dan kenyang.

4. Meningkatkan Energi
Es dawet terbukti bisa menjadi minuman yang bisa meningkatkan energi tubuh. Hal ini terbukti ketika tubuh berpuasa maka tubuh akan terasa lebih lemah, tapi sesaat setelah minum es dawet maka tubuh seperti memiliki energi yang baru. Bahkan orang sakit yang masuk dalam tahap pemulihan bisa mengkonsumsi dawet untuk meningkatkan energi dan lebih cepat pulih. Tapi tentu saja sebaiknya tidak dicampur dengan berbagai bahan dan es.

5. Menjaga Kesehatan Tulang
Bahan dawet yang digunakan untuk membuat es dawet memang memiliki kandungan kalsium yang cukup tinggi. Kalsium sangat penting untuk menjaga pertumbuhan tulang dan meningkatkan kesehatan tubuh. Kalsium juga memiliki peran yang sangat baik untuk menghilangkan rasa lelah yang berlebihan. Dengan minum dawet atau es dawet maka Anda bisa merasa tubuh menjadi lebih bugar.

6. Mengontrol Tekanan Darah
Es dawet ternyata juga mengandung kalium meskipun dalam jumlah yang sedikit. Kandungan kalium sangat penting untuk menjaga kesehatan jantung, mengontrol tekanan darah agar tidak terlalu tinggi maupun terlalu rendah. Selain itu kalium juga sangat baik untuk menjaga kesehatan pembuluh darah.

7. Meningkatkan Berat Badan
Bagi orang yang memiliki masalah dengan berat badan, maka bisa melakukan terapi sehat dengan bahan es dawet atau dawet. Secara umum es dawet akan membuat perut menjadi lebih nyaman dan cepat kenyang. Selain itu es dawet bisa meningkatkan nafsu makan sehingga membantu tubuh untuk mendapatkan berat badan ideal.

8. Menurunkan Berat Badan
Es dawet ternyata juga bisa membuat tubuh bisa melakukan kontrol terhadap berat badan. Langkah ini bisa dilakukan dengan mengkonsumsi dawet sebagai pengganti asupan karbohidrat. Minum es dawet akan memberi efek mengenyangkan sehingga bisa membuat perut tidak makan berlebihan. Selain itu campuran es dawet dengan beberapa bahan yang mengandung karbohidrat ringan juga bisa menurunkan konsumsi karbohidrat.

9. Meningkatkan Kesehatan
Es dawet tidak hanya segar diminum dan menghilangkan dahaga. Tanpa kita sadari ternyata minum es dawet bisa meningkatkan kesehatan. Hal ini terbukti karena es dawet juga mengandung vitamin C yang bisa membantu tubuh dalam melawan kuman penyakit. Vitamin C juga penting untuk menjaga kesehatan organ tubuh agar selalu tetap sehat.

10. Meningkatkan Asupan Gula

Gula memang memiliki efek buruk untuk tubuh terutama jika berlebihan. Namun beberapa orang memang memiliki kebiasaan tidak suka mengkonsumsi gula dan ini mempengaruhi kesehatan tubuh. Gula menjadi salah satu asupan energi yang sangat baik sehingga bisa membuat tubuh menjadi lebih kuat dan bersemangat. Jadi, saat Anda merasa lemah karena kekurangan zat gula maka bisa minum segelas es dawet.

Tips Mengkonsumsi Es Dawet

Es dawet memang menjadi minuman yang memiliki ciri khas. Beberapa orang sering minum es dawet karena bisa menyegarkan. Ada banyak es dawet yang kita temukan baik yang dijual di restoran, warung makan, atau pedagang kaki lima. Untuk menghindari efek buruk dari dawet daur ulang atau dawet yang tidak sehat, berikut ini adalah tips untuk memilih dan mengkonsumsi es dawet.

  1. Lebih baik jika Anda tidak mengkonsumsi dawet yang mengandung pewarna mencolok. Dawet asli memiliki warna putih atau hitam dan tergantung dari bahan pembuatnya. Namun banyak penjual yang menarik pembeli dengan memberikan warna pada dawet. Untuk itu Anda harus memilih jenis dawet dengan warna pucat dan hindari warna yang terlalu terang.
  2. Merasakan gula pada es dawet memang sangat penting. Tapi umumnya es dawet bisa dibuat dengan campuran gula pasir atau gula merah. Jika Anda merasa es dawet terlalu manis dan aroma khas yang membuat tenggorokan menjadi gatal, sebaiknya jangan memilih es dawet seperti ini.
  3. Pilih es dawet yang selalu disajikan segar atau dawet yang dijual dalam sekali produksi. Dawet daur ulang biasanya akan terasa lebih kenyal dan ada aroma asam. Sedangkan dawet yang baru memiliki tekstur yang lembut dan lunak. Mengenali dawet yang sehat tentu akan membuat tubuh menjadi lebih sehat.
  4. Es dawet biasanya dicampur dengan beberapa bahan seperti tape, mutiara, dan beberapa bahan campuran lain. Anda juga harus waspada dengan beberapa bahan campuran pada es dawet. Hindari memilih campuran yang bisa membuat tubuh menjadi terkena kuman seperti misalnya tape yang sudah busuk, mutiara dengan penampilan warna yang mencolok dan aroma santan.
  5. Cara paling sehat untuk mengkonsumsi es dawet adalah jika Anda membuat es dawet di dapur sendiri. Anda bisa memilih jenis bahan es dawet sesuai selera dan mengetahui kualitas es yang dimakan keluarga.

Hati Hati Es Dawet Berpewarna Tekstil

Anda juga harus memperhatikan bahwa es dawet yang memiliki warna mencolok lebih baik anda berhati hati, ciri cirinya :

  • Bewarna pekat, jika dari pewarna alami maka warna akan sedikit pudar.
  • Tidak basi, biasanya penjual akan menambahkan dengan bahan pengawet jadi bahan didalamnya juga tidak akan mudah basi.

Selain pewarna, anda juga wajib hati hati karena selain pewarna mungkin saja ada berbagai zat aditif lainnya yang sangat berbahaya bagi tubuh seperti pemanis buatan, pewarna, penguat rasa dan bahan lainnya. Jika es dawet di buat dengan bahan alami, manfaat es dawet bagi kesehatan tentu akan sangat besar.