10 Manfaat Madu Hitam untuk Tubuh

manfaat madu hitamApakah Anda tahu apa madu hitam? Madu hitam adalah salah satu jenis madu dari berbagai macam jenis madu yang ada. Madu yang banyak di konsumsi adalah jenis madu jernih. Namun masih ada lagi jenis madu yang perlu diketahui, sebut saja seperti madu amber, madu putih, dan termasuk madu hitam. Madu hitam merupakan madu yang berasal dari Indonesia.

Dikenal sebagai obat tradisional yang sangat efektif dalam menyembuhkan berbagai penyakit dan menjaga kesehatan tubuh. Madu hitam memiliki rasa yang pahit dibanding jenis madu lainnya. Namun madu hitam di ketahui memiliki kandungan zat antioksidan yang lebih tinggi dari jenis madu lainnya dan masih banyak lagi manfaat madu hitam yang perlu di ketahui.

Kandungan Madu Hitam

Madu hitam tidak semanis madu yang lain. Selain warnanya yang hitam, madu hitam memiliki rasa yang pahit. Namun terbaru ada madu hitam yang sedikit manis. Madu hitam manis tidak lebih baik manfaatnya daripada madu hitam yang rasa pahit. Rasa pahit yang dihasilkan didapat dari nektar bunga pohon Mahoni yang mengandung zat Alkaloid yang tinggi yang berfungsi sebagai anti infeksi. Berdasarkan penelitian, yang dilakukan oleh ahli biokima,

DR. Larry Brookes ditemukan beberapa zat yang terkandung dalam madu hitam, antara lain:

  • Saponin, Berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, menjaga kestabilan gula darah dan mengurangi lemak tubuh.
  • Flavonoid, Bermanfaat untuk mengurangi lemak, melancarkan peredaran darah, mengurangi kadar kolesterol jahat dalam darah dan sebagai anti oksidan.
  • Unsur kromium, Dapat membantu fungsi pankreas dalam memproduksi insulin sehingga metabolisme gula darah dapat beredar dengan lancar dan tidak menumpuk pada pembuluh.
  • Zat Alkaloid, Zat ini berfungsi sebagai anti infeksi yang efektif untuk mengatasi peradangan dan memulihkan fungsi sel-sel tubuh.
  • Hemaglobin, Berfungsi untuk mengikat oksigen dalam tubuh, sehingga stamina dan vitalitas tubuh tetap terjaga.

Masih banyak lagi kandungan yang ditemukan di dalam madu. Salah satu produk yang dihasilkan oleh lebah ini terus di teliti oleh bebagai pustaka guna menyikap kandungan dan khasiat di dalamnya. Selain 5 kandungan diatas, masih banyak lagi kandungan madu termasuk madu hitam. The national honey board pada tahun 2001 pernah merilis rata-rata kandungan madu per 100 gramnya. Jika madu hitam memiliki kualitas terbaik daripada madu selainnya, tentu kandungan madu hitam memiliki kadar diatas rata-rata madu pada umumnya.

Keterangan
Fruktosa:17.10 %
Dekstrosa:31 %
Sukrosa:1.5 %
Maltosa:7.2 %
Karbohidrat:0.57 %
Nitrogen:0.04 %
pH:3.9
Fosfor:1.9-6.3 mg
Besi:0.06-1.5 mg
Natrium:0.7.6 mg
Kalsium:4.4-9.2 mg
Kalium:13.2-168 mg
Vitamin C:2.2-2.4 mg
Thiamin:< 0006
Roboflavin:< 0.6 mg
Niacin:< 0.36 mg

Proses Pengolahan Madu Hitam

Madu hitam diproduksi oleh sekelompok lebah yang menghisap nektar bunga Mahoni. Selain pohon mahoni, lebah-lebah ini juga mengkonsumsi nektar dari bunga paitan, kaliandara dan bunga singkong karet. Rasa pahit yang sangat khas dari madu hitam ini, yang membedakannya dengan madu yang lain. Rasa pahit diperoleh dari pohon yang tidak bisa menghasilkan buah yang dapat dikonsumsi oleh manusia.

Manfaat yang Ada pada Madu Hitam

Perlu kita ketahui bahwa jenis-jenis madu di bedakan tidak hanya pada warnanya saja. Perbedaan warna madu juga menjadi indikator kandungan yang dimilikinya. Menurut penelitian warna madu tersebut berbeda disebabkan karena kandungan nektar dan nutrisi di dalamnya. Semakin gelap warna madu maka kandungannya semakin banyak.

Dengan demikian bisa di katakan bahwa madu dengan warna terang memiliki kandungan nutrisi yang sedikit atau tidak sebanyak madu yang berwarna gelap. Madu gelap yang memiliki kualitas kandungan terbaik itu salah satunya adalah madu hitam. Banyak yang meyakini manfaat madu hitam bagi kesehatan tubuh, yaitu:

  1. Suplemen Kesehatan Tubuh

Seperti yang telah di ulas diawal bahwa madu hitam termasuk madu berwarna gelap yang memiliki kandungan nutrisi yang banyak. Kandungan seperti kalsium, tembaga, besi, magnesium, mangan, fosfor, natrium, serta zinc cukup kompleks untuk memenuhi kebutuhan nutrisi tubuh. Madu hitam dipercaya dapat mengatasi berbagai keluhan penyakit.

  1. Cocok bagi Penderita Diabetes

Manfaat madu hitam terdapat kandungan glukosa yang rendah dan alkaloid yang tinggi merupakan kombinasi yang bagus untuk menurunkan kadar gula darah. Selain itu, pandangan mata yang biasanya kabur akan normal kembali, dan frekuensi kencing pada malam hari berkurang.

  1. Mengobati Nyeri Sendi

Nyeri sendi yang diderita akibat asam urat ternyata dapat diatasi dengan madu hitam. Sifat detoksif (penetralisir racun) yang terkandung dalam madu ini dapat menetralisir zat purin, penyebab utama asam urat, menjadi terurai dan dengan mudah terbuang oleh ginjal.

  1. Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat dalam Darah

Manfaat madu hitam lainnya juga di dapat karena mengkonsumsi madu hitam dua kali sehari sebanyak dua sendok makan, dengan cepat dapat membantu menurunkan kadar kolesterol dalam darah.

  1. Viagra Alami

Madu hitam mengandung zat penambah stamina dan vitalitas yang disebut zat Afrodisiak. Mengkonsumsi madu hitam secara teratur dapat pula memperbaiki lemah syahwat yang diderita oleh pria dewasa.

  1. Mengobati Penyakit Asam Lambung (Magh)

Penderita magh sering mengalami rasa sakit dan mual ketika maghnya kambuh. Ini dikarenakan produksi asam lambung yang meningkat sehingga perut menjadi kembung. Konsumsi madu hitam secara teratur dapat mengatasinya dan bahkan dapat membuat pencernaan tubuh menjadi normal dan lancar.

  1. Merawat Kecantikan Wajah

Kecantikan wajah dapat terganggu oleh timbulnya noda hitam (vlek-vlek) pada wajah yang sukar dihilangkan. Madu hitam yang berfungsi memperlancar sirkulasi darah pada wajah ternyata bisa mengatasinya. Dengan mengoleskan madu hitam pada wajah, maksimal dua kali dalam seminggu, vlek hitam berangsur-angsur akan mengikis dan menghilang dari wajah. Disarankan sesudah terapi madu, Anda mengoleskan minyak zaitun agar mengurangi efek kulit kering dari madu hitam. Namun ini tergantung pada sensitivitas masing-masing kulit.

  1. Madu Bersifat Antibiotik

Madu hitam memiliki sifat bakteriostatika, yaitu istilah yang digunakan untuk menunjukkan bahwa ada zat yang berfungsi sebagai penghenti laju aktifitas bakteri atau biasa disebut antibiotik. Sebagai antibiotik alami, madu aman digunakan untuk mengobati penyakit infeksi ringan, seperti : sesak napas, radang tenggorokan dan batuk-batuk.

  1. Menjaga Kelangsingan Tubuh

Mandaat madu hitam dapat pula membantu yang ingin menjalani program diet. Madu merupakan sumber energi alami yang mudah diserap oleh tubuh. Madu ini dapat mengubah kolesterol dalam darah menjadi energi. program diet akan berhasil, bila disertai olahraga yang teratur.

  1. Penyembuhan Penyakit Asma dan Paru-paru

Mahalnya pengobatan secara medis, mendorong masyarakat untuk beralih ke pengobatan tradisional. Salah satunya dengan mengkonsumsi madu hitam. Ternyata banyak yang telah membuktikan kemanjuran madu hitam dalam mengobati penyakit asma dan paru-paru. Walaupun efek penyembuhannya memakan waktu yang berbeda-beda, tergantung kendisi tubuh penderita.

Aturan Pakai

Sebagai obat tradisional, madu hitam merupakan nutrisi alami yang aman dikonsumsi bagi tubuh. Namun bila dipergunakan untuk tujuan pengobatan, ada beberapa aturan pemakaian sehingga dapat berfungsi maksimal. Menurut para ahli, madu sebaiknya dikonsumsi denga campuran air, sehingga lebih mudah dicerna oleh tubuh. Jangan menggunakan air hangat, karena dapat merusak kandungan gizinya.

Terapi dengan madu sebaiknya hanya memakan waktu dua bulan. Aturan pakai konsumsi madu, bagi orang dewasa dianjurkan 100-200 gram sehari, diminum tiga kali sehari. Sedangkan untuk anak-anak dosisnya hanya 30 gram sehari. Minumlah madu dua jam sebelum makan atau tiga jam sesudah makan.

,
Oleh :
Kategori : Makanan